Foto Berita
PELATIHAN PEMBUATAN SLIME DI PERPUSTAKAAN MASSAPPA DECENG DESA BALANTANG

23 Mei 2023

Slime adalah mainan anak-anak yang memiliki karakteristik kenyal, lembut, lengket, dan berwarna-warni. Bagi orang dewasa mainan ini hanya seperti benda lengket yang kenyal, yang mungkin juga terlihat menjijikkan bagi sebagian orang. Namun bagi anak-anak, mainan seperti ini akan terlihat seru. Apalagi ketika meremas-remas gemas mainan ini.

Perpustakaan Massappa Deceng yang terletak di Desa Balantang, Kabupaten Luwu Timur, mengadakan pelatihan pembuatan slime untuk anak-anak Sekolah Dasar pada hari jumat, tanggal 19 mei 2023. Sebanyak 10 orang anak-anak sekolah dasar mengikuti pelatihan ini dan didampingi oleh seorang Guru SDN 223 Balantang.

Pihak Perpustakaan Massappa Deceng menghadirkan seorang trainer dalam pembuatan slime yang bernama Ibu Nurdina. “Alhamdullillah, suatu kebanggaan menjadi pembawa materi slime di Perpustakaan Massapa Deceng Di Desa Balantang yang di hadiri oleh anak-anak sekolah dasar, mereka sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan slime” Ucap Ibu Nurdina.

Adapun tujuan serta manfaat bermain slime yaitu melatih kreatifitas anak-anak dan mengembangkan koordinasi motorik juga memberikan efek relaksasi pada saat proses menguleni dan merasakan tekstur slime yang kenyal. Slime juga dapat digunakan sebagai pembersih debu yang sulit terjangkau.

“Kami dari UPTD SDN 223 Balantang sangat berterima kasih dengan adanya pelaksanaan pelatihan pembuatan slime yang diadakan oleh perpustakaan Massappa Deceng Desa Balantang. Karena dengan adanya kegiatan ini peserta didik yang mengikuti pelatihan ini dapat menambah ilmu dan kreatifitas mereka khususnya dalam membuat slime. Mereka yang tadinya hanya membeli slime yang harganya lumayan mahal tapi dengan adanya kegiatan membuat slime peserta didik sudah dapat membuat sendiri dan membuat usaha sendiri yaitu dengan menjadi pengusaha slime” ujar Ibu Yemmy, S.Pd., M.Pd salah seorang guru yang ikut mendampingi.

“Saya sangat berterima kasih kepada perpustakaan Massappa Deceng Desa Balantang karena telah mengikutsertakan kami dalam pembuatan slime. Kami sangat senang sekali dan sangat antusias sekali mengikuti pelatihan ini karena dapat menambah ilmu khususnya dalam pembuatan slime yang tadinya kami tidak tahu membuat slime menjadi tahu. Pada akhirnya saya sudah dapat membuat slime sendiri tanpa membeli lagi di toko” Ucap salah seorang siswa yang ikut pelatihan.

           Pelatihan pembuatan slime ini juga di hadiri Bapak Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming, S.Pd. “Perpustakaan Desa Balantang (Massappa Deceng) menjadi wadah pelopor penggerak di bidang pendidikan non-formal di Desa yang kami harapkan memberikan dampak penting terhadap pemberdayaan dan perhatian masyarakat. Kegiatan pelibatan masyarakat yang saat ini dilaksanakan adalah sebagai langkah awal yang baik untuk mendukung program pemerintah Desa menjadi Kampung belajar atau Kampung edukasi. Semoga pengelola perpustakaan terus berinovasi menghadirkan dan melahirkan ide dan gagasan untuk membuktikan bahwa perpustakaan Desa menjadi wadah yang baik untuk kepentingan di Desa” Ucap Bapak Kepala Desa Balantang.

Foto Berita
MMD (Musyawarah Masyarakat Desa)

02 Maret 2023

Kamis, tanggal 02 Maret 2023, Desa Balantang telah melakukan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) bertempat di Kantor Balai Desa Balantang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, BPD Desa, Kader FKD (Forum Kesehatan Desa dan Kader Desa Sehat), perwakilan warga Desa beserta tokoh masyarakat, dan Tim Kesehatan dari Puskesmas.

MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD tersebut. Sebelum melaksanakan MMD, kader Kesehatan Desa Bangun telah mengunjungi setiap rumah warga untuk melakukan Survey Mawas Diri dengan berbagai formulir yang sudah disediakan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Munjungan.

Tujuan MMD adalah sebagai berikut :

  1. Agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di wilayahnya
  2. Agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya
  3. Tersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama.

Kegiatan MMD ini membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) Desa Balantang yang telah dilakukan sebelumnya serta membahas rencana kerja untuk penanggulangan masalah kesehatan. 

Kegiatan MMD berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya MMD ini semua dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah Desa Bangun secara bersama-sama. Dan dapat titipan dari Kepala Puskesmas Munjungan bahwa semua ibu Hamil dianggap resiko tinggi, jadi kalau mau hamil harus siap segalanya. Baik dari segi fisik, mental, maupun keuangan.

Foto Berita
PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI KEPADA LANSIA SECARA LANGSUNG

02 Oktober 2022

Desa Balantang melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang sangat membutuhkan. Pembagian jumlah KPM / Penerima Manfaat BLT sebanyak 100 KK / orang.
Penerima BLT Dana Desa ini ditetapkan berdasarkan Musyawarah Desa (Pemerintah Desa, BPD Desa, Kanwil Toddopuli dan Mallusetasi, RT dan Pendamping Desa) tentang Penerima BLT Dana Desa.
Pelaksanaan pembagian BLT ini di laksanakan di Kantor Desa Balantang yang langsung di hadiri oleh Bapak Kades, Babinkabtimnas, Babinsa dan Pendamping Desa. Pembagian Bantuan Langsung Tunai berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, semua KPM yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) minimal Sudah vaksin dosis 3 (Boster), serta penerima BLT Dana Desa ini wajib menunjukkan Kartu Keluarga dan KTP.

Kepada warga yang tidak mampu hadir (Lansia, Disabilitas) dalam penerimaan BLT di kantor Desa, akan didatangi langsung ke rumah oleh Pemerintah Desa untuk dilakukan penyaluran BLT secara langsung.
Kami tetap berharap masyarakat memberikan pengawasan dan masukkan terhadap penyaluran tersebut.
Foto Berita
SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2022

06 Juni 2022

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dirayakan setiap Tahun pada tanggal 5 Juni diseluruh dunia sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan. Hari Lingkungan Hidup juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan terus melanjutkan tekad kita untuk mengatasi tantangan lingkungan hidupnya yang dihadapi dunia hingga saat ini. Diperingati sejak 1974, Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah bentuk kampanye penyelamatan lingkungan.

Foto Berita
DESA BALANTANG RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI DESA CUKUP INFORMATIF TAHUN 2021

16 Desember 2021

Lutim, Sinyaltajam.com — Desa Balantang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur Sukses meraih penghargaan sebagai Badan Publik Pemerintah Desa dengan predikat “Cukup Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan dengan total nilai 61,92 untuk kategori Desa se-Sulsel.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel, Pahir Halim yang diterima oleh Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming, di Ballroom Macora 2, The Rinra Hotel, Makassar, Rabu (15/12/2021) pada acara anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tingkat Sulawesi Selatan tahun 2021. Ada 5 Kriteria penghargaan yang diberikan kepada badan publik, yakni Desa informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif, dan tidak informatif.

Dikonfirmasi usai menerima penghargaan tersebut, Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming mengucap syukur kepada Allah SWT atas penghargaan yang diterimanya hari ini. Menurutnya, ini merupakan sebuah kado special di akhir tahun untuk seluruh masyarakat di Desa Balantang.

Musakkir Laiming berharap penghargaan yang diterima Pemerintah Desa Balantang hari ini akan dijadikan motivasi untuk terus berupaya menciptakan inovasi – inovasi terutama soal pelayanan dan keterbukaan informasi publik berbasis Digital.

“Insya Allah, kami dari Pemdes tidak akan berhenti sampai disini saja, tapi bagaimana kedepan kita akan terus berinovasi agar kita bisa memperoleh yang lebih baik lagi dari ini tahun depan,” tegasnya penuh semangat.

Terakhir dirinya mengucapkan terima kasih kepada stakeholder terkait sehingga Desa yang ia pimpin bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada jajaran Pemerintah Desa, Pendamping OPD Dinas Kominfo serta masyarakat Desa Balantang atas dukungan dan doanya sehingga bisa meraih penghargaan tersebut. Ini akan menambah kepercayaan Pemerintah Desa untuk terus berkolaborasi, berinovasi dan beradaptasi dengan daerah untuk Luwu Timur maju dan berkelanjutan,” tandas Musakkir Laiming. (ikp/kominfo)

Foto Berita
PRESENTASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP) KANTOR GUBERNUR SULAWESI SELATAN

10 November 2021

Makassar, Lutimterkini- Kepala Desa Balantang Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Musakkir Laiming, memaparkan implementasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan di Desa Balantang dalam kurun waktu dua tahun terakhir hadapan Tim penilai Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (05/11/2021), bertempat di ruang Command Center Dinas Kominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan Gedung A Lantai IV Kantor Gubernur Sulawesi Selatan Makassar.

Presentasi ini adalah proses akhir dari penilaian monitoring dan evaluasi (Monev) keterbukaan informasi publik desa yang harus dilakukan oleh badan publik desa yang berhasil masuk sebagai nominator berdasarkan hasil verifikasi SAQ (Self Assesment Questioner) Badan Publik Desa yang dilakukan Komisi Informasi Publik terhadap 24 Kabupaten/kota se Sulsel beberapa waktu lalu, dimana dari hasil verifikasi SAQ, memunculkan 15 Desa yang berhak melakukan presentasi termasuk Desa Balantang Kecamatan Malili.

Masuknya Desa Balantang sebagai nominator dalam monev keterbukaan informasi publik bukan tanpa alasan, mengingat selama ini praktek layanan informasi publik sebagian sudah dilakukan oleh desa ini baik secara online maupun offline meskipun tidak secara spesifik dilakukan oleh PPID Desa Balantang. 

Presentasi yang disampaikan Kades Balantang, Musakkir Laiming adalah untuk memberikan penjelasan tentang layanan informasi yang dilakukan sekaligus mengklarifikasi dokumen pendukung informasi publik pada SAQ yang telah dikirimkan ke Komisi Informasi Sulsel. D idampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Yulius, dan Humas Desa Balantang, Dahar Dawil, Kades Balantang, Musakkir Laiming memaparkan pengelolaan informasi publik serta beberapa inovasi yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa Balantang dihadapan tim penilai komisi informasi Provinsi Sulsel yang terdiri dari ; Pahir Halim, Fauziah Erwin, Benny Mansjur, Andi Tadampali, Khaerul Mannan, Mardiana Rusli dan Muliadi Mau.

Kades Balantang mengungkapkan, pelayanan informasi publik diarahkan pada pencapaian tujuan pelayanan yakni reformasi sistem kinerja aparatur Pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Adapun Inovasi Pelayanan Informasi Publik yang telah dilakukan oleh Desa Balantang antara lain ; Pembuatan Website PPID Desa Balantang dialamat ; https://profil.digitaldesa.id/balantang-luwutimur, Pemanfaatan WIFI di Area Publik pada Kantor Desa, Puskesdes dan Perpustakaan Desa, Pembuatan Aplikasi Layanan Desa, Pelayanan Dokumen Kependudukan Secara Online dan Puskel (Puskesmas Keliling), Pembuatan Website Informasi dan Infografis Perkembangan Desa (Indeks Desa Membangun), Penyebaran Informasi Seputar aktifitas dan Kegiatan desa melalui akun Resmi Media Sosial (FB & Instagram), Publikasi Informasi Publik Melalui Media Partner, Update Data Informasi Perkembangan Desa (IDM), Penyediaan Call Center LAPOR-PAKDE 24 Jam, Rapat koordinasi “SENIN PEKAN _ Briefing Pagi” dan JUMSIH (Jumat Bersih), Pemasangan Spanduk Himbauan Bagi Masyarakat Untuk Keamanan, Kenyamanan dan Ketertiban Masyarakat, Pembentukan Kader Desa Sehat Sebagai Pusat Kendali Kesehatan Masyarakat, Penyediaan Rumah Isolasi Mandiri, Penyediaan Wifi dan Foto Copy Gratis selama masa pandemi covid 19, Kerjasama Puskesmas dan Puskesdes dalam Penyediaan informasi dan layanan ambulance Untuk Operasional.

Merespon pemaparan yang disampaikan Kepala Desa Balantang, Tim Penilai yang terdiri dari 7 orang baik Tim penilai Internal Komisi Informasi maupun penilai eksternal memberikan respon positif terhadap inovasi dan implementasi keterbukaan Informasi yang sudah dilakukan Kepala Desa Balantang, utamanya penyediaan informasi public melalui website sehingga memudahkan masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan. Namun demikian sejumlah saran juga disampaikan oleh Tim penilai guna perbaikan layanan keterbukaan informasi di Desa Balantang. (ikp/kominfo)

Foto Berita
PENGHARGAAN JUARA II PERPUSTAKAAN DESA TINGKAT KABUPATEN LUWU TIMUR

14 Oktober 2021

Kemarin berkesempatan untuk menerima penghargaan Pengelolaan Perspustakaan Terbaik dan Desa Balantang berada pada urutan ke 2 (dua). Perpustakaan Desa "Massapa Deceng" selama penilaian, di bawah koordinasi Dinas Kearsipan dan Pustakawan Kab Luwu Timur memberikan masukkan saran kepada pengelolah yang bertugas. Setiap Penghargaan yang kita dapatkan adalah karena etos kerja dan semangat bekerja.
Kami sangat berterima kasih kepada para Pengelolah dan Masyarakat yang memanfaatkan wadah Baca ini untuk kegiatan kunjungan dan belajar. Tetap semangat untuk mengawal dan mendukung untuk sampai tingkat yang lebih baik lagi.
Foto Berita
PERPUSTKAAN "MASSAPA DECENG" MENUJU LOMBA TINGKAT PROPINSI

25 September 2021

Bismillah.

Perpustakaan Masappa Deceng Desa Balantang menerima Kujungan Kerja Tim Penilai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timu. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Perpustakaan Desa Balantang dalam menghadapi Lomba perpustakaan Desa/Kelurahan Umum terbaik Tingkat Propinsi yang akan dinilai pada tahun 2022. Dalam kunjungan di warnai dengan kehangatan dan diskusi santai untuk mencari solusi dan inovasi bersama dalam menghadapi lomba nantinya.

Kunjungan ini menjadi kunjungan awal dan akan ada beberapa kunjungan lanjutan sampai proses penilaian nantinya. Semoga perpustakaan "Massapa Deceng" Desa Balantang yang manjadi wakil kabupaten Luwu Timur dapat memberikan hasil terbaik dan dapat mengharumkan nama Desa Balantang.
Foto Berita
GEBYAR SI BAPAKA (SIAP BAYAR PAJAK) TAHUN 2021

03 Agustus 2021

Hai masyarakat Desa Balantang, sudah bayar PBB hari ini? Bayar PBB  langsung dapat nomor undian hadiah. 

Untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang patuh dan membayar Pajak Bumi & Bangunan (PBB) Desa Balantang untuk wajib pajak tepat waktu. Kami Pemerintah Desa Balantang melakukan Program Undian Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan periode september - november 2021 dan akan diundi pada bulan desember 2021. “Pajak sebagai PAD dimanfaatkan untuk dikembangkan kepada masyarakat pendidikan, kesehatan, ekonomi, pembangunan infastruktur dan lain-lain yang arah tujuannya untuk luwu timur maju dan berkelanjutan” "Ayo bayar PBB sekarang dan raih hadiah yang sangat menarik!"

Informasi Layanan lebih lanjut https://wa.me/message/6752WQX53UU2L1 (Lapor Pak De)