URUTAN KE-3 TERCEPAT DIKECAMATAN BUA, PEMERINTAH DESA BAROWA MENYALURKAN BLT DANA DESA JANUARI - MARET 2022

27 April 2022

Foto Berita

BAROWA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan fokus penggunaan dana desa 2022 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa sudah tepat. Kebijakan tersebut untuk meminimalkan dampak buruk pandemi Covid-19 bagi warga desa serta mempercepat penuntaskan penanganan kemiskinan di desa.

"Kita harus berterima kasih kepada Presiden karena Undang-Undang Nomor 2 tahun 2020 mampu menjadi payung hukum berbagai langkah taktis dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 di tanah air. Salah satu implementasinya ya di 2022 untuk Dana Desa difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai sebagai jaring pengaman sosial," ujar Menteri Abdul Halim Iskandar saat meluncurkan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Desa.

Pemerintah pusat, kata Gus Halim memberikan patokan penggunaan dana desa. Yakni 40% untuk BLT, selebihnya 60% dapat dimanfaatkan untuk program pemberdayaan untuk masyarakat desa, rinciannya 20% untuk ketahanan pangan dan hewani, 8% untuk mendukung kegiatan penanganan Covid-19 seperti percepatan dan sosialisasi vaksinasi, sedangkan yang 32% untuk program prioritas hasil Musyawarah Desa.

Dikecamatan Bua Desa Barowa merupakan Desa tercepat ketiga dalam hal penyaluran BLT Dana Desa. Dalam Penyaluran yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2022 dihadiri oleh Camat Bua (H. MUH. SATTI ABDUL LETIEF, S.Sos), Ketua BPD Desa Barowa (Chaldun Siodja), Kepala Desa Barowa (Ikhsan Arifin), Bhabinkamtibmas Desa Barowa (Aiptu Israil Ibrahim) serta Pendamping Desa (Musmulyadi Bakri, ST, Yunus, ST, Mirahartati & Ernawati, S.Pd).

Dalam sambutannya Kepala Desa Barowa (Ikhsan Arifin) Menyampaikan bahwa " Dalam hal Penerimaan Bantuan Langsung Tunai harus langsung kepala keluarga yang menerima tidak boleh diwakili sesuai dengan aturan dan hasil keputusan musyawarah. Daftar Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini diputuskan melalui Musyawarah. Kepala Desa Barowa juga menyampaikan bahwa Dana BLT yang diterima sewajarnya dibelanjakan untuk keperluan dapur bukan untuk keperluan lainnya sesuai arahkan Presiden Indonesia. Lebih lanjut, Pemerintah Kecamatan Bua (H. MUH. SATTI ABDUL LETIEF, S.Sos) menyampaikan "harapan saya semua masyarakat desa barowa membelanjakan Dana BLT ini didalam lingkup desa sendiri untuk memulihkan keadaan ekonomi desa barowa sesuai dengan anjuran Presiden Republik Indonesia untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)". terakhir Pemerintah Kecamatan Bua menyampaikan kepada masyarakat desa barowa untuk membantu Pemerintah Desa Barowa dalam semua aspek demi kemajuan Desa Barowa.

Pada penyaluran BLT Dana Desa Pertama ini, Pemerintah Desa Barowa mengucurkan Dana sebanyak Rp. 72.900.000 (Tujuh Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 81 Kepala Keluarga yang lolos seleksi melalui Musyawarah Desa Khusus Penerima BLT Dana Desa Tahun 2022. Kami sangat terbantu dengan adanya Bantuan ini, karena tinggal menghitung hari datangnya Hari Idul Fitri 1443 H, yang dapat kami digunkan untuk keperluan rumah tangga, "ujar salah seorang warga yang mendapat BLT.

Berita Terkait

Foto Berita
BLT SUBSIDI BBM TERSALURKAN DI DESA BAROWA

14 September 2022

LUWU-DB. Bantuan Langsung Tunai Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat sudah ditindak lanjuti secara serentak di seluruh Indonesia. Seperti halnya di Desa Barowa Kecamatan Bua Kabupaten Luwu pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 telah salurkan sebanyak 105 Keluarga Penerima Manfaat BLT BBM ini. Tenaga dari PT. POS Indonesia cabang Palopo yang menjadi penyalur BLT BBM ini juga sangat antusias dalam menyalurkan bantuan. Terbukti pada hari yang telah ditentukan, mereka hadir 10 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Seakan tak mau kalah dengan Tim Penyalur dari PT. POS Indonesia, sejumlah warga yang sudah mendapatkan Barcode yang diberikan oleh Pemerintah Desa Barowa mereka bahkan ada yang hadir setengah jam sebelum waktu yang ditentukan.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan, semua keluarga penerima manfaat didesa barowa tidak ada yang diwakili dan semua membawa dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang asli. Berkat kehadiran Kepala Desa Barowa IKHSAN ARIFIN dalam membantu mengatur jalannya penyaluran BLT BBM ini, semua berjalan dengan lancar dan tidak yang saling mendahului satu sama yang lain. Acara penyaluran ini berjalan kurang lebih satu jam dengan total penerima sejumlah 105 sesuai dengan daftar yang terbit. "Alhamdulillah ada lagi Bantuan BLT BBM ini didapat, sangat bermanfaat sekali ini bantuan untuk kebutuhan Pokok sehari-hari", ujar salah seorang penerima yang enggan disebutkan namanya.

Foto Berita
TIM PUSKESMAS KECAMATAN BUA LAKUKAN PENYULUHAN KESEHATAN DI KANTOR DESA BAROWA

13 September 2022

LUWU-DB. Tim Penyuluh Kesehatan Puskesmas Bua gencar melakukan penyuluhan kesehatan ke semua desa dan kelurahan yang ada dikecamatan bua dalam rangka mencegah peningkatan kasus penyakit terutama Penyakit Diare pada anak dan Penyakit Rabies. Pada kegiatan Penyuluhan tersebut materi yang dibawakan oleh dr. H. Bunadi, M.Kes yaitu tentang Penyakit Rabies yang ditularkan oleh hewan. Dalam menyampaikan materinya, beliau menegaskan untuk mengenali ciri-ciri hewan bisa menyebabkan rabies karena gigitannya. Hewan paling sering menyebabkan rabies yaitu anjing gila disamping kucing juga bisa menyebabkan rabies, lanjutnya.

Selain mengenali ciri-ciri hewan yang bisa menyebabkan rabies, dr. H. Bunadi, M.Kes juga mengajari masyarakat untuk melakukan penanganan pertama jika terjadi gigitan. Puskesmas Bua merupakan Sentra Vaksin untuk Rabies, sehingga ketersediaan vaksin rabies selalu standby di puskesmas. Selain materi tentang Rabies, juga hadir dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri yang membawakan tentang materi Diare yang juga menjadi fokus penanganan di puskesmas bua. Mengingat belakangan ini banyak yang datang ke puskesmas bua dengan diagnosis Diare. Yang paling bnyak terserang yaitu anak-anak. Dengan maraknya kasus diare ini, dr. Siti Aisyah Hamzakir Putri menegaskan kepada masyarakat terutama ibu-ibu untuk cepat melakukan penanganan pertama sesuai dengan apa yang di jelaskannya pada slide yang ditampilkan. "Untuk ibu-ibu ketika jangan menunggu parah baru kita bawa ke puskesmas, karena bisa fatal akibatnya kalau terlambat ki' bawa anak ta', lanjut dokter cantik ini yang juga merupakan anak salah satu dokter ternama di palopo. Dalam sesi tanya-jawab masyarakat antusias untuk mengetahui apa yang menjadi penetus penyakit sampai penangannya.

Foto Berita
SALURKAN BLT BULAN SEPTEMBER, PEMDES BAROWA MERAMPUNGKAN PENYALURAN BLT DANA DESA TRIWULAN KE-3 TAHUN 2022

06 September 2022

LUWU-DB. Pemerintah Desa Barowa pada hari Selasa tanggal 6 September 2022 tahun 2022 menyelesaikan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Triwulan Ke-3 (Juli-September) dimana untuk bulan Juli & Agustus telah disalurkan pada bulan sebelumnya. Untuk bulan September ini, Pemerintah Desa Barowa menyalurkan dana sebesar Rp. 24.300.000 untuk Delapan Puluh Satu (81) Keluarga Penerima Manfaat. Pada sambutannya, Kepala Desa Barowa (IKHSAN ARIFIN) agar selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Pemerintah serta menggunakannnya sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, jangan menggunakannya untuk kepentingan lainnya. Kepala Desa Barowa juga menekannnya bahwa jangan selalu mengharap bantuan dari pemerintah, jangan jadikan bantuan dari pemerintah untuk tidak menacri rejeki ditempat lainnya. 

Sambutan kedua disampaikan oleh Kapolsek Bua (IPTU SYARIEF SIKATI S,H, MH) yang menegaskan bahwa aturan terbaru untuk semua penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa wajib melakukan Vaksin Ke-3 (Booster). Ini merupakan aturan resmi dari pemerintah pusat, bagi penerima yang tidak melakukan booster tidak akan diberikan/tidak bisa menerima bantuan tersebut. Kami menghimbau seluruh desa se-kecamatan bua yang akan melakukan penyaluran BLT Dana Desa,bukan hanya didesa Barowa. Menutup sambutannya, Kapolsek Bua menghimbau juga kepada semua penerima untuk sama-sama menjaga keadaan agar tetap kondusif.

Melanjutkan sambutan Pemerintah Desa Barowa, Staf Ekbang Kecamatan Bua (ISMADI) menuturkan "Pergunakan ki' dengan bijak ini uang BLT yang kita terima semua, jangan ki' pergunakan untuk hal-hal yang tidak penting, karena sekarang naik semua barang-barang yang disebabkan harga BBM naik". Ingatkan ki' juga untuk generasi muda ta' semua untuk tidak terpancing ikut demonstrasi terkait kenaikan harga BBM, mengingat sekitar 2 bulan yang lalu ada satpam yang meninggal akibat kegiatan deminstrasi. Jadi jangan sampai terulang lagi hal yang seperti itu, lanjutnya. Hadir juga dalam acara Penyaluran ini, Pendamping Desa (Mirahartati) menyambung untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber Dari Dana Desa tahun depan, belum diketahui sepenuhnya apakah masih ada atau sudah tidak ada. Kalaupun masih ada dan terdapat pengurangan, sabar ki' saja karena anggaran juga terbatas.