Pembangunan infrastruktur di Desa Batang Uru dan Banea masih berlanjut

12 Oktober 2022

Foto Berita

Beberapa program TMMD Ke 112 yang dikerjakan oleh Satgas di Desa Batang Uru dan Desa Banea kec. Sumarorong Kab. Mamasa satu demi satu rampung dikerjakan. Senin ( 4/10/21 ). Pembangunan sasaran fisik yang telah selesai dikerjakan berupa MCK dan saluran air serta talud sepanjang 90 meter sudah mencapai 100 %.Dansatgas TMMD Ke 112 Kab. Mamasa Letkol Inf.Stevi Palapa ketika ditemui dilokasi mengatakan, Pembangunan sasaran fisik barangsur – angsur selesai, demikian halnya sasaran non fisik berupa penyuluhan juga sebagian besar sudah dilaksanakan oleh Satgas TMMD bekerjasama dengan stakeholder terkait.  ”Meskipun sebagian sasaran fisik selesai dikerjakan sesuai program TMMD, namun kami tetap Koordinasi dengan tokoh – tokoh masyarakat dan Pemerintah setempat untuk mengerjakan yang lain sesuai kebutuhan warga setempat ” tandas Letkol Inf Stevi Palapa.


Berita Terkait

Foto Berita
Dengan Pemanfaatan Fitur Digital, Pemerintah Desa Batang Uru Mampu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Oktober 2022

Kini transformasi digital semakin maju dan terus berkembang, diikuti dengan minat masyarakat terhadap digitalisasi dan perkembangan teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir di semua sektor telah memanfaatkan kemajuan teknologi, begitupun di Indonesia.

Digitalisasi dalam kehidupan manusia tentunya hadir untuk mempermudah kinerja manusia. Begitu pun dalam dunia pemerintahan, aparatur pemerintah semestinya dapat menggunakan digitalisasi dalam segala aspek pemerintahan yang lebih efektif dan efisien. 

Salah satu contohnya ada di Desa Batang Uru, pelayanan publik yang biasanya ditempuh dalam waktu berjam-jam kini sudah dapat dipangkas dalam hitungan menit saja tanpa menguras banyak tenaga aparat desa. Sejauh ini Pemerintah Desa Batang Uru mengakui pemanfaatan digital sangat mempermudah kinerja mereka.

Foto Berita
Demi Efisiensi Pemerintahan, Pemdes Batang Uru Menerapkan Sistem Informasi Desa Berbasis Digital

12 Oktober 2022

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat sudah semestinya dapat dimanfaatkan untuk mendorong efektivitas dan efisiensi dalam segala aktivitas yang kita lakukan. Berbagai sektor kehidupan seperti dunia pemerintahan tentunya juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia digital demi penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan yang lebih baik.

Kesadaran inilah yang kemudian mendorong Desa Batang Uru untuk menerapkan digitalisasi sistem informasi desa. Digitalisasi sistem informasi desa atau SID terbukti mengefisiensikan segala pekerjaan pemerintahan desa mulai dari administrasi, pelayanan, dan sebagainya.

Berjalannya sistem informasi digital di Desa Batang Uru tidak terlepas dari peranan penting dari pihak ketiga yang membantu menyiapkan layanan digital tersebut dalam hal ini adalah PT. Digital Desa Indonesia melalui website digitaldesa.id 

Program kerja sama dengan pihak Digides sebagai penyedia layanan dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus keperluan administrasi. Di sisi lain, digitalisasi juga memiliki keunggulan untuk efisiensi desa. Memangkas biaya publikasi dan menjamin keterbukaan informasi di desa.

Foto Berita
TNI Manunggal Membangun jalan penghubung antara Desa Batang Uru dan Desa di Banea Kecamatan Sumarorong

12 Oktober 2022

Prajurit Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), bersama Rakyat bahu membahu bergotong royong mengerjakan pelebaran jalan, menghubungkan Desa Batanguru dan Desa Banea, program TMMD ke-112 TA2021 di Desa Banea, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Senin 20 September 2021.

Memasuki hari ke-6 TMMD ke-112 ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan di lokasi, baik fisik maupun non fisik. Salah satunya penyuluhan Narkoba dan HIV. Tak hanya itu, kegiatan non fisik juga seperti Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Pertanian, Pencegahan Stunting, Penyuluhan Tentang Posyandu dan Pemutaran film Kodim, juga dilaksanakan di lokasisasaranTMMD.

Jiwa semangat untuk membangun desa ditunjukkan oleh prajurit TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD ini, menunjukkan baktinya kepada Negara dan bangsa dalam tugas, selain perang.

Hingga hari ke-6, Prajurit TNI-Polri melanjutkan tugasnya dengan ikhlas membantu masyarakat membangun Desa Banea dan Batang uru Kec. Sumarorong Kab. Mamasa guna menjalankan program TMMD Ke 112 TA 2021 Kodim 1428/Mamasa.