Pemdes Bawalipu Salurkan BLT Kepada Warga Terdampak Covid-19

03 September 2021

Foto Berita

SPIONASE-NEWS.COM,- LUWU TIMUR – Pemerintah Desa Bawalipu Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang terdampak covid-19, Sabtu (16/05/2020).

BLT tersebut langsung dibagikan secara door to door oleh Kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu, bersama dengan Babinsa, Bhabinkantibmas Polsek Wotu, dan Kepala Dusun.

“Alhamdulillah, kami telah mencairkan BLT, semoga bermanfaat buat masyarakat. Insya Allah besok pembagian ini akan diteruskan oleh Kepala Dusun masing-masing wilayah,” ujar Kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu.

Dirinya merinci, total BLT yang akan dibagikan berjumlah 159 KK, namun pihaknya menyiapkan tambahan 20 KK untuk mengantisipasi jika ada warganya yang benar-benar membutuhkan tapi tidak terdata.

“Sesuai keputusan Musyawarah Desa, kriteria masyarakat yang memdapatkan BLT ini yakni masyarakat miskin yang betul-betul terdampak covid-19, warga lansia serta yang memiliki riwayat penyakit bertahun-tahun,” ungkap Solihin.

“Masyarakat yang terdampak covid-19 disini ialah mereka yang memiliki pekerjaan, tapi karena adanya Pandemi virus corona ini, pekerjaannya menjadi kandas, dan untuk membiayai hidup keluarganya sangat sulit,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa, BLT Dana Desa Bawalipu sebanyak 159 KK, BST dari Kemensos dan Pemda 308 KK, serta PKH, BPNT, dan KKS 192 KK.

“Saya berpesan kepada masyarakat, jika ada keluarganya atau tetangganya yang tidak mendapatkan bantuan padahal dia layak mendapatkannya, laporkan kepada kami,”


Berita Terkait

Foto Berita
Hari ini, BPD Bawalipu Melantik PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa) Desa Bawalipu

10 September 2021

Jum'at 10 September 2021, Badan Permuswaratan Desa (BPD) Desa Bawalipu Melantik Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Desa Bawalipu. Dimana PPKD ini Dibentuk Melalui Musyawarah Desa Pada Tanggal 27 Agustus 2021 lalu. Panitia PPKD Berjumlah 11 orang yang dimana diKetuai oleh salah satu tokoh Masyarakat yaitu Nasrail Nasral. Adapun Jadwal Tahapan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak  tinggal tunggu Intruksi dari  Kabupaten, imbuh Ketua PPKD Desa Bawalipu.
Foto Berita
BAZNAS Gelar Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Luwu Timur

03 September 2021

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD) menggelar pelatihan pengolahan rumput laut di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada Kamis (28/1).

Bersama BAZNAS Luwu Timur, kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Sekretariat Himpunan Generasi Muda Islam Masjid Jabal Rahmah Desa Bawalipu dan didampingi langsung oleh Sahabat ZCD. Kegiatan dihadiri oleh Wakil ketua II BAZNAS Luwu Timur, Drs. Sutawar; Kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu; Ketua BPD Desa Bawalipu; Gufri S.Ag; Kepala Bidang Pendayagunaan BAZNAS Luwu Timur, Muh. Nur Kholis; Ketua Himpunan Generasi Muda Islam, Anjas Jafar; dan Remaja Masjid.

Sebanyak 28 mustahik dari 3 kelompok mustahik yakni, 2 kelompok Ibu-ibu rumah tangga Dusun Salualla, Dusun Saluborro, dan Dusun Sambote, dan 1 kelompok remaja masjid mengikuti pelatihan ini. Selain pelatihan pengolahan rumput laut berupa pembuatan brownies rumput laut, es rumput laut, dan stik rumput laut, pelatihan sayur hidroponik dan magot juga dilakukan.

Sahabat ZCD, Ramli mengatakan pada pelatihan ini dibagi menjadi beberapa tahap, untuk tahap awal ini peserta mengikuti pelatihan bagaimana pengolahan rumput laut dan juga managemen kelompoknya.

"Ketika tahap demi tahap sudah dilakukan, Insya Allah di pertengahan bulan kita akan dilaksanakan launching program ZCD ini" lanjutnya.

Sementara kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu sangat mengapresiasi program yang dijalankan oleh BAZNAS tersebut.

"Kami sangat senang dan mengapresiasi dengan Program BAZNAS yang ada di Desa Bawalipu, kita semua berharap masyarakat kami yang ikut dalam program ZCD ini bisa mandiri dan meningkat perekonominya serta bermanfaat untuk desa kami," ucap Solihin.

BAZNAS berharap kegiatan pelatihan ini menjadi awalan yang baik untuk produktivitas para mustahik Desa Bawalipu, sehingga mampu mengembangkan potensi mereka dan dapat membantu meningkatkan perekonomian.

#ZakatCommunityDevelopment

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat

Foto Berita
Keindahan Desa Bawalipu

03 September 2021

inilah