Mahasiswa Unismuh DPK Taro Ada Taro Gau Gelar Baksos Di Desa Bulu Ulaweng Kec.Patimpeng Kab.Bone

16 Maret 2022

Foto Berita
BULU ULAWENG - Kepmi Bone TATG (Taro Ada Taro Gau) Universitas Muhammadiyah Makassar, menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Bulu ulaweng Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone.

Kegiatan dengan tema "Bergerak dengan Hati, Mengabdi dengan Aksi" dibuka oleh Kepala Desa (Kades) Bulu ulaweng di Aula Kantor Desa, Rabu, (16/3/2022). Baksos ini akan digelar lima hari ke depan.
Muh.Nisam Adi Tama Ketua DPK Taro Ada Taro Gau, mengatakan kedatangan mereka di Desa tersebut, bukan sebagai mahasiswa KKN, melainkan mahasiswa yang hendak melaksanakan kegiatan baksos, dengan harapan mendapat restu dari pemerintah desa dan masyarakat.

"Kami akan melakukan baksos dengan dengan beberapa item program kegiatan, besar harapan kami agar masyarakat dapat membantu dan memberikan dukungan karena kehadiran kami di sini murni untuk memberikan sumbangsi untuk Masyarakat Desa," 
"Jadi kami datang ke sini bukan hanya sekedar datang untuk berlibur semata, melainkan membawa sebuah program untuk kebaikan lingkungan Desa Bulu ulaweng ini sendiri," Ujarnya.

Kepala Desa Bulu Ulaweng Kecamatan Patimpeng, Akbar Ahmad, mengapresiasi kegiatan Adik-adik Mahasiswa untuk melakukan baksos.

Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak mendukung kegiatan mahasiswa tersebut, apalagi ada edukasi yang akan diberikan kepada masyarakat untuk menjaga dan mencintai lingkungan. Olehnya itu, Akbar Ahmad, juga berharap warga dapat berkolaborasi.
"Dengan kehadiran adik-adik mahasiswa di sini, tentunya kami pemerintah desa dan Masyarakat akan turut serta melancarkan baksos ini, terlebih ada nilai edukasi yang akan di share oleh adik-adik kepada masyarakat," singkatnya.

newsread/ rendering in 0.1751 seconds (11.2

Berita Terkait

Foto Berita
Hebat, Mahasiswa UNIM Bone Ciptakan Alat Penjernih Air dari Pipa

08 Agustus 2022

Salah satu produk yang dihasilkan oleh mahasiswa UNIM Bone dalam kegiatan Pogram Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah produk pejernih air (bioadsorpsi KKT) dengan bahan utamanya yaitu limbah kulit kacang tanah. Disamping produk bioadsorpsi KKT mahasiswa UNIM Bone juga mampu membuat alat penjernih air dari pipa paralon. 

Alat yang digunakan dalam pembuatan Alat penjernih air ini sangat mudah didapatkan sehingga penerapannya dapat dilakukan oleh siapa saja.

Seperti yang diungkapkan oleh Asrina "Alat yang digunakan dalam pembuatan alat penjernih air ini mudah didapatkan karena banyak dijual di toko-toko bangunan, dan dapat pula dimanfaatkan pipa-pipa yang sudah tidak terpakai lagi serta proses pembuatannya sangat mudah diterapkan" ungkapnya.


Proses pembuatan alat penjernih air langsung diterapkan Mitra Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng dan dibantu langsung oleh TIM PKM-PM.

Mahasiswa UNIM Bone khususnya tim PKM-PM KKT sangat berharap bahwa dengan adanya alat penjernih air ini dapat meminimalisir penggunaan air keruh maupun air sadah yang ada di Desa Bulu Ulaweng.

Foto Berita
TIM PKM-PM UNIM Bone Mengadakan Pelatihan di Desa Bulu Ulaweng

21 Juli 2022

BULU ULAWENG- Salah satu tim yang lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022 adalah tim PKM dengan judul “Diferensiasi Limbah Kulit Kacang Tanah sebagai Bioadsorpsi Penjernih Air dan Pupuk Organik Ramah Lingkungan pada Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng” yang diketuai oleh Asrina.

Setelah tahap kegiatan sosialisasi dilaksanakan, tahap selanjutnya yang dilakukan oleh Tim PKM-PM adalah melaksanakan tahap pelatihan. Dimana pada tahapan ini dilaksanakan di salah satu rumah mitra Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng dan mitra sangat antusias dalam pelaksanaan pelatihan tersebut.

Asrina selaku ketua tim pelaksana mengungkapkan rasa terima kasih kepada mitra karena telah menerima Tim kami dengan baik untuk melakukan kegiatan dan telah memberikan izin dalam pelaksanaan pelatihan dirumah salah satu mitra. “terima kasih karena telah mengizinkan kami untu melakukan pelatihan disini” ungkapnya

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM beserta dengan Mitra Ibu PKK pada tahap pelatihan ini yaitu mengolah limbah kulit kacang tanah menjadi pupuk organik. Selain itu, bahan lain yang digunakan adalah kotoran tahi sapi kering dan dedak. Sehingga, dapat mengurangi limbah yang ada di Desa Bulu Ulaweng dengan mengolahnya menjadi produk yang bernilai guna. Dan diharapkan setelah kegiatan pelatihan ini dilaksanakan, produk yang dihasilkan nantinya dapat digunakan oleh Masayarakat Desa Bulu Ulaweng

Foto Berita
Sosialisasi Kegiatan Mahasiswa UNIM BONE(Universitas Muhammadiyah Bone) KAMPUS 3 KAHU Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat Di Desa Bulu Ulaweng Kec.Patimpeng Kab.Bone

28 Juni 2022

Bulu Ulaweng_ Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone (UNIM BONE) Kampus 3 Kahu melaksanakan sosialisasi mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang berlokasi di Desa Bulu ulaweng, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, pada hari senin, 27 Juni 2022. Tim PKM yang dibimbing oleh Dr. Andi Muhammad Ikbal Akbar Asfar, M.T., M.M.Pd tersebut mengangkat Judul “Program Diverensiasi Limbah Kulit Kacang Tanah sebagai Bioadsorpsi Penjernih Air dan Pupuk Organik Ramah Lingkungan pada Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng".

Sosialisasi ini dilaksanakan di Balai pertemuan kantor Desa Bulu ulaweng pada pukul 13.00-15.15 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa,Ketua BPD,Kepala Sekolah SD dan PAUD,Sekertaris Desa bersama perangkat,Kepala Dusun,dan ibu-ibu PKK serta dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Pada kegiatan ini dipaparkan mengenai kegiatan dan penjelasan singkat mengenai teknologi yang akan diterapkan di Desa Bulu ulaweng. Acara dibuka dengan sambutan Kepala Desa Bulu ulaweng dan dilanjutkan sambutan dari Dosen pembimbing sekaligus pengelolah Kampus 3 Kahu UNIM Bone serta pemaran program yang akan dilaksanakan. Kegiatan diakhiri dengan Tanya jawab dan diskusi ringan mengenai teknologi yang diterapkan maupun waktu pelaksanaan program pelatihan,Pertemuan ini tentunya menjadi langkah awal dari rangkaian kegiatan PKM.

Kepala Desa dalam sambutannya berharap kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti ini selalu dilaksanakan di desa kami,Insya Allah pemdes akan selalu welcome dan berkolaborasi dengan adik-adik mahasiswa.semoga dengan adanya kegiatan seperti ini ibu-ibu PKK nantinya dapat menerapkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang dapat menghasilkan nilai ekonomi sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.Saya atas nama pemdes dan masyarakat Desa Bulu ulaweng juga mengucapkan terima kasih kepada Kampus khususnya dosen pembimbing yang telah membimbing dua warga kami (mahasiswa bapak) sehingga dapat menorehkan beberapa prestasi dalam ajang tertinggi mahasiswa antar universitas maupun tingkat nasional,merupakan suatu kebanggaan "Ujarnya"