Foto Berita
SEMARAK KEMERDEKAAN, MAHASISWA KKN(UMP) IKUT MEMERIAHKAN LOMBA BERSAMA WARGA

24 Agustus 2022

-- Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas muhamadiyah purwokerto(UMP) ikut menyemarakkan HUT ke-77 RI. Mahasiswa KKN UMP Kelompok 052 ini menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI dengan berolahraga dan berlomba bersama warga di Desa Cawet kec.Watukumpul kab.Pemalang


Kepala Desa Taufiq salah S.pd. mengatakan, olahraga yang digelar bersama mahasiswa KKN UMP ini mulai dari lomba lomba, pembacaan Pancasila secara masal dan panjat pinang.


Selain itu, juga digelar senam bersama yang diikuti warga dan mahasiswa KKN. Senam sehat ini digelar di area sekitar panggung yang sudah disiapkan oleh pihak panitia.


Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan di daerah tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan. Lomba ini diikuti oleh semua kalangan warga, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia.


"Rangkaian kegiatan olahraga masyarakat dan lomba 17-an ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan untuk semakin memupuk nasionalisme dan mempererat hubungan antar warga.


Salah satu mahasiswa KKN UMP, Danang menyebut, kegiatan jalan sehat dan senam bersama yang diselenggarakan sesuai dengan salah satu program kerja di bidang olahraga masyarakat. Pihaknya pun berharap kehadiran mahasiswa KKN di Cawet Watukumpul , ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.


Kelompok mahasiswa KKN UMP, Kelompok 052 beranggotakan tiga belas,Seluruh mahasiswa KKN tersebut berasal dari berbagai program studi.


"Kami senang kehadiran kami diterima dengan sangat baik oleh warga dan bahkan diajak berkolaborasi dalam kegiatan warga. Melalui ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat," kata nufus.


Ketua panitia acara, Ketua RT 015 dan Rt 010 mengatakan, rangkaian semarak kemerdekaan dapat terselenggara karena adanya kolaborasi antara warga dengan mahasiswa KKN UMP. Seluruh rangkaian acara pun digelar dengan sukses atas kerja sama dari warga, Panitia dan juga mahasiswa KKN.


"Terima kasih kepada seluruh warga atas sumbangsihnya, baik berupa harta benda, pikiran, maupun tenaganya dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak lupa kepada para mahasiswa KKN UMP yang telah membantu persiapan hingga pelaksanaan berjalan lancar".


Ketua panitia , jaiz menilai, kehadiran mahasiswa KKN UMP sangat membantu dalam mensukseskan kegiatan yang digelar warga. Bahkan, katanya, mahasiswa KKN juga melatih dan mendampingi warga selama persiapan sebelum acara.


"Alhamdulillah, kakak-kakak mahasiswa KKN UMP turut berkontribusi dalam kesuksesan acara INI . Selama masa persiapan sebelum acara, mereka  ikut berkonteribusi dan,membantu panitia sehingga berani tampil menjadi pembawa acara, hingga petugas-petugas lomba. Hal ini penting untuk bekal keterampilan para remaja di masa depan," 


Foto Berita
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT RI YANG KE 77

24 Agustus 2022

 Upacara bendera memperingati hari ulang tahun republik Indonesia yang digelar di Desa Cawet, yang di ikuti oleh aparat desa,warga masyarakat dan sekolah sekolah berjalan tanpa adanya hambatan.

Foto Berita
PELATIHAN INOVASI JAMUR TIRAM MENJADI OLAHAN NUGGET JAMUR YANG BERNILAI JUAL TINGGI

24 Agustus 2022

Kuliah kerja nyata (KKN) dari UMP mengadakan pelatihan nuggt yang bernilai jual tinggi,

Yang di targetkan kepada ibu ibu PKK Desa Cawet

Foto Berita
Dulu Terisolir, Kini Desa Cawet Maju Pesat Dipimpin Kades Berjiwa Muda

26 Juli 2022

mTV Jateng | Pemalanghttps://mtvjateng.tv/2022/05/21/dulu-terisolir...

Sebelum Taufik Saleh mendapat amanat warga menjabat kepala desa, kondisi infrastruktur jalan di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, kondisinya antar dusun ada yang masih sulit dilalui kendaraan. Keadaan ini mengakibatkan keberadaan sejumlah dusun terisolir.

Namun kini setelah dipimpin Taufik Saleh sosok kades berjiwa muda, infrastruktur Desa Cawet dibangun dan dapat dinikmati warganya.

Tidak hanya itu, Balai Desa Cawet pun telah diresmikan pada tahun 2020, setelah dilakukan renovasi besar-besaran. Keberadaan rumah rakyat inilah yang nantinya akan digunakan untuk pelayanan masyarakat Desa Cawet.

Di balai desa yang megah itu, Kepala Desa Taufik Saleh sebagai penggerak sekaligus inspirator pembangunan Desa Cawet, siap mendedikasikan guna memajukan desanya. Sehingga diharapkan Desa Cawet lebih baik dalam hal infrastruktur, perekonomian dan pelayanan kepada masyarakatnya

Foto Berita
Akibat Hujan Deras Benteng Rumah Warga Dusun Kramat Desa Cawet Ambruk

24 Juni 2022


Kepala Desa Cawet Taufik Saleh, S.Pd meninjau langsung Rumah warga di RT. 007 RW. 002 yang terkena longsor 

Hujan deras pada Kamis siang 23 juni 2022 sampai malam, akibat hujan tersebut mengakibatan longsor yang menimpa Rumah warga Rojak (32 tahun) sehingga dinding penahan tanah ambruk dan menimpa dinding rumah warga lain yang ada dibawahnya 

Kronologis kejadian pada hari kamis 23 juni 2022 pukul 18.00 WIB saat hujan sedikit reda terdengar suara keras yang ternyata adalah dinding penyangga tanah milik sodara Rojak (32thn) yang menimpa rumah dinding rumah warga di bawahnya

Akibat kejadian tersebut kerugian di perkirakan sekitar 37 juta dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa  “jelas RT setempat” 

Kepala Desa mengatakan “ kami akan segara mendata dan melaporkan kejadiaan ini ke kecamatan dan BPBD Kab. Penalang serta kami menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk berhati-hati dan waspada di musim hujan seperti ini “


Foto Berita
Kerja Bakti Pelebaran jalan Lingkungan

24 Juni 2022

 Untuk memudahkan warga maupun pelajar menuju sekolah, warga RT. 001 RW. 001 dan RT. 01 RW. 001 Dusun Sipedang Desa Cawet Kecamatan Watukumpul , bergotong royong memperbaiki dan memperlebar jalan yang selama ini merupakan hanya jalan setapak , Jumat 17 juni 2022 kemarin. Pelebaran akses jalan tersebut sepanjang 300 meter ini dilakukan secara swadya.

Kepala Desa Cawet membenarkan adanya warga yang bergotong royong melakukan pelebaran jalan lingkar di RT. 001 dan RT. 018 secara swadaya tersebut. Selama ini warga mengaku kesusahan karena minimnya akses jalan menuju masjid, maupun anak-anak saat berangkat sekolah di karnakan tidak ada jalan lingkar diharapak dengan meperbaiki dan pelebaran jalan tersebut akan memudahkan masyarakat menuju lokasi baik tempat ibadah ataupun ke sekolah untuk anak-ana. Sehingga warga sepakat untuk pelebaran atau pemanfaatan jalan setapak tersebut Masyarakat melakuakan aktifitas gotong royong dan kerjabakti pelebaran jalan tersebut setiap hari jum’at

“Alhamdulillah warga dua RT melakukan gotong royong membuka jalan lebar 2,5 meter panjang 300 meter. Untuk tahap awal jalan dibersihkan dari semak selanjutnya akan ditimbun dengan tanah merah. Warga cukup antusias dengan kegiatan tersebut,” kata Taufik Saleh, S.Pd.

Lebih lanjut dikatakan selama ini warga ketika hendak pergi ke tempat kerja maupun anak-anak pergi sekolah harus putar balik karna tidak ada jalan tembus  dan memakan waktu karena jalanya lumayan jauh. Dengan dibukanya jalan baru ini warga akan terbantu karena tidak perlu harus memutar mencari jalan alternatif sekolah,

Foto Berita
PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI [BLT DD] TAHUN 2022

24 Juni 2022

Pemerintah Desa Cawet menyalurkan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa)Untuk bulan April,Mei,Juni, pada hari Sabtu tanggal 18 juni 2022.bertempat di Balai Desa Cawet pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Pelaksanaan pencairan BLT-DD ini dengan Jumlah 203 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). dengan syarat pengambilan membawa foto copy Kartu Keluarga (KK), foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat undangan dari Pemerintah Desa Cawet.

Kasi Kesra juga menjelaskan bahwa para KPM Penerima BLT DD, Berdasarkan usulan atau hasil evaluasi bersama pemerintah Desa yang lain beserta Kadus serta RT dan RW.

Foto Berita
PEL Bappeda, Kunjungi Potensi Unggulan Desa Cawet Kec.Watukumpul

15 Maret 2022

PEL – BAPPEDA ; Kecamatan Watukumpul salah satu Kecamatan di Daerah Selatan Kabupaten Pemalang, yang sangat dikenal oleh Masyarakat luas sebagai salah satu Kecamatan penghasil produk Sapu Glagah, Kecamatan Watukumpul banyak tumbuh subur rumput rumput Glagah yang menjadi bahan dasar dari pembuatan Sapu Glagah, hampir di 15 Desa yang ada di Kecamatan Watukumpul rata rata masyarakatnya secara keseluruhan berprofesi sebagai pengrajin Sapu Glagah. Selain Potensi Sapu Glagah alam nya yang indah juga sudah mulai banyak dikemas spot spot daya tarik wisata alam, seperti bukit wisata penjalin mas, bukit wisata isawa, Watu sewidak dan potensi wisata Religi yang juga menjadi icon di Kecamatan ini ; Maqam Hadiyana Natas Angin.

Tumbuh suburnya Kesenian Budaya lokal di Kecamatan Watukumpul juga menjadi salah satu potensi yang sudah cukup dikenal masayarakat luas sebagai Kecamatan Budaya karena banyak dijumpai pelaku pelaku kesenian lokal Kuda lumping janturan, sintren, karawitan, lengger, dll.

Selain Budaya dan berbagai produk lainnya yang mulai tumbuh di Wilayah Kecamatan Watukumpul, salah satunya yang sudah mulai dikenal masyarakat luas adalah terhadap potensi yang ada di Desa Cawet, potensi tersebut yaitu Produk Kopi dan Produk Budidaya Jamur Tiram. Kopi yang ada di Desa Cawet memiliki brand merk nama yang cukup unik yaitu Kopi Pesing ; diambilnya nama Pesing karena identik dengan aroma kopi yang kuat dan rasa pahit kopi khas, Kopi yang ditanam di Desa Cawet adalah jenis kopi arabica dan robusta. Belum banyak jenis yang dikembangkan mengingat pengembangan kopi di Desa Cawet masih dalam tahap perluasan area tanam.

Kemudian untuk Produk Kopi sendiri kapasitas pemasaran sebenar nya dari permintaan sudah cukup banyak, namun keterbatasan alat produksi yang masih menggunakan alat gilingan manual membuat pesanan kopi cawet belum bisa memenuhi permintaan Pasar saat ini. Adanya upaya keseriusan Desa juga menjadi spirit bagi UMKM pengolah kopi cawet, agar bisa dikembangkan melalui dana Desa ataupun lainnya.

 

Foto Berita
Potensi Wisata Desa Cawet, Dipopulerkan Lewat Lagu

15 Maret 2022

JURNALPEMALANG.CO.ID - Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang ternyata memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan. Ini dibuktikan dengan banyaknya tempat yang menunjukan keindahan alam di desa itu. Dengan potensi itu bahkan membuat seorang seniman di Pemalang sampai menciptakan sebuah lagu. Lagu tersebut diberi judul 'Banyu Cawet'.

Pencipta lagu tersebut bernama Rismanto. Lagu dengan musik bernuansa Jawa ini dinyanyikan Budi Muara asal Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman. Menurut Rismanto, lagu yang diciptakan ini terinspirasi dari filosofi Desa Cawet terkait dengan sejarah sehingga bisa bersinergi dengan desa-desa yang memiliki sejarah terkait dengan wisata.

"Desa Cawet sendiri memiliki sejarah tuk air dan sampai sekarang air tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar," tutur Rismanto, seusai menggarap video klip lagu Banyu Cawet, di balaidesa, Rabu (30/6). Sementara, Kepala Desa Cawet, Taufik mendukung penuh motivasi untuk berkreasi dalam bidang seni. Semoga dengan adanya lagu tersebut bisa mendorong minat pemuda desa terutama pemuda Desa Cawet itu sendiri.

"Saya mendukung penuh dengan hal luar biasa ini. Paling tidak bisa mengiring minat teman-teman muda di desa terutama Desa Cawet sendiri dan lagu tersebut nanti bisa dinikmati melalui chanel Youtube Paca," katanya.
Untuk awalan video, Kades Taufik sudah mempersiapkan chanel youtube yang dikelolanya sendiri bernama chanel Paca. Memang chanel tersebut belum pernah diunggah dalam video. Namun kemungkinan video klip lagu Banyu Cawet akan diunggah pertama kalinya di chanel Youtube Paca dan lagunya nanti bisa didengar dan ditonton di chanel tersebut. "Kita mempunyai chanel Youtube atau yang bisa dirilis yang benar-benar bisa mengangkat sesuatu tentang desa. Kedepan saya harap direspon dengan Dinas Pariwisata yang lagi ramai terkait desa wisata di pemalang," pungkasnya.