Cerita di Balik Indahnya Cawet, Surga Tersembunyi di Pemalang

15 Maret 2022

Foto Berita

Pemalang - Jangan berprasangka dulu gegara membaca judul di atas. Sebab, Cawet adalah nama sebuah desa di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Bagaimana ceritanya desa itu bisa bernama Cawet, dan pesona apa saja yang ada di dalamnya? Simak catatan perjalanan detikJateng kali ini.
Desa Cawet berada di kawasan perbukitan berketinggian 250-600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Cawet diapit Bukit Igir Jahe dan Bukit Bulu. Tak heran jika di Cawet ini hawanya selalu sejuk. Cawet juga diapit dua sungai besar, yaitu Kali Keruh (berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan) dan Kali Polaga.
Dari pusat kota Pemalang, Cawet jaraknya sekitar 50 km. Cawet terdiri dari lima dusun yakni Kaliduren, Karangsempu, Kramat, Sipedang, dan Watugajah. Jumlah penduduknya 3.539 jiwa, dipimpin oleh Taufik Saleh, kepala desa ke-18 di Cawet. Semasa kampanye Pilkades 2018 lalu, Taufik Shaleh jadi viral di media sosial karena mengusung tagline, 'Cawetku, Cawetmu, dan Cawet Kita Semua'. Selain dikaruniai panorama perbukitan yang indah, Desa Cawet juga tampak masih alami. Lantas, kenapa desa yang begitu asri ini bernama Cawet?

Asal Nama Cawet
Menurut Kepala Seksi Pemerintah Desa Cawet, Riswanto, ada dua versi sejarah lisan alias cerita turun-temurun di balik nama Cawet ini. "Versi pertama memang berhubungan dengan cawet atau celana dalam. Nama cawet diambil dari kata cawing dan tali. Cawing artinya kain penutup (kemaluan) dan tali merupakan pengikat celana," kata Riswanto.

Riswanto mengatakan, zaman dulu warga desa ini kebingungan memilih sesepuh yang akan dijadikan kepala desa. Kemudian, datanglah Adipati Pemalang, Adipati Reksodiningrat (Kanjeng Pontang) pada tahun 1825. "Saat itu beliau datang untuk menyelesaikan masalah soal siapa yang akan menjadi pemimpin desa. Dalam perjalanan, ia melihat sesepuh warga sedang tandur (menanam) di sawah," jelas Riswanto.

Kemudian, Adipati langsung menunjuk lelaki sepuh yang dianggap bijaksana itu untuk memimpin desa. Saat ditunjuk jadi lurah, sesepuh itu hanya mengenakan cawing tali (kain penutup kemaluan yang diberi tali). Sehingga dia disebut Ki Lurah Cawing Tali yang menjabat pada kurun 1825-1847."Cawing Tali nama lurahnya, kemudian desanya disebut dengan singkatan Cawet, dari kata cawing dan tali," ungkapnya.
Sedangkan versi kedua terkait dengan melimpahnya sumber mata air di desa itu. Cawet berasal dari kata cai yang artinya air dan awet yang artinya tidak pernah habis atau abadi. Sehingga, desa itu dinamai Cai Awet. "Cai Awet itu dari kata cai dan awet, air yang tidak pernah habis. Namun karena pengucapan lidah kita jadi Cawet," kata Taufik Shaleh, Kepala Desa Cawet.



Berita Terkait

Foto Berita
SEMARAK KEMERDEKAAN, MAHASISWA KKN(UMP) IKUT MEMERIAHKAN LOMBA BERSAMA WARGA

24 Agustus 2022

-- Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas muhamadiyah purwokerto(UMP) ikut menyemarakkan HUT ke-77 RI. Mahasiswa KKN UMP Kelompok 052 ini menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI dengan berolahraga dan berlomba bersama warga di Desa Cawet kec.Watukumpul kab.Pemalang


Kepala Desa Taufiq salah S.pd. mengatakan, olahraga yang digelar bersama mahasiswa KKN UMP ini mulai dari lomba lomba, pembacaan Pancasila secara masal dan panjat pinang.


Selain itu, juga digelar senam bersama yang diikuti warga dan mahasiswa KKN. Senam sehat ini digelar di area sekitar panggung yang sudah disiapkan oleh pihak panitia.


Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan di daerah tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan. Lomba ini diikuti oleh semua kalangan warga, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia.


"Rangkaian kegiatan olahraga masyarakat dan lomba 17-an ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan untuk semakin memupuk nasionalisme dan mempererat hubungan antar warga.


Salah satu mahasiswa KKN UMP, Danang menyebut, kegiatan jalan sehat dan senam bersama yang diselenggarakan sesuai dengan salah satu program kerja di bidang olahraga masyarakat. Pihaknya pun berharap kehadiran mahasiswa KKN di Cawet Watukumpul , ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.


Kelompok mahasiswa KKN UMP, Kelompok 052 beranggotakan tiga belas,Seluruh mahasiswa KKN tersebut berasal dari berbagai program studi.


"Kami senang kehadiran kami diterima dengan sangat baik oleh warga dan bahkan diajak berkolaborasi dalam kegiatan warga. Melalui ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat," kata nufus.


Ketua panitia acara, Ketua RT 015 dan Rt 010 mengatakan, rangkaian semarak kemerdekaan dapat terselenggara karena adanya kolaborasi antara warga dengan mahasiswa KKN UMP. Seluruh rangkaian acara pun digelar dengan sukses atas kerja sama dari warga, Panitia dan juga mahasiswa KKN.


"Terima kasih kepada seluruh warga atas sumbangsihnya, baik berupa harta benda, pikiran, maupun tenaganya dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak lupa kepada para mahasiswa KKN UMP yang telah membantu persiapan hingga pelaksanaan berjalan lancar".


Ketua panitia , jaiz menilai, kehadiran mahasiswa KKN UMP sangat membantu dalam mensukseskan kegiatan yang digelar warga. Bahkan, katanya, mahasiswa KKN juga melatih dan mendampingi warga selama persiapan sebelum acara.


"Alhamdulillah, kakak-kakak mahasiswa KKN UMP turut berkontribusi dalam kesuksesan acara INI . Selama masa persiapan sebelum acara, mereka  ikut berkonteribusi dan,membantu panitia sehingga berani tampil menjadi pembawa acara, hingga petugas-petugas lomba. Hal ini penting untuk bekal keterampilan para remaja di masa depan," 


Foto Berita
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT RI YANG KE 77

24 Agustus 2022

 Upacara bendera memperingati hari ulang tahun republik Indonesia yang digelar di Desa Cawet, yang di ikuti oleh aparat desa,warga masyarakat dan sekolah sekolah berjalan tanpa adanya hambatan.

Foto Berita
PELATIHAN INOVASI JAMUR TIRAM MENJADI OLAHAN NUGGET JAMUR YANG BERNILAI JUAL TINGGI

24 Agustus 2022

Kuliah kerja nyata (KKN) dari UMP mengadakan pelatihan nuggt yang bernilai jual tinggi,

Yang di targetkan kepada ibu ibu PKK Desa Cawet