Potensi Wisata Desa Cawet, Dipopulerkan Lewat Lagu

15 Maret 2022

Foto Berita
JURNALPEMALANG.CO.ID - Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang ternyata memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan. Ini dibuktikan dengan banyaknya tempat yang menunjukan keindahan alam di desa itu. Dengan potensi itu bahkan membuat seorang seniman di Pemalang sampai menciptakan sebuah lagu. Lagu tersebut diberi judul 'Banyu Cawet'.

Pencipta lagu tersebut bernama Rismanto. Lagu dengan musik bernuansa Jawa ini dinyanyikan Budi Muara asal Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman. Menurut Rismanto, lagu yang diciptakan ini terinspirasi dari filosofi Desa Cawet terkait dengan sejarah sehingga bisa bersinergi dengan desa-desa yang memiliki sejarah terkait dengan wisata.

"Desa Cawet sendiri memiliki sejarah tuk air dan sampai sekarang air tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar," tutur Rismanto, seusai menggarap video klip lagu Banyu Cawet, di balaidesa, Rabu (30/6). Sementara, Kepala Desa Cawet, Taufik mendukung penuh motivasi untuk berkreasi dalam bidang seni. Semoga dengan adanya lagu tersebut bisa mendorong minat pemuda desa terutama pemuda Desa Cawet itu sendiri.

"Saya mendukung penuh dengan hal luar biasa ini. Paling tidak bisa mengiring minat teman-teman muda di desa terutama Desa Cawet sendiri dan lagu tersebut nanti bisa dinikmati melalui chanel Youtube Paca," katanya.
Untuk awalan video, Kades Taufik sudah mempersiapkan chanel youtube yang dikelolanya sendiri bernama chanel Paca. Memang chanel tersebut belum pernah diunggah dalam video. Namun kemungkinan video klip lagu Banyu Cawet akan diunggah pertama kalinya di chanel Youtube Paca dan lagunya nanti bisa didengar dan ditonton di chanel tersebut. "Kita mempunyai chanel Youtube atau yang bisa dirilis yang benar-benar bisa mengangkat sesuatu tentang desa. Kedepan saya harap direspon dengan Dinas Pariwisata yang lagi ramai terkait desa wisata di pemalang," pungkasnya.

Berita Terkait

Foto Berita
SEMARAK KEMERDEKAAN, MAHASISWA KKN(UMP) IKUT MEMERIAHKAN LOMBA BERSAMA WARGA

24 Agustus 2022

-- Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas muhamadiyah purwokerto(UMP) ikut menyemarakkan HUT ke-77 RI. Mahasiswa KKN UMP Kelompok 052 ini menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI dengan berolahraga dan berlomba bersama warga di Desa Cawet kec.Watukumpul kab.Pemalang


Kepala Desa Taufiq salah S.pd. mengatakan, olahraga yang digelar bersama mahasiswa KKN UMP ini mulai dari lomba lomba, pembacaan Pancasila secara masal dan panjat pinang.


Selain itu, juga digelar senam bersama yang diikuti warga dan mahasiswa KKN. Senam sehat ini digelar di area sekitar panggung yang sudah disiapkan oleh pihak panitia.


Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan di daerah tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan. Lomba ini diikuti oleh semua kalangan warga, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia.


"Rangkaian kegiatan olahraga masyarakat dan lomba 17-an ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan untuk semakin memupuk nasionalisme dan mempererat hubungan antar warga.


Salah satu mahasiswa KKN UMP, Danang menyebut, kegiatan jalan sehat dan senam bersama yang diselenggarakan sesuai dengan salah satu program kerja di bidang olahraga masyarakat. Pihaknya pun berharap kehadiran mahasiswa KKN di Cawet Watukumpul , ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.


Kelompok mahasiswa KKN UMP, Kelompok 052 beranggotakan tiga belas,Seluruh mahasiswa KKN tersebut berasal dari berbagai program studi.


"Kami senang kehadiran kami diterima dengan sangat baik oleh warga dan bahkan diajak berkolaborasi dalam kegiatan warga. Melalui ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat," kata nufus.


Ketua panitia acara, Ketua RT 015 dan Rt 010 mengatakan, rangkaian semarak kemerdekaan dapat terselenggara karena adanya kolaborasi antara warga dengan mahasiswa KKN UMP. Seluruh rangkaian acara pun digelar dengan sukses atas kerja sama dari warga, Panitia dan juga mahasiswa KKN.


"Terima kasih kepada seluruh warga atas sumbangsihnya, baik berupa harta benda, pikiran, maupun tenaganya dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak lupa kepada para mahasiswa KKN UMP yang telah membantu persiapan hingga pelaksanaan berjalan lancar".


Ketua panitia , jaiz menilai, kehadiran mahasiswa KKN UMP sangat membantu dalam mensukseskan kegiatan yang digelar warga. Bahkan, katanya, mahasiswa KKN juga melatih dan mendampingi warga selama persiapan sebelum acara.


"Alhamdulillah, kakak-kakak mahasiswa KKN UMP turut berkontribusi dalam kesuksesan acara INI . Selama masa persiapan sebelum acara, mereka  ikut berkonteribusi dan,membantu panitia sehingga berani tampil menjadi pembawa acara, hingga petugas-petugas lomba. Hal ini penting untuk bekal keterampilan para remaja di masa depan," 


Foto Berita
UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT RI YANG KE 77

24 Agustus 2022

 Upacara bendera memperingati hari ulang tahun republik Indonesia yang digelar di Desa Cawet, yang di ikuti oleh aparat desa,warga masyarakat dan sekolah sekolah berjalan tanpa adanya hambatan.

Foto Berita
PELATIHAN INOVASI JAMUR TIRAM MENJADI OLAHAN NUGGET JAMUR YANG BERNILAI JUAL TINGGI

24 Agustus 2022

Kuliah kerja nyata (KKN) dari UMP mengadakan pelatihan nuggt yang bernilai jual tinggi,

Yang di targetkan kepada ibu ibu PKK Desa Cawet