Foto Berita
Bupati Takalar Tinjau Sumur Alternatif Penyediaan Air Bersih untuk Desa Cikoang

03 Agustus 2020

KabarMakassar.com — Bupati Takalar, H Syamsari Kitta melakukan peninjauan sumur alternatif penyediaan air bersih untuk warga di Desa Cikoang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (20/6). Terkait hal itu, H. Syamsari Kitta mengatakan jika Desa Cikoang merupakan salah satu desa yang sering mengalami krisis air cukup parah setiap musim kemarau. Karena itu, dengan diaktifkannya kembali sumur ini, krisis air bersih dapat ditekan pada daerah ini.


“Saya mengapresiasi Dirut PDAM dan jajarannya yang telah mengaktifkan kembali sumur yang sudah lama ditinggalkan. Dengan aktifnya sumur ini maka kebutuhaan air minum warga di Marbo semakin baik, bisa terpenuhi,” kata Syamsari. Menurutnya, sumur serupa juga akan dibuat sebagai alternatif penyedia air bersih pada beberapa desa yang sering mengalami krisis air bersih di Mangarabombang untuk memenuhi kebutuhan warga. “Saya telah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum untuk menyiapkan sumur lain sebagai alternarif.


Kita harus memiliki beberapa sumur alternatif untuk memenuhi kebutuhan warga Marbo,” jelasnya. Sementara itu, Dirut PDAM Takalar, D Jamaluddin mengatakan jika upaya pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Mangarabombang akan terus digenjot. Salah satunya, kata dia, dengan mengaktifkan kembali sumur penyedia air baku PDAM yang selama ini tidak digunakan akan mampu memenuhi kebutuhan untuk 200 kepala keluarga. “Untuk awal ini hanya mampu mengcover kebutuhan air bersih untuk satu desa. Ke depan kita akan kondisikan jika memungkinkan untuk didistribusi ke desa lain maka akan diperluas lagi.


Tergantung kondisi sungainya sebagai sumber air baku,” kata Djamaluddin.

Foto Berita
Pembatasan sosial Pencegahan penularan virus corona

03 Agustus 2020

Takalar – Terkait penerepan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB)  Takalar  sebagai wujud pencegahan penularan virus corona atau covid – 19, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Marbo Polres Takalar Desa Cikoang Bripka Rusli SH berkunjung dan silaturahmi dengan warga binaannya yang ada di Dusun Bila Bilaya Desa Cikoang, Rabu (22/04) siang.

Bhabinkamtibmas Bripka Rusli SH pada kesempatan tersebut mengajak warga desa Cikoang khususnya yang ada di dusun Bila Bilaya untuk bersama – sama memberikan dukungan kepada pemerintah kota makassar yang akan menerapkan PSBB sebagai wujud pencegahan virus corona dengan cara  warga tidak kemakassar dan di rumah saja selama pemberlakuan PSBB.


Saya selaku bhabinkamtibmas meminta kepada warga desa Cikoang untuk sementara waktu tidak berkunjung ke kota makassar selama pemberlakuan PSBB dan tetap di rumah saja, serta mari kita bersama – sama menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita,selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau gunakan hand sanitizer agar kita semua bisa terhindar dari virus corona” ujar Bripka Rusli SH.



Berita Asli : https://katasulsel.com/2020/04/23/tak-kenal-lelah-bhabinkamtibmas-desa-cikoang-mengunjungi-warga-sosialisasikan-psbb-makassar/

Menurut salah warga Tuan Lolo mengatakan “bahwa kunjungan petugas bhabinkamtibmas di tengah – tengah warga binaannya sangat baik dengan membawa informasi – informasi dari pemerintah terkait mewabahnya virus corona, hal ini bertujuan agar masyarakat itu sendiri bisa terjaga keselamatan dan kesehatan selama pandemik virus corona” ujar Tuan Lolo.

Ditempat terpisah, Kapolsek Marbo Polres Takalar AKP Sudirman, SH melalui Kasihumas Aipda Sahrir saat dikonfirmasi mengatakan “bahwa penerapan PSBB kota makassar semoga tidak berlaku di wilayah kita kab. Takalar untuk itulah saya meminta kepada warga masyarakat marbo untuk mari kita bersama-sama bersikap disiplin dengan mematuhi himbauan dari pemerintah dan maklumat kapolri kita pedomani bersama,  jelas kasi humas aipda syahrir.




Foto Berita
Tradisi Maudu Lompa

03 Agustus 2020

RIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Ribuan warga Cikoang menggelar Ma'udu Lompa di Desa CikoangKecamatan Manggarabombang, Kabupaten Takalar, Selasa (26/11/2019) hari ini.

Ma'udu Lompoa ini merupakan bentuk tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dikemas secara adat.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Pemangku Adat Karaeng Laikang bersama keluarga besar Al-Aydit.

Sebanyak 123 kapal hias dihadirkan para warga. Kapal hias itu dinamakan Julung-julung. Isinya puluhan telur, songkolo' hingga ayam goreng.

Sajian makanan yang disuguhkan dibuat secara adat. Ayam goreng itu adalah ayam kampung peliharan, tidak dibolehkan ayam potong. Ayam dikurung satu bulan lalu mandikan sebelum disembelih.

"Begitupun proses menggorengnya, harus memakai minyak kelapa asli," kata Ketua Panitia M Yunus Aidid Karaeng Sibali kepada Tribun.

tribunnews
Kapal hias berisi bakul Ma'udu pada Perayaan Ma'udu Lompoa di Cikoang Kabupaten Takalar (Ari Maryadi/Tribun Timur)

Ratusan kapal hias itu ditempatkan di tepi pantai untuk mengenang jalur masuk penyebaran Islam di Sulawesi Selatan pada abad ke-16, yakni mendarat di tepi pantai Cikoang.

Karaeng Sibali menuturkan, kegiatan ini dihelat sebagai wujud kecintaan terhadap Rasullullah Saw. Ada sejumlah item kegiatan yang dihadirkan, antara lain lomba dayung perahu, lomba tangkap itik, hingga panjat pinag,

Perayaan maulid ini dikemas secara adat, memadukan konsep Maulid dengan tradisi dan adat masyarakat setempat.

Ma'udu Lompoa digelar dengan iring-iringan dan simbol-simbol adat.



Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Hari Ini Warga Cikoang Takalar Rayakan Ma'udu Lompoa, Begini Tradisi Uniknya, https://makassar.tribunnews.com/2019/11/26/hari-ini-warga-cikoang-takalar-rayakan-maudu-lompoa-begini-tradisi-uniknya.
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri