Foto Berita
Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Pengurusan Administrasi di Kantor Pemerintah Desa Corawali

20 Desember 2021

Corawali,  – Program Vaksinasi Covid-19 di Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau makin gencar dilakukan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak dan lintas sektor.


Hal ini terbukti, Pemerintah Desa Corawali mulai mensyaratkan vaksinasi sebagai salah satu syarat utama dalam pengurusan administrasi persuratan seperti pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Keterangan Domisili, laporan aduan dan lalin - lain.


Camat Tanete Rilau Akmaluddin S.STP, M.Si, mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan.


Di Tempat terpisah Sekretaris Desa Ilham  berharap masyarakat semakin antusias mengikuti vaksinasi ini agar kita menuju Herd Immunity.


“Sekali lagi kami sampaikan kiranya masyarakat yang mempunyai keluarga yang belum vaksin agar membawa mereka ke tempat vaksinasi”, pungkas Ilham.

Foto Berita
Antusias vaksinasi, 378 masyarakat melakukan vaksinasi di desa corawali

19 Desember 2021

corawali- Minggu (19/12/2021) pukul 9:00 wita pemerintah desa bekerjasama puskesmas pancana melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis 1 maupun dosis 2 di kantor desa corawali tanete rilau, kabupaten barru.

Adapun Vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat untuk dosis pertama adalah vaksin AstraZeneca sedangkan untuk masyarakat yang ingin melakukan vaksin ke 2 hanya dilayani untuk vaksin sinovac

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini banyak masyarakat yang antusias untuk melakukan vaksinasi, terbukti dengan adanya 378 masyarakat yang mendaftar dan telah melakukan vaksinasi baik dosis 1 maupun dosis ke 2, walaupun ada beberapa masyarakat yang ditunda vaksin karena beberapa hal

Didalam pelaksanaan vaksinasi turut hadir kapolsek tanete rilau, camat tanete rilau, kepala desa corawali, babinsa, bhabinkantipmas untuk meninjau kelancaran vaksinasi ini (Humas corawali)

Foto Berita
PEMERINTAH DESA CORAWALI SALURKAN SERTIFIKAT PROGRAM PTSL

02 Desember 2021

Corawali- Pemerintah Desa Corawali melalui  Pertanahan Nasional Kabupaten Barru melakukan Penyerahan Sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Tahun 2021 Di aula kantor desa Corawali, Rabu (1/11/2021) 

PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) merupakan upaya pemerintah guna membantu masyarakat dalam memproses pendaftaran tanah, Proses PTSL ini meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan, Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Desa corawali, melalui program ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. 


Muhammad ilyas banno selaku kepala desa corawali menyampaikan  sertifikat tanah untuk rakyat program PTSL dimaksudkan supaya kepemilikan tanah lebih jelas .“ Kita menyentuh masyarakat yang benar-benar tidak mampu untuk membuat sertifikat, muhammad ilyas banno menambahkan tersebut merupakan salah satu wujud perhatian Pemkab kepada warga kurang mampu agar bisa memiliki sertifikat tanah.

‘Saya ucapkan selamat kepada yang menerima bantuan. Tolong sertifikatnya dijaga dengan baik. Dan mudah-mudahan yang belum mendapat sertifikat, segera mendapatkannya,”  (Humas corawali)

Foto Berita
Pendistribusian buku tabungan dan KKS Sembako PPKM 2021 Desa corawali

29 November 2021

Corawali- Pemerintah Desa Corawali Melakukan Pendistribusian Buku Tabungan (Butab) dan KKS Sembako PPKM 2021 Di aula kantor desa corawali, Senin, (29/11/2021)

Pendistribusian Buku tabungan dan KKS Sembako PPKM 2021 yang didistribusikan setiap bulannya diberikan kepada 110 masyarakat desa corawali yang terdiri dari 43 masyrakat dari Dusun Ance, 44 masyarakat dari dusun aluppangnge, dan 23 masyarakat dari dusun alappang , Hadir dalam  pembukaan pendistribusian ini, Pemerintah  Desa corawali, perwakilan Dinsos (Dinas Sosial) ,dan Himbara (Himpunan Bank-bank milik negara)

Sekertaris Desa Ilham S.T., mengapresiasi pihak HIMBARA (Himpunan Bank-bank milik negara) dalam hal ini sebagai penyalur dani juga berharap dengan adanya buku tabungan ini dapat membantu meringankan perekonomian masyarakat terutama dalam kondisi covid 19 pada saat ini. (Humas corawali)

Foto Berita
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa corawali gelar MUSDes

18 November 2021

Corawali-Badan perwakilan desa (BPD) bersama pemerintah desa corawali mengelar Musyawarah Desa (MUSDES) II pembahasan dan penetapan (RKPDes) dalam Rangka Penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 di aula kantor desa corawali, Kamis, (18/11/2021) 

Hadir dalam Musyawarah Desa (MUSDES) II, Perwakilan Camat, Perwakilan BAPPEDA, PERWAKILAN DPMB, PPKB, PPPA, Kepala desa corawali, ketua BPD, ibu pkk, unsur pemerintah desa dan tokoh masyarakat. MUSDes II ini bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sumber daya untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang. Dalam pembahasan MUSDes II ada beberapa Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang diusulkan berdasarkan hasil perengkingan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) jum'at lalu (12/11/2021) kemudian di sesuaikan 

Muhammad ilyas banno (kepala desa corawali) dalam sambutannya menyampaikan Ingin Menetapkan Usulan yg telah di Sepakati pada saat Musrembang Sebelumnya untuk kemudian di Bahas Bersama dengan BPD Serta mendengar Masukan Dari Tim Pembina Dari Kabupaten dalam hal ini DPM, DPPKB, PPPA dan BAPPEDA Sekaitan dgn Kegiatan yg akan di Laksanakan di Desa maupun yg akan di bawa ke Kecamatan terutama terkait Posisi di OPD dan Nama Kegiatan yg di maksud apakah Sudah Sesuai atau Tidak.(Humas Corawali)

Foto Berita
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Desa Corawali Gelar Senam Sehat

12 November 2021

Untuk menunjang aktifitas warga dan mengolah ragakan masyarakat atau  memasyarakatkan olah raga, Desa Corawali menggelar berbagai aktifitas guna untuk kebugaran tubuh, serta  meningkatkan daya tahan tubuh meski di tengah Pandemi. Untuk itu kita melakukan senam sehat khususnya bagi  para ibu-ibu di Desa ini.

Kegiatan ini, sudah menjadi agenda Rutinitas Desa Corawali, sesuai Visi-Misi guna untuk menyemarakkan  aktifitas warga.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Corawali Ilham saat di konfirmasi di Kantor Desa Corawali, Jum’at, 12 November 2021.

Lanjut Ilham mengatakan, kegiatan Senam Sehat ini di lakukan, guna untuk lebih mempererat hubungan  silaturrahmi warga, dan di samping itu untuk membudayakan olah raga, guna untuk kesehatan.

Kegiatan senam sehat ini di lakukan tiga kali sebulan, dan pelaksanaannya di lakukan setiap hari Jum’at sore, dan  senam sehat ini di dominasi kaum ibu-ibu.

Di katakan Ilham, selain Senam, juga berbagai aktifitas para anak muda di daerah ini.

Tujuan lain dari senam sehat ini adalah untuk ketahanan tubuh di tengah Pandemi, di samping menghilangkan  rasa kebosangan di rumah. Kegiatan senam ini di sambut baik oleh masyarakat, ungkap Ilham.

Foto Berita
Pemdes Corawali Gelar Musrenbangdes Penetapan RKP Desa 2022 dan DURKP 2023

12 November 2021

Pemerintah Desa Corawali, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bertempat di Kantor Desa Corawali, Juma’t (12/11/2021). Agenda Musrenbangdes kali ini adalah penetapan Rencana Kerja Pemerinta Desa Tahun 2022 (RKP-Des 2022) dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023 (DURKP 2022).

 

Hadir dalam Musrenbangdes, Kepala Desa Corawali beserta jajaran perangkat desa, BPD, LPMD, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat. Bertindak selaku pemateri, Muhammad Ilyas Banno (Kepala Desa Corawali), Hasnah, S.Ag (Kasi PMD Kecamatan Tanete Rilau), Muhammad Ali (TPP Kabupaten Barru), Hj. Rahmaniah (BPP Corawali). Turut hadir pula Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Corawali.

 

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Kepala Desa Corawali sekaligus membuka Musrenbangdes. Dalam sambutannya, Kepala Desa Corawali Ilyas Banno mengatakan Tim Penyusun RKP Desa Corawali telah menyelesaikan rancangan RKP Desa yang menjadi pokok bahasan pada Musrenbangdes.

“Di rancangan RKP Desa Corawali tahun 2022 ini, arah kebijakan pendapatan desa kita total mencapai dua miliar lebih. Ini bersumber dari PADes, DD, ADD, Bantuan Keuangan, bagi hasil pajak, dan pendapatan lain-lain. Lebih detailnya nanti biar tim penyusun yang jelaskan,” kata Ilyas.

 

Foto Berita
Tingkatkan Disiplin Pegawai, Pemerintah Desa Corawali Laksanakan Apel Pagi Dan Sore

14 Oktober 2021

Humas Corawali- Apel pagi dan sore yang beberapa hari ini dilaksanakan Pemerintah Desa Corawali merupakan sebuah tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Barru nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penegakan Disiplin Aparat Desa serta upaya penegakan disiplin kerja Perangkat Desa dan Staf. Kegiatan apel pagi Pukul 07:30 WITA Sedangkan sore dilaksanakan Pukul 16.00 WITA Sesuai Dengan Jadwal Kerja yang tercantum di Surat Edaran. Apel ini diikuti oleh pimpinan, Sekretaris Desa, Perangkat Desa serta seluruh staf. Pelaksanaan apel pagi dan Sore dilaksanakan secara sederhana dan mengutamakan kedisipilinan kerja Perangkat Desa dan Staf. 

 


Sekretaris Desa Ilham, ST. selaku Pembina Apel menegaskan, kegiatan ini merupakan langkah yang baik untuk dilaksanakan. Dengan apel pagi dan sore banyak manfaat yang bisa kita peroleh bersama, bukan sekedar pembiasaan disiplin Pegawai, tapi sebagai sarana untuk penyampaian informasi penting, serta arahan dari pimpinan. disamping itu dengan kegiatan apel ini rasa kekeluargaan dan kebersamaan dapat tercipta. Jadi dengan adanya apel ini, setidaknya ada pertemuan bersama antar Pegawai sebelum memulai aktivitas dan dalam mengakhiri rutinitas mereka setiap harinya.

 

Foto Berita
Door To Door ke Rumah , Pemdes Corawali Salurkan BLT- DD Tahap IX

03 September 2021

Sebanyak 222 KK warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten  Barru kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IX, Jum’at  (3/9/2021).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ini diantarkan langsung kerumah rumah warga penerima secara door to  door oleh Pemerintah Desa Corawali., yang disaksikan oleh Tim Relawan Desa Lawan Covid-19.


Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST. menyampaikan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap  IX ini tidak lagi dipusatkan di Kantor Desa seperti pada penyaluran tahap Sebelumnya untuk menghindari Kerumunan Massa di Kantor Desa di Masa Pandemi Ini apalgi kita di Kabupaten Barru masih Status Level 3..


“Kita laksanakan Penyaluran BLT Dana Desa tahap IX ini, dengan mengunjungi dan mengantarkan langsung ke rumah penerima, ini sudah Bulan ketiga kita Door to Door “Kata Ilham.


Disamping ingin lebih dekat dengan masyarakat, saya rasa ini adalah wujud pelayanan kami sebagai Pemerintah  Desa kepada masyarakat penerima BLT selama pandemi covid-19, tambahnya.


Lebih lanjut Ilham menambahkan bahwa jumlah penerima BLT- DD ini, sesuai hasil Musyawarah Desa (MUSDES) dengan agenda tunggal validasi dan penetapan calon penerima BLT itu awalnya 224 KK. Selain itu, kami juga menyerahkan Bantuan Sabun Batang dan Handszanitizer kepada Para Warga sebagai bagian dari Pencegahan Penularan Covid-19 yang merupakan Realisasi dari 8% PPKM Mikro yang berasal dari Dana Desa.Pada Bulan sebelumnya telah di bagikan juga Masker kepada Para Masyarakat


Namun pada penyaluran tahap sebelumnya yang lalu, 2 KK meninggal dunia, sehingga jumlah penerima BLT DD tahap ini itu  berjumlah 222 KK.


Mengakhiri keterangannya ia berharap, agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini bisa dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya oleh para penerima.


“Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” Pungkas Ilham Sekdes Corawali.