Foto Berita
Door To Door ke Rumah , Pemdes Corawali Salurkan BLT- DD Tahap IX

03 September 2021

Sebanyak 222 KK warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten  Barru kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IX, Jum’at  (3/9/2021).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ini diantarkan langsung kerumah rumah warga penerima secara door to  door oleh Pemerintah Desa Corawali., yang disaksikan oleh Tim Relawan Desa Lawan Covid-19.


Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST. menyampaikan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap  IX ini tidak lagi dipusatkan di Kantor Desa seperti pada penyaluran tahap Sebelumnya untuk menghindari Kerumunan Massa di Kantor Desa di Masa Pandemi Ini apalgi kita di Kabupaten Barru masih Status Level 3..


“Kita laksanakan Penyaluran BLT Dana Desa tahap IX ini, dengan mengunjungi dan mengantarkan langsung ke rumah penerima, ini sudah Bulan ketiga kita Door to Door “Kata Ilham.


Disamping ingin lebih dekat dengan masyarakat, saya rasa ini adalah wujud pelayanan kami sebagai Pemerintah  Desa kepada masyarakat penerima BLT selama pandemi covid-19, tambahnya.


Lebih lanjut Ilham menambahkan bahwa jumlah penerima BLT- DD ini, sesuai hasil Musyawarah Desa (MUSDES) dengan agenda tunggal validasi dan penetapan calon penerima BLT itu awalnya 224 KK. Selain itu, kami juga menyerahkan Bantuan Sabun Batang dan Handszanitizer kepada Para Warga sebagai bagian dari Pencegahan Penularan Covid-19 yang merupakan Realisasi dari 8% PPKM Mikro yang berasal dari Dana Desa.Pada Bulan sebelumnya telah di bagikan juga Masker kepada Para Masyarakat


Namun pada penyaluran tahap sebelumnya yang lalu, 2 KK meninggal dunia, sehingga jumlah penerima BLT DD tahap ini itu  berjumlah 222 KK.


Mengakhiri keterangannya ia berharap, agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini bisa dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya oleh para penerima.


“Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” Pungkas Ilham Sekdes Corawali. 

Foto Berita
Beri Anak Ruang Dalam Pembangunan, Pemdes Corawali dan Forum Anak Desa Gelar Musrenbang Anak

01 September 2021

Selama ini keterlibatan anak dalam setiap pengambilan keputusan terutama dalam pembangunan masih kurang. Padalah anak menjadi salah satu obyek dalam setiap pelaksanaan pembangunan. Untuk itu Pemerintah Desa Corawali bersama Forum Anak Desa Corawali memberikan ruang penuh keterlibatan anak dalam setiap pembangunan salah satunya dengan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) anak.  Musrenbang anak yang di gelar ini melibatkan seluruh Perwakilan Anak di Setiap Dusun yang ada di Desa Corawali dari Semua Tingkatan Pendidikan dari SD, SLTP dan SMA dilaksanakan Rabu (1/9) di Kantor Desa Corawali. Musrenbang Anak ini dihadiri Kepala Desa Corawali, DPMPDPPKBAPPPA, Babinsa Desa Corawali, Perwakilan BPD, Forum Anak Colliq Pujie dan Forum Anak Kecamatan Tanete Rilau.

 

Kepala Desa Corawali Muhammad Ilyas Banno dalam sambutan menyampaikan musrebang anak ini diharapkan sebagai jembatan untuk memenuhi kepentingan anak dalam setiap pembangunan. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat mengakomodir kepentingan anak. Dengan adanya Musrembang Anak ini anak-anak benar-benar harus dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan yang segala sesuatunya berhubungan dengan dirinya. Hal ini diharapkan hasil pembangunan benar-benar dapat dinikmati dan manfaatnya dapat dirasakan oleh anak-anak. Ini juga merupakan salah satu untuk mewujudkan Kabupaten Barru menjadi Kota Layak Anak (KLA). Untuk mewadahi semua itu Pemerintah Desa Corawali juga telah membentuk FAD yang menjadi Pelaksana pada Kegiatan ini.

 

Ketua Forum Anak Desa Corawali Nur Ihsanul Ameliah yang biasa disapa Amel menyampaikan musrenbang anak yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Corawali terhadap kepentingan anak. Melalu gerakan edukasi melalui partisipasi anak (Gempita) melatih anak untuk menyampaikan pendapat dalam proses perencanaan pembangunan. "Pemerintah Desa Corawali sangat memahami peran anak dalam pembangunan. Sehingga kami anak-anak di Desa Corawali diberi kesempatan untuk turut dalam setiap proses pembangunan salah satunya melalui musrenbang anak," ujarnya. Karena melalui musrenbang anak-anak dapat menyampaikan ide-ide kreatif dalam proses pembangunan di Desa Corawali sehingga hasil pembangunan sesuai dengan keinginan anak.

 

Sekretaris Desa Corawali Ilham menyampaikan musrenbang anak ini untuk melatih anak mengeluarkan pendapat dalam setiap forum salah satunya dalam musrenbang di desa. Sehingga apa yang menjadi harapan anak dalam pembangunan dapat di akomodir dalam setiap proses pembangunan

 

Foto Berita
Penyerahan Sertifikat Tanah Hasil PTSL 2021 Di Desa Corawali

19 Agustus 2021

Corawali-Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Barru Daud Wijaya Sitorus,S.P., M.Si  menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah program  PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) kepada warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau pada Kamis ( 19/08 ) di Kantor Desa  Corawali.  Acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Barru Tahun 2021 Desa Corawali  ini dihadiri oleh Plt. Camat Tanete Rilau Akmaluddin, S.STP,.M.Si, Kapolsek Tanete Rilau IPTU Aspar Hakim, SH,MH, Babinsa Desa Corawali Serka Hasanuddin, Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST, dan tokoh masyarakat Corawali  serta warga setempat.

Usai  penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara simbolis, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Barru dalam sambutannya mengatakan,  bagi warga Desa Corawali yang mempunyai  tanah yang belum disertifikat maka bisa segera didaftarkan melalui pemerintah desa  sehingga tahun depan seluruh lahan yang ada di desa Corawali bisa disertifikasi.

Dijelaskan Kepala BPN, Pemerintah mengadakan program PTSL  tersebut  gunanya antara lain pemilik tanah mendapat pengakuan secara sah dari negara. Kedua,  sertifikat  dapat meningkatkan  nilai ekonomi atau dapat dijadikan agunan di bank sebagai modal.  Dan fungsi ketiga, menurut Kepala Pertanahan,  jika sudah disertifikat tanah tadi, maka  tidak akan ada konflik sosial atas nama lahan. “ Oleh karena itu diharapkan masyarakatnya tambah rukun dan semangat membangun desa Corawali, “ ujar Kepala BPN
Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Pertanahan juga  mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran BPN Kabupaten Barru yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Barru khususnya di Desa Corawali berjalan lancar.

Sementara itu Pemerintah Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa,  Ilham, ST dalam laporannya menyampaikan  untuk dapat menyelesaikan pendaftaran tanah di Desa Corawali, tiap hari pihaknya  harus menyelesaikan rata-rata 15 bidang sampai Bulan Juli.

“ Diharapkan dengan terbentuknya data pertanahan yang lengkap dan akurat, ke depan permasalahan tanah akan semakin berkurang, perencanaan pembangunan akan semakin mudah, “ ucap Ilham.

Ditambahkan Sekdes Corawali Dalam penyerahan Perdana PTSL secara Simbolis ini ada 55 Sertifikat yang di berikan secara langsung yang terdiri dari 15 Dusun Alappang, 20 Dusun Aluppangnge dan 20 Dusun Ance.Untuk sisanya akan dijadwalkan dalam waktu dekat lagi.”Tutupnya.
Foto Berita
Desa Corawali Adakan Pemilihan Anggota BPD

07 Juli 2021

Warga Desa Corawali, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru mengadakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu 7 Juli 2021.

Ketua Panitia Pemilihan BPD, Harfiah mengatakan pada pemilihan ini di bagi 3 Zona untuk Keterwakilan Wilayah dan 1  zona untuk keterwakian Perempuan menyesuaikan Peraturan Bupati

 “Dari 3 zona yang sebelumnya kita lakukan penjaringan ada 9 calon anggota BPD yang hari ini dipilih oleh warga dan selanjutnya akan terpilih 7 orang,” katanya.

Dalam pemungutan suara ini ada 160 warga yang berhak menggunakan hak suaranya. Di zona 01 Alappang ada 40 pemilih. Kemudian Zona 02 Ance ada 40 pemilih, Zona 03 Aluppangnge sebanyak 40 pemilih dan keterwakilan Perempuan ada 40 pemilih.Khusus untuk Wilayah Alappang dan Ance hanya akan dilakukan Musyawarah Penetapan Anggota BPD Terpilih tanpa pemilihan dikarenakan Kuota Kursi yang ada sesuai dengan Jumlah yang mendaftar meskipun Waktu pendaftaran terlah di perpanjang.Hanya Keterwakilan Perempuan dan Keterwakilan Wilayah Aluppangnge yang akan melaksanakan Pemilihan hari ini.

“Sejak pemungutan suara dibuka mulai pukul 09.00 WIT, animo masyarakat untuk memilih wakilnya cukup tinggi itu dibuktikan dengan Persentase Kehadiran Pemilih diatas 90% untuk Perempuan dan Pemilih Keterwakilan Wilayah mencapai 100% atau hadir semua,dan kami bersyukur mulai tahapan penjaringan hingga pelaksanaan pemungutan suara semuanya berjalan lancar,” tandasnya.

Adapaun Hasil Perolehan Suara BPD Desa Corawali sebagai Berikut:

  • Keterwakilan Perempuan :

1.    Hj. Musdalifah                 : 9 Suara

2.    Rohana Nur Hasanah      : 28 Suara

Untuk Keterwakilan Wilayah Aluppangnge

1.    Muh. Rusdin          : 24 Suara

2.    A. Kamaruddin      : 11 Suara

3.    Saenal A                 : 4 Suara

Foto Berita
Keluarga Besar Pemdes Corawali Ucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-75

01 Juli 2021

Keluarga besar Pemdes Corawali Kecamatan Tanete Rilau dalam upaya menjalin kemitraan serta kerjasama dengan pihak Kepolisian, pihaknya mengungkapkan rasa suka cita dengan cara mengucapkan selamat Hari Bhayangkara. Kamis 1/07/2021.

Bertempat di kantor desa Corawali, Muhammad Ilyas Banno selaku Kades bersama perangkat desa, disela-sela jam kerja mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 75.

“Kami mengucapkan terimakasih serta memberikan apresiasi terhadap kinerja Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga terwujudnya situasi yang aman dan kondusif.

Dengan kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat, khususnya Bhabinkamtibmas dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga yang menjalankan aktivitasnya setiap hari,” Ujar Kades Corawali.

Dia menilai Bhabinkamtibmas yang ada disetiap desa merupakan sebuah solusi dalam menjaga kamtibmas serta menjadi mitra pihak Pemdes dalam hal pengawasan dana desa,”Pungkasnya. 

Foto Berita
Tingkatkan SDM , TA P3MD Barru dan Pengurus BUMDes se- Kecamatan Tanete Rilau Gelar Bimtek

01 Juli 2021

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan kegiatan perekonomian masyarakat dalam skala mikro desa yang dikelola oleh masyarakat bersama Pemerintah Desa.

BumDes dibentuk untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, serta Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas SDM baik dari pengelola BUMDes maupun dari pengawas BUMDes.

Sehingga guna tercapainya wacana tersebut maka melalui Tenaga Ahli P3MD bersama pengurus Bumdes Se- Kecamatan Tanete Rilau  menggelar bimtek penguatan manajemen Bumdes serta Pembahasan Program Kerja bertempat di kantor desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau ,Kamis 1/07/2021.

Pada kesempatan itu Tenaga ahli kabupaten Novi saat memberikan materi mengatakan , “Demi kemajuan badan usaha milik desa perlu ada peningkatan BUMDES. Agar kedepannya bumdes ini bisa berkembang lebih baik, mulai pengelolaan administrasi, dsb ,” ucapnya.

Selain itu ia berharap, apa yang di sampaikan bisa menjadi penguat dalam pengurusan BUMDES terutama dalam hal Pengelolaan Keuangan lewat Program Kerja, ” Semoga materi yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kalian,” ungkap nya

Terpisah, Sekretaris Desa Corawali Ilham mengatakan, Tujuan bimtek untuk memaksimalkan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang telah disepakati bersama dan juga Bimtek dapat memberikan pemahaman dalam penyusunan laporan hasil pengawasan agar dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya sangat memandang penting adanya Bimtek ini agar nantinya BUMDes yang dilaksanakan betul-betul pada jalur dan tujuan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat desa sesuai dengan PP 11 Tahun 2021,” ujarnya.

Ilham menambahkan, Dengan adanya kegiatan bimtek penguatan  ini di harapkan Bumdes di Kecamatan Tanete Rilau dapat berkembang.

“Semoga Bumdes di Kecamatan Tanete Rilau dapat berkembang dengan baik seperti apa yang menjadi target dari pemerintah pusat. Dalam kesempatan itu pula tak lupa Ilham mengucapkan  terima kasih kepada tenaga ahli kabupaten Ibu Novi yang sudah memberikan materi kepada pengurus BUMDES Se Kecamatan Tanete Rilau,” tutupnya 

Foto Berita
Jum’at Berkah, FGMC Peduli dan IBS Bagikan Sembako Kepada Kaum Dhuafa

26 Maret 2021

Corawali – Bertujuan untuk membantu warga Masyarakat yang kurang beruntung, Pengurus Generasi Muda Corawali (FGMC) melalui FGMC Peduli dan Indahnya Berbagi Sesama (IBS) melakukan pembagian sembako dalam Program “Jumat Berkah,” Tersebar di Beberapa Dusun yang ada di Desa Corawali. Jum’at (26/3/2021).

Dewan Pembina FGMC, Kamaruddin Kasau menjelaskan bahwa kegiatan ini baru pertama kali di laksanakan dan in sya allah ke depan akan rutin di laksanakan.Untuk sementara sasaranya di Desa Corawali karena FGMC berlokasi di Corawali dan Ke Depan akan menyusur Desa desa yang lain.

“Kita melakukan kegiatan Jumat Berkah ini tujuannya, yang pertama tentunya berbagi untuk masyarakat yang kurang,” ungkap Kamaruddin.

“Bahwa kegiatan ini pertama kali di laksanakan,” imbuhnya.

Kamaruddin bersyukur karena ada donatur yang mempercayakan kepada FGMC Peduli, untuk menyalurkan bantuan ini.

“Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih kepada donatur yang sudah mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan bantuan ini,” ujar dia.

Ilham mewakili Pemerintah Desa dan juga salah satu Pembina FGMC mengatakan bahwa FGMC tidak hanya aktif berprestasi dibidang seni dan olahraga. Namun juga kegiatan sosial. Kini, hingga tahun ke 2 musibah pandemi corona Covid-19 tetap melakukan beragam kegiatan sosial, seperti Baksos, kerja bakti dan yang lain.

Pada Baksos kali Teman – Teman dari FGMC membagikan sembako kepada masyarakat yang dianggap membutuhkan. Ada yang dibagikan di jalan-jalan, tapi juga ada yang diantarkan langsung ke rumahnya. “Menarik sekali, program kegiatan ini disambut penuh antusias, “Ujar Ilham.

Dalam kegiatan jumat berkah tanggal 26 Maret 2021 ini, telah disalurkan sebanyak Kurang Lebih 50 bingkisan yang diberikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan, baik dari kalangan Anak yatim dan warga yang kurang beruntung. Dan bantuan tersebut sudah diterima langsung oleh mereka.

 

Foto Berita
Terpilih Secara Aklamasi, Ariadi Said Pimpin FGMC Desa Corawali

24 Maret 2021

Barru, NewsMetropol – Forum Generasi Muda Corawali (FGMC), menggelar Rapat pemilihan ketua dan pembentukan pengurus baru, untuk masa bhakti 2021-2025. Berdasarkan keputusan yang telah disepakati dalam rapat tersebut, Ariadi Said terpilih sebagai Ketua secara aklamasi, menggantikan Ketua lama Said Abdullah, yang telah berakhir masa bhaktinya, 2016-2021.

Rapat yang dihadiri oleh pengurus lama dan seluruh anggota FGMC itu, digelar di Cafe Laguna, Pantai Laguna, Desa Paopao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, pada Senin Malam (22/2).

Ketua terpilih Ariadi Said menjelaskan bahwa, FGMC adalah sebuah forum yang didalamnya sebahagian besar adalah pemuda pemudi di Desa Corawali, Kecamatan Tanete Rilau.

Menurutnya, FGMC ini adalah merupakan satu wadah bagi para pemuda khususnya di Desa Corawali, untuk melakukan berbagai kegiatan, utamanya kegiatan sosial dan kepemudaan.

“Pasca Rapat pemilihan Ketua dan Pengurus, kami telah menyiapkan sejumlah program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan melalui FGMC ini.

“Kegiatan pertama yaitu latihan ceramah rutin setiap malam Rabu. InsyaAllah, kami juga akan melaksanakan berbagai kegiatan kegiatan keagamaan lainnya,” ujarnya.

Ariadi menambahkan bahwa, pada peringatan hari peringatan HUT RI., 17 Agustus yang lalu, FGMC mengadakan berbagai macam lomba atau pertandingan olahraga antar Dusun se Desa Corawali.

“Berbagai macam kegiatan lomba dan pertandingan telah kami adakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI. Namun yang paling berkesan bagi kami adalah pada saat FGMC mengadakan Lomba Taxi Gabah Bupati Cup, untuk pertama kalinya di Kabupaten Barru. Alhamdulillah..Lomba tersebut, sukses kami gelar selama 3 tahun berturut turut,” pungkasnya.

Sumber: https://newsmetropol.com/terpilih-secara-aklamasi-ariadi-said-pimpin-fgmc-desa-corawali/

Foto Berita
Secara Virtual, Pemerintah Desa Corawali Ikuti Upacara Virtual HUT Barru ke-61

09 Maret 2021

Pemerintah Desa  Corawali mengikuti upacara HUT Kabupaten Barru ke-61 tahun 2021 dari Kantor Desa secara virtual pada Selasa, (9/3/2021) pagi. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Kabupaten Barru Tahun 2021 mengambil tema "Percepatan dan Pemulihan Ekonomi dan Sosial untuk Barru yang lebih maju dan sejahtera".

 

Bupati Barru bersama forkopimda, para pejabat di lingkup Pemkab Barru bersama mengikuti upacara tersebut di Menara Lantai 6 Tower MPP.

 

Meski upacara ditengah pandemi covid-19 ini dilaksanakan dengan sederhana dengan undangan terbatas dan secara virtual, namun suasana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan agenda HUT ke-61 Kabupaten Barru.

 

Kegiatan upacara yang diikuti secara khidmad diikuti juga oleh seluruh Desa se- Kabupaten Barru dimulai pukul 09.00 WITA tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

 

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam HUT Ke-61 Kabupaten Barru oleh Desa Corawali yakni Doa dan Dzikir di Mesjid Fathul Iman Dusun Alappang, dan Menaikkan Umbul – umbul di setiap Rumah. Pelaksanaan tersebut juga digelar mulai 5 - 11 Maret mendatang.

 

Untuk rangkaian kegiatan HUT Barru ke-61 kali ini yang ditiadakan ditengah pandemi virus corona antara lain Karnaval Budaya dan Festival to Berru.

 

Demikian informasi yang disampaikan Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST.