Beri Anak Ruang Dalam Pembangunan, Pemdes Corawali dan Forum Anak Desa Gelar Musrenbang Anak

01 September 2021

Foto Berita

Selama ini keterlibatan anak dalam setiap pengambilan keputusan terutama dalam pembangunan masih kurang. Padalah anak menjadi salah satu obyek dalam setiap pelaksanaan pembangunan. Untuk itu Pemerintah Desa Corawali bersama Forum Anak Desa Corawali memberikan ruang penuh keterlibatan anak dalam setiap pembangunan salah satunya dengan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) anak.  Musrenbang anak yang di gelar ini melibatkan seluruh Perwakilan Anak di Setiap Dusun yang ada di Desa Corawali dari Semua Tingkatan Pendidikan dari SD, SLTP dan SMA dilaksanakan Rabu (1/9) di Kantor Desa Corawali. Musrenbang Anak ini dihadiri Kepala Desa Corawali, DPMPDPPKBAPPPA, Babinsa Desa Corawali, Perwakilan BPD, Forum Anak Colliq Pujie dan Forum Anak Kecamatan Tanete Rilau.

 

Kepala Desa Corawali Muhammad Ilyas Banno dalam sambutan menyampaikan musrebang anak ini diharapkan sebagai jembatan untuk memenuhi kepentingan anak dalam setiap pembangunan. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat mengakomodir kepentingan anak. Dengan adanya Musrembang Anak ini anak-anak benar-benar harus dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan yang segala sesuatunya berhubungan dengan dirinya. Hal ini diharapkan hasil pembangunan benar-benar dapat dinikmati dan manfaatnya dapat dirasakan oleh anak-anak. Ini juga merupakan salah satu untuk mewujudkan Kabupaten Barru menjadi Kota Layak Anak (KLA). Untuk mewadahi semua itu Pemerintah Desa Corawali juga telah membentuk FAD yang menjadi Pelaksana pada Kegiatan ini.

 

Ketua Forum Anak Desa Corawali Nur Ihsanul Ameliah yang biasa disapa Amel menyampaikan musrenbang anak yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Corawali terhadap kepentingan anak. Melalu gerakan edukasi melalui partisipasi anak (Gempita) melatih anak untuk menyampaikan pendapat dalam proses perencanaan pembangunan. "Pemerintah Desa Corawali sangat memahami peran anak dalam pembangunan. Sehingga kami anak-anak di Desa Corawali diberi kesempatan untuk turut dalam setiap proses pembangunan salah satunya melalui musrenbang anak," ujarnya. Karena melalui musrenbang anak-anak dapat menyampaikan ide-ide kreatif dalam proses pembangunan di Desa Corawali sehingga hasil pembangunan sesuai dengan keinginan anak.

 

Sekretaris Desa Corawali Ilham menyampaikan musrenbang anak ini untuk melatih anak mengeluarkan pendapat dalam setiap forum salah satunya dalam musrenbang di desa. Sehingga apa yang menjadi harapan anak dalam pembangunan dapat di akomodir dalam setiap proses pembangunan

 

Berita Terkait

Foto Berita
Pendistribusian buku tabungan dan KKS Sembako PPKM 2021 Desa corawali

29 November 2021

Corawali- Pemerintah Desa Corawali Melakukan Pendistribusian Buku Tabungan (Butab) dan KKS Sembako PPKM 2021 Di aula kantor desa corawali, Senin, (29/11/2021)

Pendistribusian Buku tabungan dan KKS Sembako PPKM 2021 yang didistribusikan setiap bulannya diberikan kepada 110 masyarakat desa corawali yang terdiri dari 43 masyrakat dari Dusun Ance, 44 masyarakat dari dusun aluppangnge, dan 23 masyarakat dari dusun alappang , Hadir dalam  pembukaan pendistribusian ini, Pemerintah  Desa corawali, perwakilan Dinsos (Dinas Sosial) ,dan Himbara (Himpunan Bank-bank milik negara)

Sekertaris Desa Ilham S.T., mengapresiasi pihak HIMBARA (Himpunan Bank-bank milik negara) dalam hal ini sebagai penyalur dani juga berharap dengan adanya buku tabungan ini dapat membantu meringankan perekonomian masyarakat terutama dalam kondisi covid 19 pada saat ini. (Humas corawali)

Foto Berita
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa corawali gelar MUSDes

18 November 2021

Corawali-Badan perwakilan desa (BPD) bersama pemerintah desa corawali mengelar Musyawarah Desa (MUSDES) II pembahasan dan penetapan (RKPDes) dalam Rangka Penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 di aula kantor desa corawali, Kamis, (18/11/2021) 

Hadir dalam Musyawarah Desa (MUSDES) II, Perwakilan Camat, Perwakilan BAPPEDA, PERWAKILAN DPMB, PPKB, PPPA, Kepala desa corawali, ketua BPD, ibu pkk, unsur pemerintah desa dan tokoh masyarakat. MUSDes II ini bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sumber daya untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang. Dalam pembahasan MUSDes II ada beberapa Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang diusulkan berdasarkan hasil perengkingan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) jum'at lalu (12/11/2021) kemudian di sesuaikan 

Muhammad ilyas banno (kepala desa corawali) dalam sambutannya menyampaikan Ingin Menetapkan Usulan yg telah di Sepakati pada saat Musrembang Sebelumnya untuk kemudian di Bahas Bersama dengan BPD Serta mendengar Masukan Dari Tim Pembina Dari Kabupaten dalam hal ini DPM, DPPKB, PPPA dan BAPPEDA Sekaitan dgn Kegiatan yg akan di Laksanakan di Desa maupun yg akan di bawa ke Kecamatan terutama terkait Posisi di OPD dan Nama Kegiatan yg di maksud apakah Sudah Sesuai atau Tidak.(Humas Corawali)

Foto Berita
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Desa Corawali Gelar Senam Sehat

12 November 2021

Untuk menunjang aktifitas warga dan mengolah ragakan masyarakat atau  memasyarakatkan olah raga, Desa Corawali menggelar berbagai aktifitas guna untuk kebugaran tubuh, serta  meningkatkan daya tahan tubuh meski di tengah Pandemi. Untuk itu kita melakukan senam sehat khususnya bagi  para ibu-ibu di Desa ini.

Kegiatan ini, sudah menjadi agenda Rutinitas Desa Corawali, sesuai Visi-Misi guna untuk menyemarakkan  aktifitas warga.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa Corawali Ilham saat di konfirmasi di Kantor Desa Corawali, Jum’at, 12 November 2021.

Lanjut Ilham mengatakan, kegiatan Senam Sehat ini di lakukan, guna untuk lebih mempererat hubungan  silaturrahmi warga, dan di samping itu untuk membudayakan olah raga, guna untuk kesehatan.

Kegiatan senam sehat ini di lakukan tiga kali sebulan, dan pelaksanaannya di lakukan setiap hari Jum’at sore, dan  senam sehat ini di dominasi kaum ibu-ibu.

Di katakan Ilham, selain Senam, juga berbagai aktifitas para anak muda di daerah ini.

Tujuan lain dari senam sehat ini adalah untuk ketahanan tubuh di tengah Pandemi, di samping menghilangkan  rasa kebosangan di rumah. Kegiatan senam ini di sambut baik oleh masyarakat, ungkap Ilham.