Door To Door ke Rumah , Pemdes Corawali Salurkan BLT- DD Tahap IX

03 September 2021

Foto Berita

Sebanyak 222 KK warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten  Barru kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IX, Jum’at  (3/9/2021).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ini diantarkan langsung kerumah rumah warga penerima secara door to  door oleh Pemerintah Desa Corawali., yang disaksikan oleh Tim Relawan Desa Lawan Covid-19.


Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST. menyampaikan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap  IX ini tidak lagi dipusatkan di Kantor Desa seperti pada penyaluran tahap Sebelumnya untuk menghindari Kerumunan Massa di Kantor Desa di Masa Pandemi Ini apalgi kita di Kabupaten Barru masih Status Level 3..


“Kita laksanakan Penyaluran BLT Dana Desa tahap IX ini, dengan mengunjungi dan mengantarkan langsung ke rumah penerima, ini sudah Bulan ketiga kita Door to Door “Kata Ilham.


Disamping ingin lebih dekat dengan masyarakat, saya rasa ini adalah wujud pelayanan kami sebagai Pemerintah  Desa kepada masyarakat penerima BLT selama pandemi covid-19, tambahnya.


Lebih lanjut Ilham menambahkan bahwa jumlah penerima BLT- DD ini, sesuai hasil Musyawarah Desa (MUSDES) dengan agenda tunggal validasi dan penetapan calon penerima BLT itu awalnya 224 KK. Selain itu, kami juga menyerahkan Bantuan Sabun Batang dan Handszanitizer kepada Para Warga sebagai bagian dari Pencegahan Penularan Covid-19 yang merupakan Realisasi dari 8% PPKM Mikro yang berasal dari Dana Desa.Pada Bulan sebelumnya telah di bagikan juga Masker kepada Para Masyarakat


Namun pada penyaluran tahap sebelumnya yang lalu, 2 KK meninggal dunia, sehingga jumlah penerima BLT DD tahap ini itu  berjumlah 222 KK.


Mengakhiri keterangannya ia berharap, agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini bisa dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya oleh para penerima.


“Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” Pungkas Ilham Sekdes Corawali. 

Berita Terkait

Foto Berita
BPD Desa Corawali Gelar Musdes Pembentukan Panitia Pilkades

02 Agustus 2022

Corawali – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Corawali, Kecamatan Tanete Rilau melaksanakan  Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan dan pelantikan panitia pemilihan Kepala Desa (PPKD) yang bertempat di Kantor Desa Corawali, Selasa (02/08/2022).

Musyawarah ini dipimpin oleh Ketua BPD Corawali Irwan dan dihadiri oleh Kepala Desa Corawali, Muhammad Ilyas Banno, Babinsa, PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda setempat.

Ketua BPD Desa Corawali Irwan mengatakan bahwa musyawarah ini merupakan salah satu tahapan dalam pemihan kepala desa (pilkades) serentak untuk memilih panitia pilkades di desa yang akan menjalankan fungsinya selaku penyelenggara pilkades.

Dalam pemilihan PPKD ini pihaknya melibatkan seluruh unsur terkait untuk memberikan masukan dan saran untuk memilih PPKD yang mampu bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Dari musdes ini berdasarkan kesepakatan bersama, akhirnya terpilih sebanyak 7 orang PPKD yang pada saat itu juga langsung dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua BPD Desa Corawali.

“Alhamdulillah hari ini kita laksanakan musyawarah untuk memilih PPKD dan berdasarkan kesepakatan bersama ada 7 orang yang terpilih. Mereka ini berasal dari perangkat desa, tokoh pendidik, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” tuturnya.

Irwan berharap kepada panitia yang terpilih tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik, amanah, dan penuh semangat serta keikhlasan. Iapun berharap selama tahapan Pilkades situasi keamanan selalu kondusif, tertib, dan lancar.

Sementara itu Kepala Desa Corawali Muhammad Ilyas Banno mengungkapkan rasa senang dan apresiasi kepada BPD dan warga setempat yang secara mufakat memilih PPKD.

“Kita harap suasana aman dan damai seperti ini tetap terjaga dalam setiap tahapan pilkades hingga pada penetapan hasil pilkades nantinya,” jelasnya.

Ia menitip pesan kepada PPKD agar bekerja dengan amanah, penuh tanggung jawab, menjaga netralitas serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Kami harap semua panita yang terpilih menjaga netralitas, apalagi pilkades ini sangat riskan terjadi gejolak. Kami dari Pmerintah Desa akan turun untuk melakukan pemantauan persiapan pilkades ini, ” tukasnya.

Bukan hanya di desa Corawali, 28 desa lainnya saat ini merampungkan tahapan pembentukan PPKD oleh BPD masing-masing. Setelah ini, tahapan berikutnya yakni Bimbingan Teknis (bimtek) bagi seluruh PPKD untuk mengetahui tugas dan fungsinya selama tahapan pilkades.

 

Foto Berita
Satuan Binmas Polres Barru Berikan Penyuluhan Kamtibmas Kepada Warga Desa Corawali

28 Juli 2022

Corawali –Satuan Binmas Polres Barru Polda Sul Sel melaksanakan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat di Kantor Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau, pada Rabu (27/07/2022) Siang.

Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan oleh Kasat Binmas – AKP Syarifuddin, S.H bersama BRIPKA Syukri PS. Kaur Mintu Sat Binmas.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Corawali bersama Perangkat dan Staf, para Kepala Dusun, BPD, pemuka masyarakat, tokoh agama, serta warga setempat.

Pembinaan dan Penyuluhan itu, meliputi Harkamtibmas tentang menjaga keamanan lingkungan dan menggiatkan kembali fungsi Poskamling, bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjerat UU ITE, Penyalahgunaan Narkoba, hingga Tertib berlalu lintas.

Dalam memberikan penyuluhan Kamtibmas kepada masyarakat Desa Corawali, Kasat Binmas – AKP Syarifuddin, S.H sangat mengapresiasi kinerja 3 pilar Kantibmas Desa Corawali dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah desa setempat.

dikatakan AKP Syarifuddin, S.H, peran serta masyarakat dalam membina keamanan, ketertiban, dan bekerja sama dalam menjaga Kamtibmas di lingkungannya dalam masa pandemi Covid-19. dirinya berharap agar keberadaan Poskamling dapat diaktifkan dan difungsikan sehingga dapat meminimalisir tindak kejahatan.

“kegiatan penyuluhan ini digelar untuk menjalin silaturahmi polisi dengan masyarakat sehingga terwujudnya wilayah aman dan kondusif,” ucap Kasat Binmas.

AKP Syarifuddin, S.H,, sekaligus mengingatkan kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos) seperti mengunggah photo dan membuat status di Facebook, twitter, instagram, maupun whatsapp.

“hal ini penting, agar kita tidak terjerat dengan UU ITE akibat dari ketidakpahaman kita tentang batasan dan larang dalam memposting sesuatu di ruang publik”, pinta AKP Syarifuddin, S.H,

Foto Berita
Pemdes Corawali Gelar Penyuluhan Bahaya Pernikahan Dini

27 Juli 2022

Corawali, - Bertempat di Kantor Desa Corawali Kec. Tanete Rilau, Pemerintah Desa Corawali menggelar kegiatan Penyuluhan Bahaya Pernikahan Dini, Selasa, 27 Juli 2022.

Kepala DPMDPPKBPPPA Jamaluddin S.Sos  berkesempatan menjadi narasumber yang menurut Kepala Desa Corawali, program ini merupakan usulan masyarakat pada Musyawarah Desa Tahun Lalu.

 

Kepala DPMDPPKBPPPA Jamaluddin S.Sos  dalam paparan materinya menyampaikan bahwa pernikahan di usia dini sangat penting untuk dihindari karena bahayanya sangat besar, yaitu menghilangkan masa muda anak untuk melanjutkan pendidikan, merusak masa depan anak, secara fisik dan psikis menjadi suami dan istri bahkan orang tua serta sistem reproduksi belum siap untuk hamil dan melahirkan serta sangat rawan kematian ibu dan anak.

 

Untuk itu, lanjut Jamaluddin, bahwa orang tua, pendidik, penyuluh maupun tokoh-tokoh masyarakat harus berperan aktif mensosialisasikan bahaya dan mencegah terjadinya pernikahan dini ini.

 

Dalam kegiatan yang dihadiri para kepala dusun, dan sejumlah majelis taklim itu, DPMDPPKBPPPA juga mensosialisasikan masalah-masalah pernikahan lainnya yang dilayani DMDPPKBPPPA. 

 

Turut hadir Kepala Desa Corawali serta Anggota BPD Desa Corawali.