Secara Virtual, Pemerintah Desa Corawali Ikuti Upacara Virtual HUT Barru ke-61

09 Maret 2021

Foto Berita

Pemerintah Desa  Corawali mengikuti upacara HUT Kabupaten Barru ke-61 tahun 2021 dari Kantor Desa secara virtual pada Selasa, (9/3/2021) pagi. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Kabupaten Barru Tahun 2021 mengambil tema "Percepatan dan Pemulihan Ekonomi dan Sosial untuk Barru yang lebih maju dan sejahtera".

 

Bupati Barru bersama forkopimda, para pejabat di lingkup Pemkab Barru bersama mengikuti upacara tersebut di Menara Lantai 6 Tower MPP.

 

Meski upacara ditengah pandemi covid-19 ini dilaksanakan dengan sederhana dengan undangan terbatas dan secara virtual, namun suasana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan agenda HUT ke-61 Kabupaten Barru.

 

Kegiatan upacara yang diikuti secara khidmad diikuti juga oleh seluruh Desa se- Kabupaten Barru dimulai pukul 09.00 WITA tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

 

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam HUT Ke-61 Kabupaten Barru oleh Desa Corawali yakni Doa dan Dzikir di Mesjid Fathul Iman Dusun Alappang, dan Menaikkan Umbul – umbul di setiap Rumah. Pelaksanaan tersebut juga digelar mulai 5 - 11 Maret mendatang.

 

Untuk rangkaian kegiatan HUT Barru ke-61 kali ini yang ditiadakan ditengah pandemi virus corona antara lain Karnaval Budaya dan Festival to Berru.

 

Demikian informasi yang disampaikan Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST.

 

Berita Terkait

Foto Berita
Door To Door ke Rumah , Pemdes Corawali Salurkan BLT- DD Tahap IX

03 September 2021

Sebanyak 222 KK warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten  Barru kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IX, Jum’at  (3/9/2021).


Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ini diantarkan langsung kerumah rumah warga penerima secara door to  door oleh Pemerintah Desa Corawali., yang disaksikan oleh Tim Relawan Desa Lawan Covid-19.


Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST. menyampaikan bahwa penyaluran BLT Dana Desa tahap  IX ini tidak lagi dipusatkan di Kantor Desa seperti pada penyaluran tahap Sebelumnya untuk menghindari Kerumunan Massa di Kantor Desa di Masa Pandemi Ini apalgi kita di Kabupaten Barru masih Status Level 3..


“Kita laksanakan Penyaluran BLT Dana Desa tahap IX ini, dengan mengunjungi dan mengantarkan langsung ke rumah penerima, ini sudah Bulan ketiga kita Door to Door “Kata Ilham.


Disamping ingin lebih dekat dengan masyarakat, saya rasa ini adalah wujud pelayanan kami sebagai Pemerintah  Desa kepada masyarakat penerima BLT selama pandemi covid-19, tambahnya.


Lebih lanjut Ilham menambahkan bahwa jumlah penerima BLT- DD ini, sesuai hasil Musyawarah Desa (MUSDES) dengan agenda tunggal validasi dan penetapan calon penerima BLT itu awalnya 224 KK. Selain itu, kami juga menyerahkan Bantuan Sabun Batang dan Handszanitizer kepada Para Warga sebagai bagian dari Pencegahan Penularan Covid-19 yang merupakan Realisasi dari 8% PPKM Mikro yang berasal dari Dana Desa.Pada Bulan sebelumnya telah di bagikan juga Masker kepada Para Masyarakat


Namun pada penyaluran tahap sebelumnya yang lalu, 2 KK meninggal dunia, sehingga jumlah penerima BLT DD tahap ini itu  berjumlah 222 KK.


Mengakhiri keterangannya ia berharap, agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini bisa dimanfaatkan  dengan sebaik-baiknya oleh para penerima.


“Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” Pungkas Ilham Sekdes Corawali. 

Foto Berita
Beri Anak Ruang Dalam Pembangunan, Pemdes Corawali dan Forum Anak Desa Gelar Musrenbang Anak

01 September 2021

Selama ini keterlibatan anak dalam setiap pengambilan keputusan terutama dalam pembangunan masih kurang. Padalah anak menjadi salah satu obyek dalam setiap pelaksanaan pembangunan. Untuk itu Pemerintah Desa Corawali bersama Forum Anak Desa Corawali memberikan ruang penuh keterlibatan anak dalam setiap pembangunan salah satunya dengan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) anak.  Musrenbang anak yang di gelar ini melibatkan seluruh Perwakilan Anak di Setiap Dusun yang ada di Desa Corawali dari Semua Tingkatan Pendidikan dari SD, SLTP dan SMA dilaksanakan Rabu (1/9) di Kantor Desa Corawali. Musrenbang Anak ini dihadiri Kepala Desa Corawali, DPMPDPPKBAPPPA, Babinsa Desa Corawali, Perwakilan BPD, Forum Anak Colliq Pujie dan Forum Anak Kecamatan Tanete Rilau.

 

Kepala Desa Corawali Muhammad Ilyas Banno dalam sambutan menyampaikan musrebang anak ini diharapkan sebagai jembatan untuk memenuhi kepentingan anak dalam setiap pembangunan. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat mengakomodir kepentingan anak. Dengan adanya Musrembang Anak ini anak-anak benar-benar harus dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan yang segala sesuatunya berhubungan dengan dirinya. Hal ini diharapkan hasil pembangunan benar-benar dapat dinikmati dan manfaatnya dapat dirasakan oleh anak-anak. Ini juga merupakan salah satu untuk mewujudkan Kabupaten Barru menjadi Kota Layak Anak (KLA). Untuk mewadahi semua itu Pemerintah Desa Corawali juga telah membentuk FAD yang menjadi Pelaksana pada Kegiatan ini.

 

Ketua Forum Anak Desa Corawali Nur Ihsanul Ameliah yang biasa disapa Amel menyampaikan musrenbang anak yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Corawali terhadap kepentingan anak. Melalu gerakan edukasi melalui partisipasi anak (Gempita) melatih anak untuk menyampaikan pendapat dalam proses perencanaan pembangunan. "Pemerintah Desa Corawali sangat memahami peran anak dalam pembangunan. Sehingga kami anak-anak di Desa Corawali diberi kesempatan untuk turut dalam setiap proses pembangunan salah satunya melalui musrenbang anak," ujarnya. Karena melalui musrenbang anak-anak dapat menyampaikan ide-ide kreatif dalam proses pembangunan di Desa Corawali sehingga hasil pembangunan sesuai dengan keinginan anak.

 

Sekretaris Desa Corawali Ilham menyampaikan musrenbang anak ini untuk melatih anak mengeluarkan pendapat dalam setiap forum salah satunya dalam musrenbang di desa. Sehingga apa yang menjadi harapan anak dalam pembangunan dapat di akomodir dalam setiap proses pembangunan

 

Foto Berita
Penyerahan Sertifikat Tanah Hasil PTSL 2021 Di Desa Corawali

19 Agustus 2021

Corawali-Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Barru Daud Wijaya Sitorus,S.P., M.Si  menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah program  PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) kepada warga Desa Corawali Kecamatan Tanete Rilau pada Kamis ( 19/08 ) di Kantor Desa  Corawali.  Acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Barru Tahun 2021 Desa Corawali  ini dihadiri oleh Plt. Camat Tanete Rilau Akmaluddin, S.STP,.M.Si, Kapolsek Tanete Rilau IPTU Aspar Hakim, SH,MH, Babinsa Desa Corawali Serka Hasanuddin, Sekretaris Desa Corawali Ilham, ST, dan tokoh masyarakat Corawali  serta warga setempat.

Usai  penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara simbolis, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Barru dalam sambutannya mengatakan,  bagi warga Desa Corawali yang mempunyai  tanah yang belum disertifikat maka bisa segera didaftarkan melalui pemerintah desa  sehingga tahun depan seluruh lahan yang ada di desa Corawali bisa disertifikasi.

Dijelaskan Kepala BPN, Pemerintah mengadakan program PTSL  tersebut  gunanya antara lain pemilik tanah mendapat pengakuan secara sah dari negara. Kedua,  sertifikat  dapat meningkatkan  nilai ekonomi atau dapat dijadikan agunan di bank sebagai modal.  Dan fungsi ketiga, menurut Kepala Pertanahan,  jika sudah disertifikat tanah tadi, maka  tidak akan ada konflik sosial atas nama lahan. “ Oleh karena itu diharapkan masyarakatnya tambah rukun dan semangat membangun desa Corawali, “ ujar Kepala BPN
Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Pertanahan juga  mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran BPN Kabupaten Barru yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Barru khususnya di Desa Corawali berjalan lancar.

Sementara itu Pemerintah Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa,  Ilham, ST dalam laporannya menyampaikan  untuk dapat menyelesaikan pendaftaran tanah di Desa Corawali, tiap hari pihaknya  harus menyelesaikan rata-rata 15 bidang sampai Bulan Juli.

“ Diharapkan dengan terbentuknya data pertanahan yang lengkap dan akurat, ke depan permasalahan tanah akan semakin berkurang, perencanaan pembangunan akan semakin mudah, “ ucap Ilham.

Ditambahkan Sekdes Corawali Dalam penyerahan Perdana PTSL secara Simbolis ini ada 55 Sertifikat yang di berikan secara langsung yang terdiri dari 15 Dusun Alappang, 20 Dusun Aluppangnge dan 20 Dusun Ance.Untuk sisanya akan dijadwalkan dalam waktu dekat lagi.”Tutupnya.