Bupati Bulukumba Mau Bangun Rock Bar di Sepanjang Pantai Bira

12 Maret 2021

Foto Berita

Bupati Bulukumba Sukri A Sappewali butuh sokongan dana. Untuk memperbaiki infrastruktur pariwisata di Bulukumba.

Bupati Bulukumba Sukri A Sappewali sudah menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Senin (18/1/2021). Sappewali meminta anggaran Rp 90 miliar ke Pemprov Sulsel. "Anggaran tersebut untuk membantu proyek-proyek infrastruktur yang akan dibangun tahun ini," kata Sappewali.

Proyek infrastruktur itu diantaranya pembangunan rock bar yang akan dibangun di sepanjang pinggir Pantai Bira.  "Juga untuk membangun jalan penghubung antara Kecamatan Gantarang dan Kecamatan Bulukumba, penambahan pedestrian Bira, perbaikan tembok Hongkong atau tembok Cina," tambahnya.

Ia mengaku Bulukumba akan menjadi ikon utama Sulsel. Pihaknya sudah menandatangani pengerjaan tol Makassar-Bulukumba yang akan dimulai tahun ini. Menurutnya, anggaran bantuan keuangan daerah senilai Rp 90 miliar tersebut akan cukup untuk memback up kebutuhan pembangunan. Apalagi pengerjaan dilakukan secara bertahap, ditambah dengan anggaran melalui APBD Bulukumba 2021.

Sebelumnya, Plt Kepala Bappelitbanda Sulsel, Junaedi mengatakan, tahun ini Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran penuh sebanyak Rp500 miliar pada APBD 2021. Pemda termasuk Pemkot Makassar diminta mengusulkan program untuk bisa mendapat anggaran dari provinsi. "Tahun ini anggaran untuk bantuan keuangan daerah diplot Rp 500 miliar. Itu untuk membantu infrastruktur yang ada di daerah, misalnya jalan," ucap Junaedi.

Sejauh ini kata Junaedi, pihaknya masih menunggu usulan dari beberapa daerah. Setelah itu Pemprov Sulsel akan merasionalisasi pengajuan tersebut sebelum memberikan bantuan ke daerah. "Belum rampung semua dari daerah, kita tunggu saja dulu usulannya," ujarnya.

Junaedi mengaku, serapan bantuan keuangan tersebut pada tahun 2020 memang minim. Hanya sekitar 40 persen atau Rp200 miliar lebih dari total bantuan Rp 250 miliar pasca adanya refocusing di pertengahan tahun.

Bangun Rock Bar Seperti di Bali

Andi Ayatullah Ahmad, Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bulukumba mengatakan, rock bar yang dimaksud Bupati Bulukumba adalah rock bar seperti di Bali. Rock bar di Bali adalah resort yang dilengkapi dengan fasilitas spa. Dia menduga kemungkinan wartawan mendapatkan informasi atau rilis dari Pemprov Sulsel. Bupati Hanya menyebut rock bar. "Beda dengan bar yang kesannya negatif," kata Ayatullah kepada SuaraSulsel.id, Rabu 20 Januari 2021.

Menurut Ayatullah, Bupati Sukri tidak pernah berniat membangun bar di sepanjang Pantai Bira. "Demikian penyampaian ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih," katanya.

Penjelasan Ayatullah ini sekaligus menjadi hak koreksi dan klarifikasi Pemerintah Kabupaten Bulukumba atas pemberitaan sebelumnya. Menyebut Bupati Bulukumba akan membangun bar di Pantai Bira.

Kontributor : Lorensia Clara Tambing

sumber: https://sulsel.suara.com/read/2021/01/18/203337/bupati-bulukumba-mau-bangun-bar-di-sepanjang-pantai-bira

Berita Terkait

Foto Berita
Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pendataan SDGs Desa Tahun 2021

23 Agustus 2021

Bertempat di Aula Kantor Desa Darubiah telah diadakan Musyawarah Penetapan hasil Pendataan SDGs Desa tahun 2021 yang dihadiri oleh Pemerintah Desa Darubiah, Badan Permusyawaratan Desa(BPD), Pendamping Desa, Babinsa Desa Darubiah dan Tim Pokja Pendata SDGs (Senin,21/06/2021).

"Desa kita telah selesai melaksanakan Pendataan SDGs Desa dan mencapai 100%. Semoga Hasil dari pemutakhiran data desa dapat digunakan sebagai basis penyusunan Rencana Pembangunan Desa dan Daerah. Dengan begitu, program-program yang akan dilaksanakan daerah akan tepat sasaran karena berbasis pada permasalahan dan kebutuhan yang terjadi di desa." tutur Kepala Desa Darubiah, Andi Arlinda dalam sambutannya.

Berdasarkan hasil Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 Desa Dungmiri ada sebanyak 18 RT (Rukun Tetangga), 868 KK (Kepala Keluarga) dan 2869 Individu.

Foto Berita
Ujian atau Tes Calon Perangkat Desa

23 Agustus 2021

Panitia penjaringan dan penyaringan perangkat Desa formasi Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan Kamis (08/04/2021) mengadakan ujian tulis, ujian praktek komputer dan wawancara kepada peserta calon perangkat Desa Darubiah yang sudah mendaftar dan memenuhi segala administrasi. Pada pelaksanaan ujian ini ada 2 nama pendaftar yaitu :

1. Andi Anna Rinayah

2. Winda Eka Sari

Pelaksanaan ujian berlangsung sangat tegang, masing masing peserta di uji kemampuannya dalam mengerjakan soal yang terdiri dari 25 nomor soal pilihan ganda. Ujian praktek komputer menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel dikerjakan dalam waktu 30 menit serta Tes wawancara selama kurang lebih 1 jam.

Foto Berita
Pembekalan Bagi Tim Relawan Pokja Pemutakhiran Data IDM SDGs Desa

23 Agustus 2021

Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Desa atau (tujuan pembangunan berkelanjutan desa) di Desa Darubiah Kamis (08/04/2021) mengadakan pembekalan. Acara pembekalan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Darubiah yang dihadiri oleh 27 peserta yang dimulai pukul 14:00 hingga 17.00 WITA. Pesertanya terdiri atas perangkat desa, ketua RT dan tim pendataan masing-masing RT. Acara ini mengundang Pendamping desa, Ir. Sunandar Syam sebagai narasumber pada pembekalan pemutakhiran data IDM.

Dalam pembekalan, tim pendataan dibimbing untuk mengisi lembar kuesioner dan dilatih untuk bisa input secara online hasil pendataanya melalui aplikasi SDGs Desa dari Kementrian Desa yang di install di hp android. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

Setiap tim pendata diberikan ATK sebagai pelengkap saat melaksanakan kunjungan ke rumah warga. Tugas tim pendata adalah mengisi kuesioner untuk keluarga (rumah tangga) dan kuesioner untuk individu. Isi kuesioner untuk keluarga mencakup deskripsi lokasi, deksripsi keluarga, dan deskripsi permukiman. Sedangkan isi kuesioner untuk individu mencakup deskripsi individu, deskripsi pekerjaan, deskripsi kesehatan dan deskripsi pendidikan.