Seribu Penerima Bantuan Vaksinasi, Hasnah Syam : Untuk Percepatan Terbentuknya Herd Immunity

15 Agustus 2021

Foto Berita

Barru, Setelah sejak awal berjibaku mendatangkan beragam jenis bantuan ke Daerah Pemilihannya, Anggota DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam, MARS, kali ini memberikan bantuan Vaksinasi Covid-19 terhadap seribu penerima manfaat di beberapa titik Se-Kabupaten Barru, yang salah satunya dilayani di Baruga Singkeru Ada’e, Barru, Jumat (23/7/2021).

“Vaksinasi ini adalah bagian penting dalam kampanye memenangkan Perang Melawan Pandemi C-19, utamanya di Barru, agar kita segera mencapai batas herd immunity secara bersama dan dapat segera beralih fokus ke pemulihan ekonomi, Insya Allah,” harap Hasnah Syam yang dikalangan masyarakat familiar disapa “Bu Dokter”.

Sebanyak 1.000 orang, hari ini divaksin secara serentak di tujuh kecamatan Se-Kabupaten Barru, khusus untuk di Baruga Singkeru Adae, sekira 300 orang di vaksin, diurai dalam dua antrian, sebelum dan setelah Shalat Jumat.

“Ini bentuk kepedulian pada konstituen selaku Komisi yang membidangi Kesehatan, dan untuk sekarang ini, dilakukan serentak di tujuh kecamatan Se-Kabupaten Barru,” urai Srikandi Legislator Senayan ini.

Dirinya mengkonfirmasi bakal menyalurkan 4.000-an vaksin di Dapil nya, yang saat ini baru seribu disebar di beberapa titik, termasuk di Baruga Singkeru Ada’e maupun di beberapa fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas).

Pada kesempatan ini pula, nampak Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si, bersama beberapa unsur Forkopimda dan Satgas Covid-19, menyempatkan meninjau lokasi pemberian Vaksinasi Covid-19.

Terlihat, rombongan menyaksikan dan menyapa tertib dan suksesnya layanan vaksinasi bantuan DPR RI ini, yang secara teknis dikordinasikan secara teradministrasi oleh tim kesehatan Puskesmas terdekat di wilayah Kota Barru.

Humas Barru

Sumber: https://barrukab.go.id/seribu-penerima-bantuan-vaksinasi-hasnah-syam-untuk-percepatan-terbentuknya-herd-immunity/

Berita Terkait

Foto Berita
Pengajian Desa Galung

19 Agustus 2021

pemerintah desa galung melaksakan pengajian rutin di masjid

Foto Berita
Sembuh Sepuluh Orang, Masih Ada 124 Pasien Positif Covid-19 di Barru

15 Agustus 2021

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sebanyak 10 pasien Covid-19 di Kabupaten Barru sembuh, Senin (26/7/2021). Pasien sembuh setelah beberapa pekan menjalani isolasi mandiri dan kini dinyatakan sudah tidak bergejala. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten BarruDarwis kepada Tribuntimur.com di ruang kerjanya, Selasa (27/7/2021) siang.

Kemarin ada lagi 10 pasien Covid-19 di Barru dinyatakan sembuh dan sudah selesai pemantauan," ujarnya. Sehingga pasien Covid-19 aktif di Barru sisa 124 kasus. Dari 124 kasus tersebut terdiri dari 90 pasien tidak bergejala yang kini sementara isman. Sementara 34 pasien bergejala yang kini sementara menjalani perawatan medis di rumah sakit. Darwis mengungkapkan selama beberapa pekan terakhir penambahan kasus Covid-19 baru di Barru tergolong tinggi. "Selama beberapa pekan terakhir, penambahan pasien Covid-19 di Barru tergolong tinggi," ungkapnya.

Untuk kemarin, tidak ada penambahan kasus Covid-19 baru di Barru.Kemarin ada lagi 10 pasien Covid-19 di Barru dinyatakan sembuh dan sudah selesai pemantauan," ujarnya. Sehingga pasien Covid-19 aktif di Barru sisa 124 kasus.Dari 124 kasus tersebut terdiri dari 90 pasien tidak bergejala yang kini sementara isman. Sementara 34 pasien bergejala yang kini sementara menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Darwis mengungkapkan selama beberapa pekan terakhir penambahan kasus Covid-19 baru di Barru tergolong tinggi. "Selama beberapa pekan terakhir, penambahan pasien Covid-19 di Barru tergolong tinggi," ungkapnya. Untuk kemarin, tidak ada penambahan kasus Covid-19 baru di Barru.

Prokes Covid-19 5M tersebut yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan interaksi. Hingga saat ini, akumulasi pasien positif terpapar virus Corona di Kabupaten Barru yaitu tercatat 1.025 kasus. Dari 1.025 kasus Covid-19 tersebut, tercatat 863 pasien telah sembuh, dan 38 orang meninggal dunia. Sementara pasien Covid-19 aktif di Barru saat ini tercatat 124 kasus.

Barru Zona Orange

Koordinator Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten BarruDarwis mengatakan bahwa Barru saat ini berada pada zona orange penyebaran virus Covid-19. Dari yang sebelumnya zona hijau penyebaran virus Covid-19 pada bulan lalu. "Barru saat ini masuk dalam kategori zona orange penyebaran virus Covid-19," ujarnya kepada Tribuntimur.com saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (10/7/2021) siang.

"Belakangan ini penambahan kasus baru di Barru masih terus meningkat," katanya. Maka dari itu, kata Darwis, kita tidak boleh lengah dan harus terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Karna virus Covid-19 akan menjakit kapan saja dikala kita lengah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19," terangnya.

Protokol kesehatan Covid-19 tersebut yaitu seperti aktif mencuci tangan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan hindari kerumunan. "Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, kita dapat meminimalisir penyebaran virus yang gampang menular tersebut," papar Darwis.

Laporan kontributor Tribuntimur.com, Darullah, @uull_darullah.

Sumber: https://makassar.tribunnews.com/2021/07/27/sembuh-sepuluh-orang-masih-ada-124-pasien-positif-covid-19-di-barru?page=3




 

 

Foto Berita
Luar Biasa, Suardi Saleh Masuk Nominasi 10 Top Leader Indonesia

15 Agustus 2021

Kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, kembali mendapat pengakuan dan apresiasi dari pihak luar. Tak tanggung-tanggung, besan Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina ini, masuk nominasi 10 top leader Indonesia.

Sesuai penyampaian Seven Media Asia sebagai penyelenggara, Suardi Saleh berhasil masuk nominasi “Indonesia Top Leader Awards 2020” untuk kategori “The Best Figure Keterbukaan Publik” yang malam penganugerahannya digelar di Bali, Sabtu (25/07/2020).

Suardi Saleh dinilai salah satu kepala daerah di Indonesia yang sangat konsisten dalam mendorong dan merealisasikan keterbukaan publik. Terutama soal transparansi setiap kebijakan di pemerintahan.

Jika tak ada halangan, penerima penghargaan dari Seven Media Asia akan dihadiri Menteri Pariwisata, sekaligus disiarkan dua stasiun televisi nasional, yakni I News TV dan TV Global.

Dari penilaian yang dilakukan selama ini, hanya sekira 25 figur di Indonesia yang dimasukkan dalam nominasi. Salah satunya Suardi Saleh yang dianggap konsisten dan komitmen tentang keterbukaan publik.

Suardi Saleh yang berhalangan hadir di puncak penganugerahan akan diwakili delegasi yang ditunjuknya. Pasalnya di hari bersamaan, putra bungsunya akan melakukan prosesi lamaran atau “mappetu ada’”di Makassar. Meski demikian, mantan Ketua AMPI Kabupaten Maros itu, secara khusus mengirimkan testimoni dalam bentuk video untuk ditayangkan di puncak kegiatan.

Di video tersebut, Suardi Saleh menjelaskan secara singkat mengenai berbagai kebijakan yang dilakukan selama memimpin Barru dalam mendorong keterbukaan publik di pemerintahan.

Soal nominasi dan pengakuan tersebut, Suardi tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat. Menurutnya, masuk nominasi top leader tak lepas dari kerjasama berbagai pihak di Barru dalam mendorong pelayanan berkualitas dan keterbukaan publik.

“Terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Barru. Pimpinan dan para anggota DPRD, Bapak Wakil Bupati, serta Forkompida, dan tentunya seluruh perangkat daerah yang terus menjaga sinergitas yang harmonis. Dan anugerah ini, merupakan anugerah bersama,” kata Suardi Saleh, seperti di video testimoninya, Jumat (24/07/2020).

Dengan nominasi top leader itu, sekaligus menjadi bagian pengakuan dari pihak luar jika pemerintahan di Barru menjadi teladan dan contoh bagi daerah lainnya di Indonesia, terutama soal keterbukaan publik.

“Semoga Allah SWT menjadikan anugerah kita bersama ini bernilai ibadah, dan terus berkesinambungan untuk masa depan Indonesia Maju,” pungkas Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, pemberian penghargaan top leader di Indonesia, rutin dilakukan Seven Media Asia selama beberapa tahun terakhir. Dan khusus tahun ini, Suardi Saleh merupakan salah satu kepala daerah yang mewakili Sulawesi Selatan.

Suardi Saleh yang kurang lebih empat tahun terakhir memimpin Barru, memang dikenal sebagai kepala daerah yang berusaha semaksimal mungkin mendorong tentang transparansi atau keterbukaan publik. Terbukti, di bawah kepemimpinannya, Barru mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Selain itu, beragam prestasi dari pemerintah pusat dan provinsi berhasil disematkan ke Suardi Saleh dan Pemkab Barru atas berbagai capaian yang telah ditunjukkan selama empat tahun terakhir. Termasuk satu-satunya kabupaten di Sulsel yang sudah mengoperasikan secara resmi Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga.

Khusus MPP yang diresmikan langsung Menpan RI Tjahjo Kumolo, juga dijadikan percontohan bagi sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Bahkan pasca-diresmikan, berbagai daerah datang khusus melakukan studi banding.#

(Humas Barru)

Sumber: https://barrukab.go.id/luar-biasa-suardi-saleh-masuk-nominasi-10-top-leader-indonesia/