Foto Berita
Masyarakat Tanete Rilau Kurban 302 Sapi, Zulkifli Harap Terus Ditingkatkan

18 Agustus 2021

Tanete Rilau (Humas Barru) - Masyarakat Kecamatan Tanete Rilau yang telah merayakan Hari Raya Idul Adha 1442H secara serentak di rumahnya karena adanya surat edaran dari pemerintah untuk pelaksanaan shalat Idhul Adha di rumah.

Perayaan lebaran haji kali ini dilaksanakan dengan shalat Idul Adha di rumah masing-masing dan dilanjutkan penyembelihan hewan qurban.

Tahun ini jumlah hewan kurban di Kecamatan Tanete Rilau yakni 20 ekor kambing dan 302 ekor sapi diantaranya:

1. Desa Garessi 5 Ekor Kambing, 35 Ekor Sapi

2. Desa Lipukasi 3 Ekor Kambing, 38 Ekor Sapi

3. Desa Tellumpanua 1 Ekor Kambing, 11 Ekor Sapi

4. Desa Pancana 1 Ekor Kambing, 10 Ekor Sapi

5. Desa Lasitae 7 Ekor Sapi

6. Desa Paopao 69 Ekor Sapi

7. Desa Lalabata 1 Ekor Kambing, 33 Ekor Sapi

8. Desa Corawali 1 Ekor Kambing, 32 Ekor Sapi

9. Kelurahan Tanete 1 Ekor Kambing 28 Ekor Sapi

10. Kelurahan Lalolang 1 Ekor Kambing 39 Ekor Sapi

Kepala KUA Tanete Rilau Zukifli menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat yang mempunyai kesadaran tinggi berkurban.

“Mudah-mudahan setiap tahun jumlah perolehan hewan qurban bisa terus meningkat sehingga masyarakat dapat bersama-sama menikmati Lebaran Haji dengan penuh suka cita”, harap Zulkifli. (Rahmat Setiawan/ Kontributor KUA Tanete Rilau)

Foto Berita
Satgas Covid-19 Barru, Dan Kades Desa Garessi, Sosialisasi Pertokol Kesehatan

18 Agustus 2021

RADARBARRU.COM–Pemerintah Desa Garessi, gencar melalukan sosialisasi wilayah per dusun, untuk mencegah penularan virus Corona, sekaligus ajak masyarakat tidak mengabaikan begitu saja tentang bahayanya virus Covdi-19.

Kegiatan sosiliasi tersebut dilaksanakan Dusun Buttue, Desa Garessi, Kecamatan Taneter Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (29/07/2021) siang.

Dihadiri Pameteri dari Satuan Tugas Penanangan Covid-19, Rudy, dan Kadri, dan Kepala Desa Garessi, Lukman, serta masyarakat Dusun Buttue.

Tim Satgas Covid-19 Barru, Rudy, mengatakan tujuan sosialisasi untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 wilayah Garessi, sekaligus mengajak masyarakat agar mematuhi pertokol kesehatan, dengan memakai Masker dan rajin cuci tangan hindari keruman.

Lanjut, Rudy dirinya berharap sama masyarakat Desa Garessi, agar selalu utamakan pertokol kesehatan, terutama jika keluar rumah, bawah masker, dan jangan berkumpul.

Kepada Desa Garessi, Lukman pada sambutannya mengajak masyarakat desa, terutama masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, rajin pakei masker hindari tempat berkerumun.

“Mari kira berantas virus Covid-19 ini dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumuman, tetap menjaga jarak,” ajak Kades Desa Garessi Lukman.

Sumber: https://radarbarru.com/2021/07/satgas-covid-19-barru-bersama-pemerintah-desa-garessi-gelar-sosialisasi/

Foto Berita
Tahun 2021, Pemdes Garessi Salurkan BLT Tahap Pertama

18 Agustus 2021

BARRU – Pemerintah Desa Garessi Lukman salurkan BLT Tahap Pertama tahun 2021 di Aula Desa Garessi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, selasa (26/1).

Pemerintah Desa Garessi mengalokasikan anggaran Rp 66.900.000 juta, untuk memberikan BLT tahap I kepada 223 warganya di bulan Januari 2021.

Lukman mengatakan, untuk Bantuan Lansung Tunai (BLT) tahap 1 Desa Garessi sudah tersalurkan kepada 223 warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Jadi desa kami sudah menyalurkan BLT tahap 1 ini di awal Januari sebesar Rp 300 ribu,” kata Lukman, kepada Wartawan Matajurnalisnews.com

Hal ini sesuai ketentuan Pasal 6 Ayat (3) huruf b Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Bahwa Penggunaan Dana Desa untuk adaptasi kebiasaan baru di desa diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa yaitu dengan mewujudkan desa tanpa kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

“Ini sesuai dengan Peraturan Menteri, jadi ketika dana desa sudah ada, kami tidak akan berlama-lama, dan kami akan salurkan kepada yang memang berhak menerimanya,” tutup Kades Garessi.

(Ramzi)