Foto Berita
PENYERAHAN BANTUAN USAHA EKONOMI TNKS DESA KARANG JAYA SELUPU REJANG

20 September 2021

Senin, 20 September 2021

Penyerahan bantuan usaha ekonomi dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan TNKS di Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang.

Acara penyerahan ini diberikan oleh Kepala Bid. Wil. III BB TNKS Mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dihadiri Camat Selupu Rejang, Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Puskeswan dan Penyuluh Lapangan.

Foto Berita
Pertemuan Kelompok Kerja dan Ketahanan Keluarga Berbasis Poktan Kampung KB Karang Jaya

20 September 2021

Senin, 20 September 2021

Kegiatan Pertemuan Kelompok Kerja dan Ketahanan Keluarga Berbasis Poktan Kampung KB Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang.

Kepala Dinas DP3A P2KB Kab. Rejang Lebong Ibu Rosita, M.SH hadir sekaligus memberikan materi. Kegiatan ini dengan protokol kesehatan dihadiri 20 peserta terdiri dari unsur Camat, Babinsa, Ketua TP. PKK Kecamatan, Ketua TP. PKK Desa, Ketua Poktan (BKB, BKR, BKL, UPPKS dan PIK R/M), Ketua Karang Taruna,  Imam Desa,  Ketua BMA, Pendeta GKII, PLKB, Kepala Paud/TK, Kader Pemberdayaan,  Pedamping Desa, Kadus dan Kader Rumah DataKu.

Foto Berita
KEGIATAN KOHESI SOSIAL DIKTUBA POLRI T.A 2021 SPN POLDA BENGKULU

18 September 2021

Penyerahan paket sembako dilaksanakan Kampus Polri Peduli merupakan bentuk Kohesi Sosial Siswa DIKTUBA POLRI T.A 2021 yang dilaksanakan di SPN Polda Bengkulu, Sabtu (18/9/2021)

Paket diserahkan oleh Waka SPN Polda Bengkulu AKBP Jon Nelson, S.H dan  Perwakilan Siswa kepada warga yang kurang mampu khususnya disekitar SPN dan dalam sambutannya juga disampaikan bahwa kegiatan kampus Polri peduli ini serentak dilaksanakan disemua Satdik di seluruh Indonesia

Ditambahkan Kepala Desa Karang Jaya  Muhammad Rafiuddin, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kiranya kegiatan kepedulian ini terus berlanjut sampai peserta didik bertugas dikesatuannya masing-masing dan ditengah masyarakat nantinya.

Foto Berita
SOSIALISASI PERAN BUNDA PAUD DESA/KELURAHAN DALAM UPAYA MENDUKUNG PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD HI

16 September 2021

Kamis, 16 September 2021

Ketua TP. PKK Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang Bunda Paud Desa Novita Yanti, SE menghadiri Kegiatan Rakor PKK sekaligus Sosialisasi Peran Bunda Paud Kec/Desa/Kel. Se-Kec. Selupu Rejang Dalam Upaya Mendukung Program Pengembangan PAUD Holistic Integrative.

Para Bunda PAUD yang juga menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kel. Se-Kec. Selupu Rejang mempunyai peran, Bunda PAUD diwajibkan melakukan pendampingan layanan PAUD. Layanan yang dimaksud adalah PAUD Holistik Integratif ujar Kepala Kabid. Pembinaan Paud dan PNF Ibu Dra. Meli Resmani, M.Si sebagai nara sumber.

Dikatakan PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan.

Output terpenting selanjutnya berupa adanya bentuk advokasi ke keluarga dan masyarakat mengenai pentingnya memasukan anak ke jenjang PAUD. Bagaimana manfaat serta perbedaan anak yang tidak masuk PAUD dengàn anak yang ikut PAUD, tumbuh kembangnya sangat terlibat. Anak yang ikut PAUD dijenjang pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar akademiknya jauh lebih baik. Advokasi dan sosialisasi pentingnya PAUD dapat dilakukan oleh Bunda PAUD Desa dan Kelurahan.

Keberadaan Bunda PAUD Desa sangatlah penting, Bunda PAUD Desa diharapkan dapat bergandengan tangan dengan  semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal. Bunda PAUD Desa diharapkan dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Foto Berita
WUJUDKAN TATA KELOLA YANG BAIK, PEMDES KARANG JAYA UMUMKAN TRANPARASI APBDES TAHUN 2021

02 September 2021

Seperti yang di lakukan oleh Pemerintah Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang dengan pemasangan Baliho APBDes yang terpapang dimasing-masing Dusun yang ada di wilayah Desa Karang Jaya.

Kepala Desa Karang Jaya, Muhammad Rafiuddin, S.Ag mengatakan dengan pemasangan baliho APBDes ini, karena pentingnya Pemerintah Desa untuk secara jujur dan transparan mempublikasikan setiap kegiatan pembangunan khususnya dalam penggunaan dan pengalokasian Dana Desa serta kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Mengenai APBDes baik pengalokasian, penggunaan hingga rincian anggaran kegiatan yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa, kejujuran dan transparansi sebagai wujud Pemerintah Desa yang bersih, dengan kejujuran dan transparansi anggaran. maka dari itu masyarakat khususnya Desa Karang Jaya bisa melihat dan turut serta berpartisipasi dalam pembangunan di desa.

Foto Berita
SYUKURAN DESA KARANG JAYA SELUPU REJANG

27 Agustus 2021

Upacara doa bersama dengan seorang pemimpin atau modin yang kemudian diteruskan dengan makan-makan bersama sekadarnya dengan tujuan untuk mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah Yang maha Kuasa dalam Syukuran Desa Karang Jaya ke-39 Tahun atau Bersih Desa (Pembersihan Desa), berkaitan dengan integrasi sosial desa dihadiri ± 30 Orang dari masing-masing utusan dusun dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Desa, Kamis 26 Agustus 2021.

Foto Berita
PELATIHAN EDUKASI DAN SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID 19

26 Agustus 2021

Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang melaksanakan Pelatihan Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Balai Kemasyarakatan Desa, (Selasa 24 Agustus 2021) dihadiri 20 peserta terdiri dari unsur Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Kader PKK dan Karang Taruna kegiatan dibuka langsung oleh Camat Selupu Rejang Bapak Drs. R. M. Arif Mulyadi sekaligus menjadi Nara Sumber dan 3 Nara Sumber lainnya yaitu Ketua Satgas PSC 119 RL Bapak Yudi Ardiansyah, S.ST, Apt. Rahmat Kurnia, M.Farm dan Ir. Imran Hussein (TA Kemendes).

Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan kinerja Satgas Covid-19 Desa dan sekaligus upaya meminimalisir dampak Covid-19 di Tingkat Desa dan memberikan pemahaman kepada masyarakat berkaitan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 ungkap Kades Karang Jaya Bapak  Muhammad Rafiuddin, S.Ag



Foto Berita
PELATIHAN PEMBUATAN SATOLE AKAREL DAN DESA KARANG JAYA

27 Juli 2021

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku masyarakat dan aparatur penyelenggara pemerintahan desa maka Pemerintah Desa mendukung mitra PkM dalam hal ini PKK Desa dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong Tahun 2021 di Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang dengan jumlah peserta sebanyak 10 Orang terdiri dari perwakilan Kelompok Ternak Ikan dan Karang Taruna.

Dalam sambutannya Ketua Mitra PkM Novita Yanti, S.E yang juga selaku Ketua TP. PKK Desa berharap peserta pelatihan mampu memberdayakan serta membangun diri dan lingkungan secara mandiri dengan Pelatihan Pembuatan SATOLE (Sambal Botol Lele) ini peserta juga dapat mewujudkan produk secara real sebagai upaya meningkatkan pendapatan keluarga dan sejalan dengan Visi dan Misi Kepala Desa M. Rafiuddin, S.Ag 

Foto Berita
POSBINDU PTM DI KEGIATAN POSYANDU DESA

08 Juli 2021

Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular)

Balai Kemasyarakatan Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang

Rabu, 7 Juli 2021

Penyebab kematian utama penduduk semua golongan umur pada saat ini disebabkan oleh PTM secara berurutan yaitu stroke, hipertensi, diabetes mellitus, tumor ganas/kanker, penyakit jantung dan pernafasan kronik

Penyakit Tidak Menular (PTM) itu adalah :

Penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis).

Penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif antara lain penyakit Jantung, Stroke, Diabetes Mellitus, Kanker, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Cedera dan Gangguan Indera dan Fungsional.

Penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat.

Ayoo.. Ke Posbindu, Cek Kesehatanmu di Setiap Bulannya di Kegiatan Posyandu Di Desa, Salam Sehat!!