DESA DIGITAL LUNCURKAN ABSENSI PERANGKAT DESA DAN BUKU TAMU DIGITAL

28 Juni 2022

Foto Berita

Penampakan Aplikasi Digital Absensi Pemerintah Desa dan Buku Tamu profil.digitaldesa.id./karangjaya-rejanglebongkab, KarangJaya SelupuRejang Lebong (27/06/2022) – Pemerintah Desa Karang Jaya telah memberlakukan sistem absensi dan buku tamu menggunakan aplikasi digital yang dimulai awal Juli 2022 nanti. 

Kepala Desa Karang Jaya, Selupu Rejang Muhammad Rafiuddin, S.Ag mengatakan Hemat saya system absen digital ini merupakan program terbaik untuk pendisiplinan dan peningkatan kinerja perangkat desa dan membantu meregister penduduk sehingga mempermudah warga desa untuk mengupdate data kependudukan di desa dan tamu juga cukup hanya menggunakan KTP tidak perlu menulis dibuku tamu desa sehingga hemat penggunaan kertas, program ini mendukung pengurangan penggunaan kertas.

Sistem absen dan buku tamu dengan aplikasi digital ini langsung masuk dalam data base administrasi pemerintah desa serta dapat dipantau langsung oleh Kepala Desa karena sistemnya online sehingga kedisiplinan perangkat dapat terlihat jelas, kata Muhammad Rafiuddin  S.Ag

System seperti ini kami yakini merupakan program baru yang diterapkan Pemerintah Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang, dan mudah-mudahan hal ini menjadi inspirasi bagi desa atau instansi lainnya, Karena pentingnya kedisiplinan bekerja.

Pemerintah Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang membuka pintu selebar-lebarnya baik kepada instansi pemerintah ataupun swasta yang ingin mengadopsi program absensi dan buku tamu digital ini. Selain program absensi dan buku tamu digital yang akan berlaku ini, Kami juga selalu mengusahakan pengembangan inovasi pelayanan online sampai masa akhir periode jabatan (2016-Agustus 2022) ungkap Kepala Desa.

Berita Terkait

Foto Berita
EVALUASI DAN PROGRAM KERJA POKJA KAMPUNG KB

20 Juli 2022

Evaluasi Pokja Dan Program Kerja Kampung KB Selasa (19/7/2022) Balai Kemasyarakatan Desa.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Rejang Lebong melalui Bidang Informasi dan Pengolahan Data menggelar pertemuan Pokja Kampung KB di Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang. Pertemuan Pokja Kampung KB ini dalam rangka melaksanakan evaluasi kelompok kerja Kampung KB dan identifikasi permasalahan program kerja Kampung KB dalam penanganan beresiko Stunting.

Kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB ini merupakan sarana urung rembuk masyarakat desa yang termasuk di dalam kepengurusan Pokja Kampung KB dengan pejabat desa, kecamatan dan Dinas P3AP2KB dengan didampingi oleh Penyuluh KB yang memiliki wilayah binaan Kampung KB.

Kepala Desa Karang Jaya  Muhammad Rafiuddin, S.Ag mengatakan bahwa Kampung KB adalah program pemerintah yang dicanangkan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas. "Berkualitas baik dari segi pendidikan, kesehatan sampai kepada segi ekonominya", tegas Kepala Desa

Foto Berita
KAJI BANDING OPD KB LEBONG RUMAH DATAKU KARANG JAYA

28 Juni 2022

Apa itu Rumah Data Kependudukan

Rumah Data Kependudukan yang kemudian dikenal dengan nama "Rumah Data Ku”diluncurkan oleh BKKBN pada tahun 2017, dan Desa Karang Jaya sebagai Kampung Berkualitas (Kampung KB) telah melaunching Rumah Data Ku di tahun 2018 dan selalu mendapat kunjungan study kaji dari Kampung Berkualitas (Kampung KB) lainnya di Provinsi Bengkulu.

Keberadaaan Rumah Dataku berfungsi sebagai basis data dan informasi serta pusat intervensi pembangunan di tingkat mikro wilayah Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Kamis, 23 Juni 2022, Kampung Berkualitas Desa Karang Jaya mendapat kunjungan study kaji Rumah Data Kependudukan Poktan Kampung Berkualitas (Kampung KB) BKKBN Bengkulu dari Dinas P3AP2KB Kabupaten Lebong, Dalam kunjungannya Sekretaris Dinas berharap akan bermunculan Rumah Data Kependudukan paripurna di Kabupaten Lebong kedepannya, salut atas upaya yang telah dilakukan Kepala Desa Karang Jaya Muhammad Rafiuddin,  S.Ag sehingga Kampung Berkualitas Desa Karang Jaya benar-benar menjadi percontohan di Tk. Provinsi Bengkulu.

Kepala Desa Karang Jaya didampingi Ketua RDK Novita Yanti, SE dalam sambutan membuka kesempatan untuk berbagi informasi untuk pengembangan dalam pengelolaan RDK di Provinsi Bengkulu.

Foto Berita
DASHAT DESA KARANG JAYA DILUNCURKAN WABUP

03 April 2022

PELUNCURAN DASHAT - DAPUR SEHAT ATASI STUNTING

Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Auditorium Balai Kemasyarakatan Desa, Kamis (24/3/22). Dihadiri oleh Wakil Bupati Rejang Lebong beserta Istri selaku Ketua GOW Kab. Rejang Lebong, Kepala Perwakilan BKKBN beserta Istri selaku Ketua DWP BKKBN Bengkulu, Ketua TP. PKK Kab. Rejang Lebong, Kepala Dinas P3A PPKB Kab. Rejang Lebong, Sekdis PMD Kab. Rejang Lebong, Camat beserta Istri selaku Ketua TP. PKK Kec. Selupu Rejang, Rektor IAIN Curup, Rektor UPP Rejang Lebong, Ketua IPKB Bengkulu, GenRe Bengkulu, PKB Rejang Lebong, Kepala Desa beserta Istri selaku Ketua TP. PKK Desa, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Babinsa, Bidan Desa, dan PPKBD/SUB Karang Jaya.

Peluncuran DASHAT di Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang dilakukan sebagai salah satu upaya percepatan penurunan angka prevalensi stunting.  Stunting itu penting untuk diatasi karena angkanya di Indonesia masih sangat tinggi. Melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 yang baru saja ditetapkan. BKKBN ditunjuk sebagai Ketua tim pelaksana percepatan stunting, dan ditegaskan oleh Presiden dalam pidato tanggal 16 Agustus bahwa penurunan stunting harus dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh Kabupaten Kota dan harus melibatkan, integrasi lintas institusi, ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu  Ir. Rusman Efendi, M.M dalam sambutannya.

Dapur Sehat Atasi Stunting ada dalam Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Desa Karang Jaya dan menjadi pusat gizi serta pelayanan pada anak stunting  ungkap Muhammad Rafiuddin, S.Ag  (Kepala Desa) dan Desa Karang Jaya beserta Ketua TP. PKK Desa bersama ahli gizi lokal (Pokja 4 PKK Desa) telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal karena sekaligus memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat sendiri serta siap bermitra dalam penyajian dan penyiapan menu sehat berbahan dasar lokal.

DASHAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu didampingi pengetahuan dini dalam penanganan balita ungkap Hendra Wahyudiansyah, SH dalam sambutannya sekaligus membuka melaunching DASHAT.

#BKKBNBengkulu #DinasKesehatanRejangLebong #DinasPMDRejangLebong #TPPKKRejangLebong