Selamat Datang

Website Desa Mattunreng Tellue

Form Kerjasama dan Investasi Desa

Fokus Pengembangan

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Selamat Datang

Website Desa Mattunreng Tellue

Foto Sambutan

Fokus Pengembangan Desa Mattunreng Tellue

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Nurlaelah, S.IP

Kepala Desa

[Isi sambutan]
Form Kerjasama dan Investasi Desa

Nurlaelah, S.IP

Kepala Desa

[Isi sambutan]

Area

0m2

Luas Tanah Kas Desa

0m2

Luas Tanah di Desa

0m2

Luas DHKP

Populasi

2.703

Penduduk

1.387

Laki-Laki

1.316

Perempuan

Kabar Desa

Foto Berita
Seto Akan Bangun Irigasi Besar di Sinjai Tengah

18 Maret 2021

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI TENGAH - Bupati Sinjai,  Andi Seto Gadhista Asapa (ASA), merencanakan akan membangun irigasi berskala besar di Kecamatan Sinjai Tengah tahun depan.

Hal itu diusahakan Andi Seto setelah mendengar dan melihat langsung perjuangan masyarakat petani setempat setiap tahunnya mengalami krisis air untuk irigasi sawah. Dan hanya mengandalkan air tadah hujan sebab irigasi sebelumnya sudah tidak mampu maksimal disebabkan karena sudah banyak mengalami kerusakan dan tak mampu memuat volume air besar.

Rencana itu diungkapkan oleh ASA saat memberikan bantuan hand traktor kepada sembilan kelompok tani di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah di Kelurahan Tassililu, Jumat (4/12/2020) sore tadi.

" Insyallah kita tengah mengusahakan pembangunan irigasi di berbagai daerah di Sinjai, seperti tahun depan kita rencanakan akan bangun irigasi yang besar di Sinjai Tengah," kata ASA.

Sehingga dengan kehadiran irigasi nantinya masyarakat petani yang tadinya hanya mengandalkan sawah tadah hujan yang bisa bersawah sekali dalam setahun, maka setelah rampung pembangunan irigasi itu bisa bersawah hingga tiga kali dalam setahun.

Seperti masyarakat di Kecamatan Sinjai Barat yang petaninya bisa bersawah hingga tiga kali dalam setahun karena irigasinya baik.

Namun hal itu bisa terwujud jika terwujud daerah Sinjai kondusif, aman tertib, tenang tidak ada masalah-masalah di masyarakat.

Sebab salah satu perhatian pemerintah pusat dan provinsi mudah memberikan bantuan jika masyarakat di daerah itu aman, seperti di Sinjai saat ini.

Dana pembangunan irigasi tersebut bukan dari APBD kabupaten tetapi dana bantuan dari pemerintah pusat yang diperoleh dari usaha membangun jaringan dengan pihak pemerintah pusat dan di provinsi di Makassar sehingga ia mendapatkan anggaran untuk pembangunan salah satunya untuk irigasi. Diungkap bahwa tahun depan Sinjai juga mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbanyak di Sulawesi Selatan yakni Rp 236 miliar rupiah.

Hal itu tercapai atas kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah daerah, masyarakat dan bupati yang amanah menyalurkan bantuan itu kepada masyarakat. " Bantuan itu, bukan hanya saya yang nikmati, tetapi masyarakat semualah terkhusus adalah masyarakat petani kita di Kabupaten Sinjai," jelasnya.

Di tempat terpisah salah seorang petani di Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah bernama Asmar mengaku bersyukur atas rencana Bupati Sinjai ASA melalui Pemerintah Kabupaten yang akan membangun irigasi bersekala besar. " Kamis sangat bersyukur atas rencana itu, karena memang setiap tahunnya sawah kami setiap tahun sulit dijangkau air irigasi," kata Asmar. Ia berharap agar rencana Bupati ASA ini dapat terwujud dengan baik agar petani di daerah itu bisa sejahtera dari hasil pertanian sawah. 

Sumber: 
https://makassar.tribunnews.com/2020/12/04/seto-akan-bangun-irigasi-besar-di-sinjai-tengah?page=2

Foto Berita
Warga Desa Lamatti Riaja-Mattunreng Tellue Nikmati Jalan Mulus

18 Maret 2021

SINJAI – Masyarakat di Dusun Aruhu Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo dan Dusun Topisi, Desa Mattunreng Tellue Kecamatan Sinjai Tengah, sudah dapat menikmati jalan mulus di masa kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong.

Pasalnya, akses menuju ibu kota Kecamatan Sinjai Tengah, begitupun ke ibu kota Kecamatan Bulupoddo sepanjang 5,18 Km itu telah rampung beberapa bulan lalu.

Jalan yang mulanya rusak parah kini sudah mulus, telah diidam-idamkan masyarakat sudah sejak lama sejak terakhir diperkerasan tahun 2009 silam di era pemerintahan Bupati Andi Rudiyanto Asapa.

“Sudah bertahun-tahun jalan ini tidak pernah dibangun (diaspal), kondisinya rusak parah. Tapi alhamdulillah kami sudah dapat menikmati jalan mulus di masa kepemimpinan Pak Bupati Andi Seto,” ucap Anis warga Dusun Topisi, Selasa (6/10/2020).

Warga lainnya, Imran, mengaku bersyukur karena akses jalan yang selama ini rusak dan sulit untuk di lewati kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, kini sudah mulus.

“Kami dari warga sangat bersyukur karena jalan ini sudah mulus pak, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang rusak parah. Terima kasih pak Bupati,” ucapnya.

Sehingga kondisi jalan yang bagus menurutnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat berkat lancarnya transportasi dan distribusi hasil pertanian.

Sementara itu, Irawati warga Aruhu, Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Buluppodo, mengatakan akses menuju Kecamatan Sinjai Tengah tersebut mulanya sunyi dilewati kendaraan Karena selain rusak, kondisi jalan yang terjal dan menukik menjadi salah satu alasan warga enggan melewati jalan ini.

Tapi kini dengan mulusnya jalan di depan rumahnya itu, kendaraan roda dua maupun roda empat sudah ramai. Baik warga yang menuju Bulupoddo maupun sebaliknya menuju Sinjai Tengah.

“Bagusmi pak, sudah lama memang rusak jalan disini. Alhamdulillah aspalmi, mulus sekalimi terima kasih pak Bupati sudah dikerja kasian”, jelasnya.

Memang Pemerintah Kabupaten Sinjai pada tahun ini berkomitmen untuk melakukan peningkatan jalan sepanjang 131 kilometer (Km) di delapan Kecamatan. (Tim Website)

sumber: https://www.sinjaikab.go.id/v4/2020/10/06/warga-desa-lamattiriaja-mattunreng-tellue-nikmati-jalan-mulus/

Foto Berita
Diskominfo Bantu Korban Kebakaran di Mattunreng Tellue

18 Maret 2021

SINJAI – Musibah kebakaran yang terjadi di Dusun Topisi, Desa Mattunreng Tellue, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, pada Minggu malam (7/2/2021) mengundang simpati berbagai kalangan.

Salah satunya, dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Sinjai. Guna meringankan beban korban, mereka menyerahkan bantuan sembako. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kadis Kominfo dan Persandian Irwan Suaib, didampingi Sekretaris Diskominfo Mansur, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Muhammad Takdir, Kepala Seksi Humas Iswan Ahmad, kepada korban Muse (57).

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat berguna serta bermanfaat untuk korban kebakaran,” kata Irwan Suaib. Pihaknya juga menyampaikan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada korban peristiwa kebakaran tersebut.

Terpisah, Kepala Dusun Topisi, Musmuliadi menceritakan peristiwa kebakaran itu terjadi pukul 21.00 Wita. Saat itu Muse sang pemilik rumah sedang keluar. “Malam itu (Muse-Read) sudah memasak, lalu keluar ke rumah keluarga,” ujarnya. Peristiwa itu baru diketahui setelah api membesar dari dalam. Sejumlah barang berharga milik korban tidak terselamatkan. “Beberapa barang berharga serta uang tunai, tidak terselamatkan kecuali emasnya yang 10 gram,” kata Musmuliadi. (Tim Website)

Sumber: 
https://www.sinjaikab.go.id/v4/2021/02/09/diskominfo-bantu-korban-kebakaran-di-mattunreng-tellue/ 

Beli dari Desa

Pelayanan Jarak Jauh dengan Aplikasi

Desa Mattunreng Tellue telah menyiapkan layanan berbasis aplikasi Android. Masyarakat dapat mengirimkan permintaan persuratan dengan tetap di rumah lewat genggaman Anda.

  • Layanan Persuratan

  • Pembayaran Pajak

  • Syarat Persuratan