Curug Cibulao

Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Foto Wisata

Curug Cibulao

Ternyata Kecamatan Megamendung menyimpan kekayaan curug yang tidak hanya ada satu, ternyata banyak sekali curug yang berada di kecamatan ini dengan memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari Curug Panjang, Curug Naga, Curug Priuk, serta Curug Barong. Ternyata ada satu lagi curug yang harus kamu kunjungi yakni Curug Cibulao. Curug Cibulao berada di Desa Megamendung, yang terkenal karena keindahan kolamnya yang menggoda. Berikut ulasan lebih lengkap tentang Curug Cibulao, check this out!

Trekking Menuju Curug Cibulao

Perjalanan yang akan kamu lalui untuk menuju Curug Cibulao ialah dengan menuju jalur utama Jl. Raya Puncak kemudian masuk ke Gang Cilember. Setelah masuk Gang Cilember jalurnya kecil namun masih bisa dilalui mobil. Disamping itu jalannya tidak rata dan berlubang. Kamu akan melewati jalur yang berkelok-kelok dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar, jadi harus berhati-hati ketika melajukan kendaraan yang kamu bawa.

Di persimpangan jalan arahkan kendaraanmu ke kiri menuju Jl. Pesantren, dari sini kamu tinggal lurus terus. Kondisi jalannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Mendekati area Curug Cibulao jalurnya semakin menanjak, dengan sisi kanan jalanmu berupa jurang. Kamu dapat melihat indahnya pemandangan dari ketinggian, tumbuhan yang berwarna hijau semakin eksis menampakkan diri.

Berhati-hatilah ketika mengemudikan kendaraan, kamu akan menemukan beberapa tikungan yang tajam dengan kondisi jalan yang berlubang. Jika kamu sudah menemukan mobil yang berderet diam dipinggir jalan, itu artinya kamu sudah berada di area parkir Curug Cibulao.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menapaki jalan setapak dengan kondisi jalan berupa batuan yang sudah dipadatkan sekitar 400 meter jauhnya. Jalurnya cukup datar, hanya sesekali saja kamu bertemu jalur yang menurun curam. Mendekati area curug kamu harus menuruni beberapa anak tangga. Kemudian sampailah kamu di loket masuk Curug Cibulao.

Karena kolam Curug Cibulao dalam, kamu diharuskan menyewa pelampung untuk keselamatan diri. Setelah mengambil pelampung kamu akan menuruni tangga yang cukup curam untuk menuju Curug Cibulao.

Pesona Keindahan Curug Cibulao

Curug Cibulao berasal dari bahasa sunda, Curug Artinya Air Terjun, Ci artinya air dan Bulao berarti Biru. Berdasarkan ha tersebut, Curug Cibulao mengandung makna Air Terjun yang memiliki air yang berwarna biru.

Hal tersebut memang benar adanya, kolam penampungan alami Curug Cibulao berwarna biru dan sangat jernih. Kamu bahkan bisa melihat kedasar kolamnya, namun hati-hati kolamnya sangat dalam jadi selalu gunakan jaket pelampungnya.

Curug Cibulao memiliki dua tingkatan curug dan memiliki dua kolam penampungan. Ketinggian curugnya tidak seberapa, namun air yang dialirkannya sangat jernih juga bersih.

Karena merupakan sumber mata air dari beberapa air terjun yang ada, seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Kedalaman kolamnya berbeda, kolam yang diatas memiliki kedalaman sekitar 5 meter sedangkan yang area bawah mencapai 8 meter.

Untuk mencapai Curug Cibulao bagian atas kamu harus menapaki bebatuan dekat aliran air Curug Cibulao bagian bawah. Dengan berpegangan pada seutas tali yang melintang di pinggir kolam.

Curug Cibulao bagian atas dikelilingi oleh tebing batu yang cukup tinggi, kolamnya pun tak terlalu lebar. Namun, ketika berada disana kamu seperti berada di kolam pemandian alami pribadi. Tidak ada yang menganggu, hanya ada kamu dan alam.

Lokasi Dan Alamat Curug Cibulao

Lokasi Curug Cibulao berada di kaki Gunung Hambalang Barat. Alamat lengkapnya terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cibulao

Rute menuju Curug Cibulao yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju puncak, kamu bisa melalui jalur tol Jagorawi ataupun via Curug Panjang. Dari Jl. Raya Puncak, belok kiri menuju Desa Cilember kemudian belok kiri menuju ke Jl. Pesantren.

Penutup

Melihat keindahan alam yang luar biasa mampu menenangkan jiwa dan raga, yang selama ini lelah dengan rutinitas yang ada.