Green Canyon Citamiang

Kp. Citamiang Desa Megamendung, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770

Foto Wisata

Ingin menjelajah di alam? Tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menemukan wisata alam yang memulai di Bogor. Salah satu wisata alam yang tersedia adalah curug atau air terjun.

Kota Bogor dikenal juga dengan julukan seribu curug, lho. Tak heran sebab lokasinya berada di kaki Gunung Salak. Terdapat banyak air terjun yang jernih ditambah keindahan alamnya yang cocok dijadikan tempat melepas penat.

LOKASI

Green Canyon Gunung Bunder berada di Citamiang-Paseban, Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Di Green Canyon Gunung Bunder ini terdapat beragam air terjun, mulai dari Curug Naga, Curug Barong, dan Curug Priuk.

Medan di Green Canyon Gunung Bunder mendukung untuk melakukan beragam atraksi cukup menantang. 

Tersedia paket petualangan untuk melakukan aktivitas body rafting, jungle trekkingriver tracking, dan free falling. Paket ini dapat dipilih oleh pengunjung yang ingin memacu adrenalinnya menyusuri sungai. 

Pengunjung bisa melompat secara bebas atau free falling dengan ketinggian 3 meter. Seru, bukan? Kegiatan ini tentu saja dapat membahayakan jika tidak didampingi oleh pemandu profesional. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan pada saat pemesanan sudah termasuk dengan biaya asuransi. 

AKSES TRANSPORTASI

Untuk mencapai kawasan wisata Green Canyon Water Track Gunung Bunder tidak terlalu sulit dan relatif mudah diakses. Ada 2 cara yang dapat ditempuh, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan umum, dapat naik angkot yang diawali dari stasiun kereta api Bogor atau Terminal Bus Baranangsiang Bogor. Dari titik awal ini, naik angkutan umum warna hijau nomor 03 jurusan Terminal Bubulak dan turun di Terminal Laladon.

Dilanjutkan naik angkot jurusan Leuwiliang berwarna biru dongker dan turun di pertigaan Cibatok. Kemudian, naik angkot jurusan Gunung Bunder nomor 52 berwarna biru muda. Terakhir bisa berjalan kaki atau naik ojek ke gerbang masuk kawasan wisata Gunung Bunder.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi ada 4 jalur yang dapat dipilih untuk mencapai kawasan wisata Curug Pengeran. Dari Cibungbulang ke arah Pamijahan, Salak Endah dan sampai ke Green Canyon Gunung Bunder.

Lalu, dari Cikampak menuju ke Salak Endah dan sampai ke Green Canyon Gunung Bunder. Dari Cibatok menuju ke Salak Endah dan sampai ke Green Canyon Gunung Bunder. Dari Tamansari menuju ke Gunung Bunder dilanjutkan ke Salak Endah dan sampai ke Green Canyon Gunung Bunder.

TIPS WISATA

Perlu menyiapkan fisik yang prima untuk memasuki kawasan Green Canyon Gunung Bunder. Selain itu, wisatawan yang merencanakan untuk melakukan water track di Green Canyon Gunung Bunder harus melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dahulu.

Pemesanan harus dilakukan karena untuk berwisata tracking water membutuhkan pendamping beserta peralatan-peralatan keamanan. Umumnya pengelola memberikan syarat untuk peserta harus minimal 10 orang.

Usahakan agar sampai ke Green Canyon Gunung Bunder sebelum jam 12 siang karena reservasi akan ditutup dan tidak menerima wisatawan yang akan mengadakan water track lagi. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari cuaca hujan dan kabut yang biasanya terjadi di sore hari. 

Taati peraturan yang diberikan oleh pengelola dan pendamping selama melakukan water track. Peraturan yang diberikan dimaksudkan untuk keselamatan pengunjung saat menyusuri sungai dan melakukan aktivitas di Green Canyon Gunung Bunder.

Apabila pengunjung mengadakan acara perkemahan di area Green Canyon dan melakukan aktivitas api unggun di malam hari, maka harus dipastikan agar api unggun telah benar-benar padam sebelum meninggalkan area camping.

Pengunjung harus menjaga kebersihan selama berada di kawasan wisata Green Canyon Water Track Gunung Bunder. Buanglah sampah pada tempatnya dan sediakan kantung plastik khusus untuk membuang sampah sementara sebelum menemukan tempat sampah