Wisata Curug Naga

Kp Citamiang, Desa Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Foto Wisata

Wisata Curug Naga merupakan tempat wisata alam yang berada di daerah Megamendung, Puncak - Bogor yang dikelola oleh Perhutani KBM dan warga setempat. Wisata Curug Naga terdapat 3 curug, yaitu Curug Priuk, Curug Naga, dan Curug Barong. Setiap Curug memiliki ciri khas, karakter, dan tingkat kesulitan masing-masing untuk dijelajahi, sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai tantangan.

Di Wisata Curug Naga pengunjung akan melakukan aktifitas body rafting, river trekking, jungle trekking, cliff jumping.Untuk menuju curug, pengunjung harus melakukan river trekking/body rafting terlebih dahulu, memakai pelampung serta dipandu oleh pemandu Wisata Curug Naga.

Tidak hanya menyusuri sungai untuk menuju satu air terjun, pengunjung justru akan mendapatkan tiga air terjun sekaligus dengan pengalaman yang berbeda-beda.

Jam Operasional

Objek wisata air terjun ini dibuka setiap hari. Disarankan untuk melakukan reservasi ketika musim kemarau atau awal musim hujan agar debit dan arus air tidak terlalu tinggi.

Jam Buka

Setiap Hari

08.00 – 18.00 WIB

Body Rafting Ke Curug Naga

Air terjun ini salah satu air terjun yang dikelola oleh Perhutani. Wana wisata ini dibuka untuk memenuhi minat wisata khusus aktivitas seputar sungai, seperti body raftingriver trekking, dan jungle trekking.

Seperti tetangganya yaitu Curug Panjang, air terjun ini juga mengalir dari Sungai Cirangrang. Sungai ini mengalir ke tiga rangkaian curug, yaitu Curug Priuk, Curug Naga, dan Curug Barong. Ketiga curug inilah khususnya yang akan dilalui para wisatawan yang mengikuti body rafting.

Curug Priuk

Sebelum memulai body rafting, peserta harus memastikan kondisi kesehatannya cukup baik. Hal ini mengingat jalur yang akan dilalui cukup panjang dan melewati berbagai tanjakan maupun turunan ekstrem. Selain itu, jalur ini juga memiliki banyak titik-titik berbahaya sehingga dibutuhkan konsentrasi dan ketahanan tubuh tinggi. Pastikan juga pelampung dan helm yang diberikan sudah terpasang dengan baik dan aman.

Curug Priuk adalah curug pertama yang akan dilalui dalam jalur body rafting ini. Curug yang memiliki bentuk seperti periuk nasi ini memiliki tinggi sekitar 5 meter. Airnya hijau dan bersih dengan arus yang cukup deras.

Untuk mencapai curug ini, peserta harus berjalan menuruni bukit terlebih dahulu. Setelah sekitar 100 meter, tibalah di Curug Priuk yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu. Peserta boleh melakukan cliff jumping ke telaga yanga da di bawahnya, namun tetap harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan curug. Curug Priuk memiliki arus balik yang bisa menyeret dan patut diwaspadai.

Curug Naga

Setelah menceburkan diri ke telaga di Curug Priuk, peserta akan dipandu untuk menyusuri sungai menuju tujuan selanjutnya, yaitu Curug Naga. Arus air akan membawa badan meluncur melewati bebatuan yang tersebari di sungai. Selanjutnya, peserta  akan dibawa menepi untuk kembali menaiki bukit.

Jalur bukit kali ini harus dilewati dengan ekstra hati-hati karena pengunjung harus menuruni tebing dengan bantuan tali. Jika tidak hati-hati dan tidak bekerja sama, peserta bisa terpeleset dan membahayakan peserta lainnya. Namun setelah berhasil melewati jalur ini, peserta akan disambut oleh air terjun yang sudah menunggu di bawah.

Curug Naga jauh lebih tinggi dari Curug Priuk, terdiri dari dua tingkat air terjun dengan total ketinggian 28 meter. Kedua air terjun ini diapit oleh tebing dan telaganya memiliki kedalaman hingga 12 meter. Peserta bisa menguji adrenalin dengan melakukan cliff jumping  dari ketinggian 8 meter di sini. Jangan lupa juga untuk berfoto dan mengabadikan momen dengan latar air terjun yang indah ini.

Curug Barong

Dari Curug Naga, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi sungai berarus deras dengan bantuan tali pengaman yang tersedia. Peserta harus berpegangan dengan kuat agar tidak terseret arus. Setelah berhasil, peserta harus berenang menyusuri sungai untuk kemudian menepi lagi.

Peserta kembali harus berjalan menyusuri jalan setapak agar kembali sampai di sisi sungai. Jalannya memang menanjak, namun tidak terlalu curam. Peserta kemudian masuk kembali ke dalam sungai yang cukup dalam dan dipandu untuk menyusur dengan menggunakan tali pengaman. Setelah sekitar 100 meter, peserta akan tiba di Curug Barong.

Curug Barong posisinya agak lebih tersembunyi dibandingkan dua curug sebelumnya. Dengan dilingkupi tebing dan vegetasi liar, curug setinggi 20 meter ini memiliki suasana yang lebih tenang. Air yang mengalir dari curugnya lebih dingin, dihiasi oleh tetesan air alami dari akar pepohonan yang tumbuh di tebing sekitarnya. Peserta bisa melakukan cliff jumping, namun tidak boleh terlalu dekat dengan curug karena arusnya deras.

Fasilitas Curug Naga

Pengunjung yang mengikuti paket body rafting atau trekking akan disediakan peralatan keamanan seperti helm dan pelampung keselamatan. Di titik-titik sungai yang dalam dan berarus deras, terdapat tali pengaman yang bisa disusuri oleh peserta.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, terdapat area perkemahan tak jauh dari spot mulai body rafting. Area perkemahan ini sangat luas dan dilengkapi dengan toilet serta mushola.

Lokasi Curug Naga

Objek wisata air terjun ini terletak di Kampung Citamiang, Desa Megamendung, Bogor. Dari arah Ciawi menuju Puncak, sampai di Cipayung belokkan kendaraan ke kiri setelah bertemu Masjid Nurul Huda. Setelah sampai di papan Unilever, susuri jalan sejauh kurang-lebih 2 km sampai tiba di pertigaan.