Foto Berita
Bantuan Beras PPKM, Resmi disalurkan Pemerintah Desa Motoling Dua

01 Agustus 2021

MINSEL, Motoling Dua. Dalam rangka membantu perekonomian masyarakat Desa Motoling Dua di tengah berlakunya Kebijakan PPKM  melalui instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. Jokowidodo maka Kementrian Sosial bekerja sama dengan Perusahaan umum bagian logistik atau Perum Bulog menyalurkan Bantuan Beras PPKM bagi KPM PKH dan BST sesuai dengan daftar yang terlampir. 


Bertempat di kantor Desa Motoling Dua (31/07) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Hukum Tua Desa Motoling yang didampingi oleh perangkat desa dan pendamping PKH menyalurkan Bantuan Beras PPKM bagi keluarga yang terlampir pada daftar penerima. 


Hukum Tua Desa Motoling Dua, Donald J. Pesik, S. Pd dalam wawancaranya mengatakan : "bahwa tidak semua KPM PKH & BST di Desa Motoling Dua yang masuk dalam penerima Bantuan Beras PPKM. Untuk Desa Motoling Dua hanya berjumlah 75 Paket Beras 10kg untuk KPM PKH & 13 Paket Beras 10kg untuk BST sesuai dengan data yang terlampir dari Kementrian Sosial".


Foto Berita
Putus rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Desa Motoling Dua laksanakan Penyemprotan Disinfektan

26 Juli 2021

MINSEL, Motoling Dua. Dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19, Pemerintah Desa Motoling Dua melaksanakan kegiatan  penyemprotan Disinfektan di setiap rumah penduduk Desa Motoling Dua (26/07). 


Hukum Tua Desa Motoling Dua Donald J. Pesik, S. Pd yang juga Ketua Satuan Tugas Covid-19  Desa Motoling Dua mengatakan : "kegiatan penyemprotan disinfektan pada setiap rumah penduduk, merupakan salah satu langkah memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19 di samping mengingatkan kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan yang ada".


Penyemprotan Disinfektan akan dilaksanakan selama dua hari dengan menyasar seluruh rumah penduduk dari Jaga I sampai VI. 

Foto Berita
Pemerintah Desa Motoling Dua, Resmi menyalurkan BLT-DD tahap III

26 Juli 2021

MINSEL, Motoling Dua. Pemerintah Desa Motoling Dua, Kecamatan  Motoling - Kabupaten Minahasa Selatan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 77 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang secara simbolis diterima oleh perwakilan keluarga penerima manfaat serta dilanjutkan dari rumah ke rumah. 


Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Motoling Dua (26/07) dengan menggunakan Protokol Kesehatan Covid-19 & Peserta sudah mengikuti program vaksinasi covid 19.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kecamatan Motoling : Drs. Sonny A. Umboh, Kapolsek Motoling yang diwakili : Bapak. Doan Rinto Manese  serta beberapa perangkat desa. 


Diketahui, BLT-DD ini merupakan instruksi Kementerian Desa kepada Pemerintah Desa agar menganggarkan bantuan sebesar Rp 300 Ribu kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Camat Motoling Drs. Sonny A. Umboh dalam sambutannya mengatakan, Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD kiranya dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Pemerintah Kecamatan juga berpesan kepada Masyarakat agar kiranya bersatu padu melawan Covid-19 dengan cara selalu memperhatikan himbauan dari protokol kesehatan. 


Foto Berita
Bansos FDW-PYR resmi disalurkan di Desa Motoling Dua.

23 Juli 2021

MINSEL, Motoling Dua.  Dalam rangka membantu perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi Covid 19 Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, Frangky Donny Wongkar, S. H & Pdt. Petra Y. Rembang melalui Dinas Sosial menyalurkan Bantuan Sosial untuk Desa Motoling Dua. 


Hukum Tua Desa Motoling Dua Donald J. Pesik, S. Pd pada saat penyaluran Bansos Pemerintah Kabupaye Minahasa Selatan di Kantor Hukum Tua (23/07) mengatakan : "Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati Frangky D. Wongkar, S.H & Pdt. Petra Y. Rembang melalui Dinas Sosial memberikan Bantuan Sosial ke Desa Motoling Dua dengan Jumlah 69 Paket. Jadi kami dari Pemerintah Desa Motoling Dua akan membagikannya ke setiap keluarga di tiap jaga dengan sasaran bagi keluarga yang belum pernah menerima bantuan sosial lain & layak untuk menerima bansos ini".


Hadir juga dalam kegiatan pembagian Bansos Ini, beberapa Perangkat Desa & Bhabinkamtibmas Polsek Motoling Doang Rinto Manese dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Foto Berita
Kunjungi Desa Motoling Dua, Ketua TP-PKK Minahasa Selatan Apresiasi Ibu-ibu PKK Desa Motoling Dua.

09 Juli 2021

MINSEL Motoling Dua, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Selatan Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual mengunjungi Desa Motoling Dua (09/07-21) khususnya melihat secara langsung taman-taman PKK tiap jaga di Desa Motoling Dua.

Didampingi Pengurus PKK Kabupaten Minahasa Selatan, Pengurus PKK Kecamatan Motoling, Pengurus PKK Desa Motoling Dua & sejumlah Perangkat Desa Motoling Dua. Ketua TP-PKK langsung jalan dari taman ke taman yang ada di tiap jaga.

Saat wawancara langsung dengan Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual mengatakan bahwa : "TP-PKK Kab Minahasa Selayan sangat mengapresiasi & berterima kasih dengan apa yang sudah dilakukan & dilaksanakan oleh Ibu-ibu PKK Desa Motoling Dua saat Penataan Taman PKK & Apotik hidup di tiap jaga sambil berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut bukan hanya saat ada lomba saja terlebih apotik hidup ketika dipelihara dapat bermanfaat pada kehidupan sehari-hari" Kata, Ny. Elsje Rosje Sumual yang didampingi oleh Hukum Tua Desa Motoling Dua dan Ketua TP-PKK Motoling Dua.

Ketua TP-PKK Desa Motoling Dua Ny. Jeanet Pesik-Pattyranie juga mengatakan bahwa : "sangat berterima kasih atas kunjungan Ketua TP PKK Kab. Minahasa Selatan ke Desa Motoling Dua lebih khusus ke taman-taman PKK di tiap jaga". (VM) 

Foto Berita
Bersama Puskesmas Motoling, TP-PKK Kecamatan Motoling laksanakan Vaksinasi Covid-19

07 Juli 2021

Minsel, Motoling Dua– Tim Penggerak PKK Kecamatan Motoling bekerja sama dengan Puskesmas Motoling melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat yang ada di Kecamatan Motoling.

Bertempat di kantor Desa Motoling Dua, sejak pukul 09:00 pagi peserta mulai berdatangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua TP PKK Kecamatan Motoling Ny. Vera Umboh-Makaliwe pada saat kegiatan mengungkapkan bahwa: " TP-PKK Kecamatan bersama Puskesmas Motoling melaksanakan program vaksinasi covid-19 sebagai wujud dalam rangka menopang program pemerintah serta memutus rantai penyebaran Covid-19".

Hal senada juga dikatakan oleh kepala Puskesmas Motoling, Alex Mamusung, S. Kep mengatakan : "sampai saat ini dari pihak Puskesmas Motoling akan terus melaksanakan program vaksinasi covid-19 di wilayah Kecamatan Motoling sampai waktu yang belum ditentukan".

Kepala Kecamatan Motoling Drs. Sonny A. Umboh yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini, mengatakan bahwa: " Ia sangat mengapresiasi kerja sama antara TP-PKK Kecamatan Motoling & Puskesmas Motoling sambil juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak takut dalam mengikuti program vaksinasi covid-19. "

Untuk hari ini Selasa (07/07/2021) peserta yang mendaftar di loket pendaftaran berjumlah 200-an orang. ungkap Sekertaris TP-PKK Kecamatan Motoling, Ny. Meyti Sendow-Jacob, S. Pd.

Salah satu peserta vaksinasi Asri A. Paat saat dimintai keterangan, mengatakan bahwa : "ia menyambut baik program vaksinasi covid 19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah sambil berharap pandemi covid 19 dapat segera berakhir di negara ini".

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini akan terus dilaksanakan bersama Puskesmas Motoling dengan harapan seluruh masyarakat dapat menerima suntikan Vaksin Covid-19.

TP-PKK Kecamatan Motoling akan terus mengajak segenap masyarakat yang belum menerima vaksin, agar datang dan siap untuk divaksin pada lokasi vaksinasi yang sudah terjadwal oleh pihak Puskesmas Motoling,” tambah Ny. Meyti Sendow-Jacob.

Hadir juga dalam kegiatan ini Hukum Tua Desa Motoling Dua, Ketua TP-PKK Desa Motoling Dua dan Seluruh Pengurus TP-PKK Kecamatan Motoling. (VM) 

Foto Berita
BLT Dana Desa tahap II, resmi disalurakan Pemerintah Desa Motoling Dua

06 Juli 2021

Minahasa Selatan, Motoling Dua. Pemerintah Desa Motoling Dua, Kecamatan  Motoling - Kabupaten Minahasa Selatan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 78 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang secara simbolis diterima oleh perwakilan keluarga penerima manfaat mengingat dengan protokol kesehatan yang berlaku & mengharuskan KPM lain secara bergantian dalam menerima BLT Dana Desa. 


Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Motoling Dua dengan menggunakan Protokol Kesehatan Covid-19 & Peserta sudah mengikuti program vaksinasi covid 19.


Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Motoling Bapak Camat Motoling: Drs. Sonny A. Umboh, Kapolsek Motoling yang diwakili : Bapak. Maxi Sariowan , Danramil Motoling : Kapten Infantri Ferdinand T. Dampa, Pendamping Desa, Ketua BPD & Perangkat Desa Motoling Dua. 


Diketahui, BLT-DD ini merupakan instruksi Kementerian Desa kepada Pemerintah Desa agar menganggarkan bantuan sebesar Rp 300 Ribu kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Camat Motoling Drs. Sonny A. Umboh dalam sambutannya mengatakan, Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD kiranya dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Pemerintah Kecamatan juga berpesan kepada Masyarakat agar kiranya bersatu padu melawan Covid-19 dengan cara selalu memperhatikan himbauan dari protokol kesehatan.


*Pemerintah Desa Motoling Dua

Foto Berita
Bupati FDW Launching Desa Digital Motoling Dua

05 Juli 2021

MINSEL, Motoling Dua,

Salah satu terobosan digagas pemerintah desa Motoling Dua, Kecamatan Motoling dengan menjadikan desa mereka sebagai desa Digital dan merupakan pertama di Kabupaten Minahasa Selatan.

Hal ini tentunya mendapat aplause serta dukungan dari pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan atas inovasi dan gagasan yang ditunjukan dan sejalan dengan salah satu Misi Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, mengenai "Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik".

Bupati Franky Wongkar, SH pada kegiatan tersebut mengapresiasi Pemerintah Desa Motoling Dua atas inisiatif, kreatifitas dan kerja nyata untuk membangun dan memberdayakan masyarakat. 

Melalui beroperasinya desa Digital ini, saya berharap hal ini dapat dicontoh oleh desa-desa yang lain, demi peningkatan kualitas layanan pelayanan publik dan kemajuan masyarakat," ajak Bupati.

Desa Digital ini lanjut Bupati FDW, tidak hanya akan meningkatkan optimalisasi kinerja pemerintah desa, tapi juga dapat mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dan kegiatan ekonomi masyarakat.

"Jika terus dikembangkan secara sinergis, ini dapat menjadi dasar yang bagi transformasi masyarakat menuju budaya digital, yang muaranya diharapkan dpat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Bupati.

Lanjut Bupati FDW, digitalisasi sistem pemerintahan harus dilakukan saat ini, terlebih di masa Pandemi Covid-19, dimana ruang gerak terbatas secara fisik. Begitu juga dalam bidang pertanian , perkebunan, peternakan, hingga distribusi dan pemasaran produk. 

"Terus berkarya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat untuk memantapkan sumber daya manusia yang berbudaya, sehat dan berdaya saing dan memantapkan birokrasi yang profesional melalui tata kelolah pemerintahan yang baik sebagai salah satu misi pemerintah daerah," pungkasnya.

Terpisah, Kumtua Desa Motoling Dua, Donald Pesik menambahkan bahwa sistem Digital tersebut untuk mempermudah/membantu kebutuhan masyarakat dalam pengurusan baik itu KK, KTP, Akte Nikah dan sebagainya karena sitemnya sudah terhubung langsung.

Dan selaku pemerintah desa berterima kasih kepada Bupati Franky Wongkar, SH karena boleh hadir sekaligus melaunching desa digital Motoling Dua, pungkasnya.

Hadir dalam Launching Perdana Desa Digital pada Rabu, 30 Juni 2021 yakni Sekretaris TP. PKK Minahasa Selatan Ny. Rembang Juliwati,  Kadis Kominfo Roy Mandey SH, forpimca Motoling serta undangan lainnya.

Foto Berita
1 Kampung di Kecamatan Motoling Isolasi Mandiri

29 Juni 2021

MOTOLING (BK): Warga satu kampung di Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terpaksa harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, setelah ditemukan adanya 6 warga yang dinyatakan terjangkit virus Corona (Covid-19).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Minsel Royke Mandey SH menyampaikan, petugas langsung menelusuri keluarga dan kerabat yang kontak dengan para pasien tersebut.

“Ada 6 orang, itu dari keluarga dan kerabat. Kami akan melakukan pemeriksaan,” ucap Mandey.

Sementara, untuk masyarakat sekitar tempat tinggal pasien, bupati telah mengintruksikan mengisolasi diri selama 14 hari untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Berdasarkan informasi, keenam pasien ini sudah kontak erat dengan beberapa warga yang ada di Desanya.

‘Kita  akan lakukan rapid test kepada warga yang kontak erat dengan 6 pasien. Kami juga meminta masyarakat mengisolasi diri selama 14 hari. Kami juga ikut awasi dan pantau,” katanya. Hingga Minggu (7/6/2020), jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Minsel tercatat sebanyak 12 orang, dua diantaranya telah meninggal.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, saat ini kasus positif Covid-19 untuk Desa Raanan Lama berjumlah 7 orang, satu di antaranya sudah meninggal, sementara 6 lainnya sementara dalam perawatan di RS Pancaran Kasih Manado.

Sumber: http://beritakawanua.com/berita/minsel/1-kampung-di-kecamatan-motoling-isolasi-mandiri#sthash.9HJBAsV5.dpbs