Selamat Datang

Website Desa Pattappa

Form Kerjasama dan Investasi Desa

Fokus Pengembangan

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Selamat Datang

Website Desa Pattappa

Foto Sambutan

Fokus Pengembangan Desa Pattappa

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

[Nama Lengkap]

[Jabatan]

[Isi sambutan]
Form Kerjasama dan Investasi Desa

[Nama Lengkap]

[Jabatan]

[Isi sambutan]

Area

0m2

Luas Tanah Kas Desa

0m2

Luas Tanah di Desa

0m2

Luas DHKP

Populasi

0

Penduduk

0

Laki-Laki

0

Perempuan

Kabar Desa

Foto Berita
Berdakwah Dari Pulau Putiangin Ke Puncak Pujananting

24 Agustus 2021

Putiangin, (Humas Barru) - Salah seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kemenag Kab. Barru melakukan giat penyuluhan da'wah billisan dan da'wah bil kitab (ceramah dan kaligrafi masjid).

Dialah Zainuddin, S.Ag, M.Pd, Penyuluh yang kesehariannya bertugas di KUA Kecamatan Pujananting tersebut, memanfaatkan waktu libur akhir pekannya di sebuah Pulau berpenduduk kurang lebih 500 jiwa yang berada di Kecamatan Tanete Rilau.

Pulau tersebut bernama Pulau Putiangin yang warganya 100 persen muslim. Berangkat dengan niat yang tulus, Zainuddin menaiki perahu kecil pada jumat sore menyebrangi lautan untuk mengabdikan diri demi pembinaan keagamaan.

Zainuddin disambut oleh Salahsatu Imam Masjid yang berada di Pulau tersebut, Pak Imam mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran Penyuluh Agama Islam dari Kemenag yang bisa diminta untuk berceramah dan kaligrafi masjid di dusun Putiangin.

Selama ini kami jarang mendapatkan kunjungan dari penyuluh agama islam, semoga dengan kehadiran Ustad Zainuddin ini, penyuluh agama lainnya khususnya yang bertugas di Kecamatan Tanete Rilau bisa tergerak hatinya untuk mengambil jadwal penyuluhan tetap di dusun putiangin ini,"harap Puang Imam Masjid Nurul Iman Putiangin.

Tak terasa, hari senin pun tiba, sudah saatnya Zainuddin kembali ke Wilayah tugasnya yang jaraknya sangat jauh diatas gunung sana. Yakni di KUA Pujanantin, (KUA yang dianggap terpecnil yang berada di Kabupaten Barru). disanalah sesungguhnya Zainuddin mengabdikan diri mulai hari senin sampai jumat tiap pekannya. 


Foto Berita
Kabar Gembira Untuk Petani di Barru, Pemerintah Pusat Alokasikan Anggaran Rp5,3 M

24 Agustus 2021

Beritasulsel.com – Kabar baik untuk para petani dan warga di Kabupaten Barru. Tahun ini, Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran Rp5,3 miliar khusus penguatan tanaman hortikultura.

Melalui Gerakan Mendorong Produksi, Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura (GEDOR HORTI) yang menjadi program nasional Kementerian Pertanian, Barru akan mengembangkan kawasan bawang merah, kawasan cabai, kawasan bawang putih.

Untuk tiga kawasan ini, kawasan bawang merah dianggarkan sekira Rp725 juta dengan luas lahan 25 hektar. Penanaman cabai rawit dan cabai besar disiapkan lahan masing-masing 81 hektar dengan total anggaran Rp729 juta. Sedangkan kawasan bawang putih mendapat alokasi anggaran Rp3.750.000.000 dengan luas lahan sekira 75 hektar.

Khusus untuk cabai rawit, penanaman perdananya digelar di Dusun Palludda, Desa Pattappa, Pujananting, dengan melibatkan Kelompok Tani Gettungeng III. Dalam penanaman perdana ini, Bupati Barru Suardi Saleh hadir langsung melakukan penanaman.

Saat menyampaikan pengarahan kepada kelompok tani dan para penyuluh, Suardi Saleh yang datang didampingi Ketua TP PKK Barru, Hasnah Syam, dan Kadis Pertanian, Ahmad, mengajak untuk serius mengembangkan kawasan ini.

“Saya mengajak kepada para penyuluh dan para petani atau kelompok tani untuk serius dalam pengembangan kawasan Cabai ini. Kita harus aktif melihat lahan tidur untuk difungsikan,” kata Suardi Saleh, Selasa (03/03/2020).

Foto Berita
Bhabinkamtibmas Desa Pattappa Kec.Pujananting Berikan Sosialisasi Pengawalan Dana Desa Sekaligus Memberikan Himbauan Jelang Natal dan Tahun Baru

24 Agustus 2021

Polresbarru.com – Sebagai upaya memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat. Bripka Muh.Nawir,SH Bhabinkamtibmas Polsek Pujananting, menggelar sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada masyarakat dan perangkat se desa Pattappa, di Aula Desa Pattappa Kec.Pujananting Kab. Barru, Senin(23/12/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melaksanakan pencegahan terhadap terjadinya penyalahgunaan kewenangan berupa tindak pidana korupsi. Pada pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

Karena sebagaimana mestinya, Dana Desa adalah harus dikelola, dimanfaatkan serta diawasi dengan baik.

Pada kesempatan itu Bhabinkamtibmas Desa Pattappa Bripka Muh.Nawir,SH menyampaikan bahwa perlu peran dan kerjasama dari semua pihak terkait dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan serta pengawasan Dana Desa agar kedepan tidak ada saling menyalahkan, karena jika suatu pekerjaan dikerjakan secara bersama maka semua akan terlaksana sehingga tercipta suasana Good Governance dan Clean Governance.

Karena itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Yaitu peran Kepala Desa serta Tim Pelaksana Tingkat Desa, peran Badan Permusyawaratan Desa, Peran masyarakat serta peran pengawasan oleh Camat yang dilimpahkan oleh Bupati dan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Tujuan kegiatan ini yaitu kita ingin meningkatkan standar dan kualitas pemerintahan Desa yang baik sehingga mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan Desa tersebut,” ujarnya.

Ia menegaskan, penyalahgunaan Dana Desa akan berakibat ke tindak pidana korupsi. Dan akibat dari perilaku korupsi itu tentu akan merugikan diri sendiri, dan juga Negara.

Untuk itu, ia berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah Desa, berkenaan dengan fungsi dari Dana Desa Tersebut.

Dan Sebelum Menutup Acara penyuluhan Tersebut Bripka Muh.Nawir,SH juga menyempatkan Diri memberikan Himbauan menjelang Perayaan Tahun Baru 2020 kepada Seluruh Peserta Penyuluhan di desa pattappa diantaranya
1.Mari Kita Sambut Tahun Baru 2020 dengan Kegiatan Ibadah.
2.Dilarang Melakukan Pesta Miras Dan Narkoba.
3.Dihimbau Untuk Tidak Melakukan Konvoi Kendaraan .
4.Hindari Penggunaan Petasan Karna dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
5.Patuhi dan ikuti petunjuk arus lalu lintas
6.Hindari kebut-kebutan/Hura-hura/Mabuk-Mabukan.

(Humas Polres Barru)

Beli dari Desa

Pelayanan Jarak Jauh dengan Aplikasi

Desa Pattappa telah menyiapkan layanan berbasis aplikasi Android. Masyarakat dapat mengirimkan permintaan persuratan dengan tetap di rumah lewat genggaman Anda.

  • Layanan Persuratan

  • Pembayaran Pajak

  • Syarat Persuratan