Selamat Datang

Website Desa Sindangsari

Form Kerjasama dan Investasi Desa

Fokus Pengembangan

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Selamat Datang

Website Desa Sindangsari

Foto Sambutan

Fokus Pengembangan Desa Sindangsari

Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Pelaksanaan Pembangunan Desa

Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Mimin Hidayat, S.Ag.

Kepala Desa

[Isi sambutan]
Form Kerjasama dan Investasi Desa

Mimin Hidayat, S.Ag.

Kepala Desa

[Isi sambutan]

Area

0m2

Luas Tanah Kas Desa

0m2

Luas Tanah di Desa

0m2

Luas DHKP

Populasi

8

Penduduk

4

Laki-Laki

4

Perempuan

Kabar Desa

Foto Berita
Dorong kesadaran masyarakat membayar pajak, Bupati Ciamis canangkan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan KTMDU

16 September 2021

CIAMIS.- Bak gayung bersambut, serta sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, didampingi Kepala Badan Keuangan Pemerintah Daerah, H. Kurniawan, melaksanakan kegiatan pencanangan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU), di halaman Bale Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Plh. Sekda Dr. Toto Marwoto, Asda 1 Drs. Ika Darmaiswara, Kepala DKUKMP Kabupaten Ciamis, David Firdha, Kepala Disnaker Kabupaten Ciamis, Unang  Danuarso, Kepala DPMD Kabupaten Ciamis, H. Lili Romli, Kepala P3D Wilayah Kabupayem Ciamis, H. Asep Suhensar, Kepala Dishub Kabupaten Ciamis, H. Endang Sutrisna, Pimpinan Cabang BJB Kabupaten Ciamis, Mohamad Indra, Forum Bumdes Kabupaten Ciamis, Ade Wulan, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis Ratna Solihah dan H. Awan, Camat Kawali Drs. Heryana, dan Danramil 1307/Kawali, Mayor Inf Miskam, serta para Kades se-Kecamatan Kawali. 

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas dalam menggerakan masyarakat untuk taat patuh membayar pajak. "Kami apresiasi kepada Camat atas inovasi program pencanangan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan Kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU). Mudah-mudahan ini dapat menginisiasi ke kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis," ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, PBB-P2 merupakan aset pemerintah daerah. Dimana pendapatan dari pajak tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan daerah."Pembangunan di tahun 2020 banyak tangtangan dan hambatan akibat adanya pandemi Covid-19, sehingga anggaran yang ada sebagian ditarik baik oleh pemerintah pusat maupun provinsi. Mudah-mudah dengan adanya percepatan pembangunan di desa-desa dapat menopang perekonomian di desa," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan, Kepala BKPD Ciamis, H. Kurniawan, yang mengapresiasi masyarakat kabupaten Ciamis, khususnya Kecamatan Kawali, yang menginisiasi, gerakan menabung dengan mempergunakan bumbung yang terbuat dari bambu. "Dengan bumbung tersebut mereka akan menabung, hingga bulan Januari nanti, lalu hasil tabungannya itu, nantinya dipergunakan untuk pembayaran pajak, " imbuhnya. 

Ditambahkan Kurniawan, di masa pandemi covid-19 ini, memang ada penurunan target, dari Rp. 75 Milyar kini menjadi Rp. 65 Milyar, namun meski demikian, partisipasi serta kesadaran masyarakat dalam hal pembayaran pajak tidak diragukan, sejalan dengan kebutuhan pembangunan yang terus berjalan. "Pembayaran PBB sendiri kami memberikan toleransi, dimana harusnya bulan September selesai, namun diundur hingga bulan akhir November nanti, " imbuhnya. 

Pada kesempatan tersebut, selain pencanangan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan KTMDU, juga diberikan reward kepada masyarakat, dimana mereka diberikan hadiah sepeda motor atas kesadaran membayar pajak tercepat, yang didapatkan oleh warga Desa Talagasari dan Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Ciamis. "Kami sangat mengapresiasi terhadap masyarakat yang aktif dalam pembangunan, kami pun dituntut kepatuhannya masyarakat untuk membayar pajak, dalam rangka pembangunan kabupaten Ciamis, " pungkasnya. Agus Berrie***

Foto Berita
Cegah Covid-19 di Ciamis, Desa Sindangsari Kawali Bagikan 6 Ribu Masker

16 September 2021

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Setiap desa wilayah Ciamis melakukan berbagai cara mencegah penyebaran Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Sindangsari Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang telah menyiapkan 6 ribu masker untuk masyarakatnya.

Hal itu untuk mendukung imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Yang mana dalam masa pandemi ini, masyarakat wajib pakai masker dalam setiap aktivitasnya.

Kepala Desa Sindangsari Kecamatan Kawali Asep Mimin melalui Sekretaris Desa Hidayat menuturkan dalam pendisitribusian masker ini, pihaknya akan mengerahkan para kepala dusun. Kemudian melanjutkannya ke tingkat RT untuk membagikannya langsung kepada masyarakat.

“Kami sudah siapkan 6 ribu masker untuk masyarakat. Agar tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak menaati protokol kesehatan terutama memakai masker saat beraktivitas,” ujar Asep, Selasa (6/10/2020).

Asep pun setiap hari tak henti melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat. Dalam hal ini Pemerintah Desa Sindangsari Kecamatan Kawali bersinergi dengan Babinsa dan Babhinkamtibmas.

“Dalam memerangi Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya petugas medis dan kesehatan saja,” katanya.

Hidayat berharap masyarakat Desa Sindangsari Kecamatan Kawali selalu ingat pesan ibu dalam upaya melindungi sendiri dan keluarga dari Covid-19. Menurutnya, pentingnya memakai masker sebagai syarat dari protokol kesehatan.

“Sebagaimana amanat dalam ingat pesan ibu, masyarakat wajib pakai masker saat keluar rumah. Masker ini untuk seluruh warga desa kami, gratis,” tegasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

Beli dari Desa

Foto Item
Proyektor Benq MX604

Elektronik & gadget

Rp4.500.000,-

Foto Item
Cimpring "WALAGRI:"

Rumah tangga

Rp7.000,-

Wisata Desa Kami

Pelayanan Jarak Jauh dengan Aplikasi

Desa Sindangsari telah menyiapkan layanan berbasis aplikasi Android. Masyarakat dapat mengirimkan permintaan persuratan dengan tetap di rumah lewat genggaman Anda.

  • Layanan Persuratan

  • Pembayaran Pajak

  • Syarat Persuratan